Perkembangan teknologi yang sudah maju seperti saat ini banyak menghasilkan profesi baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. Beberapa di antaranya seperti social media admin, social media specialist, android developer, dan masih banyak lagi, yang jika disebutkan satu persatu ada ratusan jumlahnya. Angka ini tentunya meningkat seiring penetrasi perusahaan teknologi dengan menghadirkan informasi dalam genggaman, yang memudahkan tiap orang untuk mendapatkan berita terkini lewat sekali sentuh saja.

Kehadiran teknologi layar sentuh pun seakan-akan membuat pengalaman berselancar di internet menjadi lebih mudah. Belum lagi kemudahan menonton video di Youtube yang menjadi lebih nyaman dengan adanya teknologi ini. Sehingga, profesi lainnya sebagai video blogger, yang salah satu jenisnya adalah hijab blogger akhirnya lahir.

Profesi baru sebagai hijab blogger yang biasanya memberikan tantangan tersendiri, karena kreativitas dari si pembuatnya yang harus menghadirkan tips-tips kecantikan hingga tutorial hijab tiap minggunya. Dari segi penghasilan, beberapa pembuat tutorial hijab yang populer di Youtube dan blog, bisa mendapatkan hingga jutaan rupiah tiap bulannya lewat iklan dan endorse produk dari berbagai brand.

Tak dipungkiri, kehadiran pembuat tutorial hijab, profesi baru yang menyenangkan ini membuat dunia profesi harus memikirkan ulang definisi dari bekerja yang harus di kantor. Profesi semacam ini bisa bertahan hanya lewat investasi yang cukup sedikit, yaitu kamera dengan kualitas yang bagus dan juga komputer yang telah terisi dengan aplikasi editing video di dalamnya.

Sumber: busanamuslimmodisa.com

Sumber: busanamuslimmodisa.com

Bagi anda yang ingin mencoba untuk beralih profesi menjadi seorang hijab blogger, berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan agar dapat bertahan dan menjadikan profesi ini menjadi pekerjaan utama anda.

Cari referensi sebanyak-banyaknya

Mencari referensi adalah sebuah keharusan, jika memang ada tertarik untuk menjadikan hijab blogging sebagai penghasilan utama. Ada sangat banyak situs dalam negeri hingga mancanegara yang menghadirkan tips-tips kecantikan hingga berhijab yang dapat anda inspirasi untuk memulai video blog anda sendiri.

Selain mencari berbagai inspirasi untuk membuat video blog anda nantinya lebih berwarna, ada baiknya anda juga mencari sosok yang dapat dijadikan referensi. Hal ini dikarenakan, biasanya penonton Youtube di Indonesia menyenangi sesuatu yang sedang menjadi tren di saat itu. Maka dari itu, anda dituntut untuk “melek” dengan perkembangan informasi yang terus berubah setiap saat.

Rutin menggungah video blog

Pada umumnya, video blog dijadikan semacam catatan harian yang diunggah setiap hari melalui channel Youtube dari video blogger. Sebagai hijab blogger yang rutin mengunggah tutorial hijab, anda pun harus secara konsisten mengunggah konten berkualitas yang dihadirkan kepada penonton setia anda nantinya. Jika memang anda tidak mampu untuk mengunggahnya tiap hari, menampilkan konten baru seminggu sekali sebagai permulaan pun sudah cukup baik. Kegiatan ini dilakukan agar penonton terus datang dan datang lagi, sehingga channel pribadi anda terus mendatangankan view yang banyak. Tentunya, kehadiran penonton berperan langsung terhadap penambahan penghasilan bulanan anda nantinya.

Hal ini dikarenakan, penghasilan pertama yang didapatkan oleh seorang hijab blogger adalah melalui iklan yang tayang di video anda, yang berasal dari publisher yang menayangkannya lewat Google AdSense. Untuk itu, dengan menghadirkan video baru di waktu-waktu tertentu, anda dapat mendulang pundi-pundi rupiah yang lumayan besar pad akhir periode. Tentunya, selain lewat video blog, bagi anda yang gemar menulis, membuat blog yang berisikan tulisan mengenai hijab dan tips mengenai hijab tidak akan bermasalah, karena sumber penghasilan anda tetap berasal dari iklan yang terdapat di Google AdSense.

Waktu yang sesuai pun perlu anda pikirkan. Sumber: startupguys.net

Perhatikan waktu anda mengunggah blog

Ketika anda ingin berganti profesi sebagai hijab blogger, hal yang perlu anda perhatikan selaku pembuat tutorial hijab adalah, tidak setiap waktu anda bisa mengunggah video atau tulisan blog tersebut. Ada waktu tertentu yang lazim disebut sebagai prime time oleh pakar jejaring sosial. Misalnya, ketika bulan Ramadhan, waktu yang paling sesuai untuk mengunggah konten adalah ketika jam sahur dan juga setelah berbuka puasa.

Dengan cara ini, konten yang anda unggah akan mendapatkan exposure yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan, pada jam tersebut, orang yang sedang online sangat banyak jumlahnya. Anda dengan mudahnya akan mendapatkan penghasilan tambahan pada saat prime time tersebut.

Bagaimana? Anda siap memulai profesi sebagai seorang blogger juga? Kunci keberhasilan dalam profesi ini adalah mencintai apa yang anda lakukan, karena biasanya seorang blogger mulai mengunggah konten yang ia senang untuk kerjakan. Selamat mencoba.