Hari Raya Idul Fitri di Banyak Negara dan Tips-tips Mudik Nyaman

Hari raya Idul Fitri selalu menjadi hari yang begitu istimewa untuk seluruh umat islam di berbagai penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, hari raya Idul Fitri begitu ditunggu-tunggu karena ada banyak keistimewaan dan juga kebahagiaan pada hari itu. Di hari tersebut biasanya umat islam di Indonesia selalu berkumpul bersama keluarga, saling bermaaf-mafaan dan juga memakan ketupat bersama. Tradisi tersebut sudah melekat dan selalu ada saat perayaan hari Idul Fitri. Lalu bagaimana dengan perayaan hari Idul Fitri di negara lain? Jika anda ingin tahu, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui berbagai tradisi saat hari raya Idul Fitri di berbagai negara:

  1. Arab Saudi
idul fitri arab saudi

idul fitri arab saudi

Warga Arab Saudi biasanya selalu mendekorasi ulang rumah mereka saat Idul Fitri akan tiba. Selain tradisi ini, warga di sana terbiasa saling memberi hadiah ketika Idul Fitri tiba. Biasanya orang yang lebih tua akan memberi hadiah pada orang yang lebih muda. Tak hanya tradisi itu, tradisi makan bersama pun selalu dilakukan ketika Idul Fitri tiba. Mereka biasanya menyantap daging domba yang dicampur dengan nasi dan sayuran setelah selesai menunaikan shoat ied di pagi hari.

  1. Turki
idul fitri turki

idul fitri turki

Tak beda jauh dengan tradisi di negara Indonesia, di Turki selalu ada tradisi memakai baju baru saat hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri di negara Turki biasa disebut dengan istilah Baryam. Di hari ini warga Turki yang beragama islam akan saling bersilaturahmi dan saling berkunjung selama tiga hari berturut-turut. Ada juga tradisi sungkeman yang biasanya dilakukan oleh orang yang lebih muda pada orang yang lebih tua sambil membaca doa lebaran.

  1. Nigeria
idul fitri nigeria

idul fitri nigeria

Umat islam di Nigeria biasa menyebut hari raya Idul Fitri sebagai ‘Barka dan Sallah’ yang artinya ‘Salam Sejahtera di Hari Raya’. Di negara ini, hari raya Idul Fitri dijadikan sebagai hari libur nasional selama dua hari berturut-turut. Banyak warga Nigeria yang pulang ke kampung halamannya masing-masing saat hari raya Idul Fitri tiba.

  1. China
idul fitri cina

idul fitri cina

Warga muslim di China yang berjumlah sekitar 48 juta jiwa biasanya merayakan hari raya Idul Fitri dengan meriah. Pria muslim di negara ini akan memakai jas yang khas dan juga kopiah, sementara para wanita muslim akan mengenakan baju hangat dan juga kerudung setengah tertutup.

  1. Malaysia
idul fitri malaysia

idul fitri malaysia

Perayaan hari raya Idul Fitri di negara ini hampir sama dengan perayaan Idul Fitri di negara Indonesia. Warga muslim di Malaysia akan menyantap ketupat, lontong, lemang dan rendang saat hari raya Idul Fitri tiba. Di rumah, anak-anak akan memberikan hormat kepada orang tua, dan orang yang lebih dewasa akan memberikan uang pada kerabat mereka yang umurnya ada di bawah mereka. Juga setelah sholat ied selesai, warga muslim di Malaysia akan berziarah ke makam kerabatnya.

  1. India
idul fitri india

idul fitri india

Di negara India, warga muslim akan melakukan sholat ied di Jama masjid—masjid yang terletak di New Delhi dan menjadi pusat perayaan Idul Fitri di New Delhi. Lalu mereka nantinya akan merayakan Idul Fitri dengan menyantap hidangan siwaiyaan. Siwaiyaan adalah campuran bihun manis dan buah kering atau susu dan memiliki beragam warna dan bentuk.

Ternyata perayaan Idul Fitri di setiap negara memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Namun dibalik keunikan yang berbeda-beda tersebut tentunya ada makna yang sama, yaitu demi menjalin silaturahmi dan saling memaafkan di hari raya yang suci tersebut.

Tips Mudik Menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan Menggunakan Kendaraan Pribadi

Lalu, bagaimana tradisi perayaan Idul Fitri di Indonesia? Selain menyantap makanan khas seperti ketupat, opor dan rendang, Idul Fitri di Indonesia ditandai dengan berbondong-bondongnya masyarakat di perkotaan kembali ke kampung halaman mereka. Tradisi ini dikenal sebagai mudik lebaran. Sejenak mereka melupakan kehidupan mereka di kota untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan dengan sanak saudara di kampung halaman.

Apakah Anda termasuk orang yang selalu mudik setiap Idul Fitri menjelang? Jika iya, ada baiknya Anda mengetahui tips mudik menjelang hari raya Idul Fitri agar Anda aman dan selamat sampai tujuan. Mudik akan menjadi perjalanan yang menyenangkan dan nantinya akan segera mengantarkan Anda ke tempat tujuan untuk bertemu dengan keluarga dengan menerapkan tips-tips yang tepat. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan untuk mudik menjelang hari raya Idul Fitri dengan menggunakan kendaraan pribadi:

  1. Daftar Barang Bawaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mudik menjelang hari raya Idul Fitri adalah menyiapkan barang bawaan. Agar tidak melupakan beberapa barang yang harus dibawa, Anda bisa mendata terlebih dahulu barang-barang bawaan. Dengan begitu, mudik menjelang hari raya Idul Fitri Anda akan lancar.

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum Anda mudik ke kampung halaman, pastikan bahwa kendaraan yang akan Anda gunakan dalam keadaan baik sehingga bisa mengantarkan Anda sampai tujuan. Anda bisa membawa kendaraan pribadi ke bengkel terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kendaraan tersebut. Pastikan juga Anda membawa perlengkapan kendaraan untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogok di tengah perjalanan. Dengan begitu, Anda akan sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

  1. Kotak P3K

Obat-obatan pribadi dan juga obat untuk pertolongan pertama saat kecelakaan harus tersedia di dalam kendaraan Anda. Pastkan bahwa obat yang Anda bawa dalam keadaan bagus dan layak untuk dipakai. Dengan begitu jika Anda atau keluarga merasa sakit saat di perjalanan, obat-obatan yang dibawa bisa membantu Anda dan keluarga.

  1. Hiburan

Salah satu hal yang biasa pemudik temui adalah kemacetan yang panjang. Untuk mengusir kebosanan saat macet panjang terjadi, Anda bisa membawa CD, MP3 dan buku bacaan yang bisa Anda gunakan ketika kemacetan terjadi. Ketiga barang tersebut setidaknya bisa membuat kebosanan Anda sedikit berkurang.

  1. Peta

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak sekali perusahaan jasa atau institusi yang menyediakan peta jalur mudik. Anda sebaiknya mendapatkan peta itu untuk mengetahui berbagai informasi, seperti letak bengkel, pom bensin, kondisi jalan dan juga posko lebaran.

  1. Baterai dan Pulsa

Ponsel kini menjadi barang yang begitu penting dan bisa dipakai sebagai alat untuk menyelesaikan berbagai masalah. Saat Anda mudik menjelang hari raya Idul Fitri, pastikan bahwa ponsel Anda terisi pulsa dan juga memiliki baterai yang penuh. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan ponsel Anda jika situasi darurat terjadi.

  1. Kondisi Tubuh

Setelah menyiapkan berbagai hal untuk mudik menjelang hari raya Idul Fitri, ada hal lain yang sangat penting dan harus Anda perhatikan, yaitu kondisi tubuh Anda sendiri. Pastikan bahwa tubuh Anda dalam kondisi sehat saat mudik menjelang hari raya Idul Fitri tiba. Apalagi jika Anda yang akan menjadi pengemudi kendaraan pribadi. Anda harus memastikan bahwa kondisi tubuh anda fit atau jika di perjalanan anda merasa mengantuk, berhentilah terlebih dahulu untuk beristirahat. Anda sebaiknya mengistirahatkan dahulu tubuh setelah 4 jam mengendarai kendaraan pribadi. Daripada ambil resiko, lebih baik Anda mengistirahatkan tubuh sejenak agar bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Idul Fitri Nyaman di Kampung Halaman

Perjalanan mudik bisanya memakan waktu yang panjang, apalagi bila menggunakan kendaraan pribadi. Biasanya setiap Idul Fitri menjelang banyak sekali orang yang akan mudik ke kampung halaman mereka dan pastinya mudik tidak mungkin hanya 2-3 hari saja. Tidak jarang kita semua pasti merasakan yang namanya kebosanan dan kejenuhan selama perjalanan. Belum lagi ketika sampai di kampung pasti menghabiskan waktu yang cukup lama ketika Idul Fitri. Bagi Anda yang sering merasa bosan dan mudah jenuh dengan suasana di kampung pada saat Idul Fitri. Berikut beberapa tips seputar Idul Fitri di kampung halaman sehingga Anda tidak lagi merasa jenuh:

  1. Membaca Novel, Buku, ataupun Koran

Pastinya banyak orang ingin menikmati suasana Idul Fitri di kampung halaman. Tidak jarang diantara Anda yang mulai berangkat ke kampung halaman dari H-7 sebelum Idul Fitri agar tidak terjebak macet. Selama di perjalanan Anda dapat membaca beberapa buku, majalah, koran dan novel sehingga dapat mengatasi rasa bosan selama di perjalanan. Dengan sering membaca maka Anda dapat sampai di kampung halaman dengan nyaman dan bisa menikmati suasana lebaran di kampung lebih cepat lagi.

  1. Mendengarkan Musik / Lagu

Selama di perjalanan menuju kampung halaman Anda juga dapat mengisi waktu dengan mendengarkan musik/lagu yang disukai. Kalau bisa, Anda persiapkan semua lagu yang menjadi kesukaan Anda sehingga nantinya tidak akan terasa jika Anda sudah tiba di kampung halaman. Selain itu Anda juga harus membawa Power Bank jika tiba-tiba HP Anda lowbat dan harus segera di-charge. Selain di perjalanan, jika Anda merasa sedikit bosan di kampung halaman karena terlalu lama, Anda juga bisa menikmati suasana kampung halaman sambil mendengarkan lagu/musik yang disukai.

Baca juga Niat Puasa Serta Hal Yang Tak Membatalkannya

  1. Berbicara dengan Orang Lain

Di kampung halaman, pasti Anda akan menjumpai orang-orang yang sudah tidak lama Anda temui. Anda dapat berbincang lama dengan mereka seperti berbagi kisah selama di kota, bercerita tentang sekolah/kuliah atau mungkin pekerjaan Anda. Idul Fitri di kampung halaman akan terasa lebih seru dan nyaman jika Anda menikmatinya dengan suasana yang lebih dekat dan hangat.

  1. Selfie Bareng Sanak Saudara

Idul Fitri di kampung halaman kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan moment tersebut. Sekarang ini untuk mengabadikan suatu moment tidak sulit karena sudah banyak HP canggih dengan kamera yang bagus. Dengan begitu Anda dapat menikmati suasana Idul Fitri sambil selfie bareng sanak saudara di kampung halaman. Pasti Anda akan merasa suasana lebaran menjadi sangat berarti.

  1. Tidak Perlu Mempermasalahkan Waktu

Buat Anda yang suka jenuh atau merasa bosan berada berlama-lama disuatu tempat baik itu ketika di perjalanan mudik maupun ketika sudah sampai di kampung halaman, Anda tidak perlu terfokus dengan waktu, misalnya dengan selalu melihat jam dan menghitung hari balik ke kota. Jika Anda lebih menikmati Idul Fitri di kampung halaman maka Anda tidak akan pernah merasa bosan dan justru ingin selalu ada di kampung halaman.

Demikian informasi seputar seputar Idul Fitri di sejumlah negara dan tips-tips mudik nyaman di kampung halaman. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi Anda.