usaha jasa jahit

Mengelola usaha jasa yang menguntungkan dan menjanjikan tentu terbilang menarik dan Anda bisa menjalankannya kapan saja ketika memperoleh kesempatan. Dunia usaha terbilang luas dan tidak harus melakukan sebuah produksi karena bisa menjual jasa. Usaha di bidang jasa ini sendiri terbilang langgeng dan ada beragam kelebihan yang membuatnya diminati berbagai kalangan. Baik Anda yang memiliki modal besar ataupun pas-pasan tentu tidak ada halangan berarti untuk memulai usaha bidang penjualan jasa ini.

Kenali Jenis Usaha Bidang Jasa yang Memang Tepat

Menjual jasa berkaitan dengan bakat atau keahlian Anda, dan hampir semua usaha ini memerlukan bukti bahwa Anda memang ahli di bidang tersebut. Misalnya saja Anda punya sertifikat menjahit maka membuka jasa terima jahitan akan lebih nyaman dan mudah memperoleh pelanggan. Bisa dikatakan pula bahwa usaha yang menjual jasa ini minim modal dan jauh lebih hemat ketimbang usaha non jasa. Sebab Anda menjual keahlian yang ditunjang oleh beberapa peralatan kerja.

Penting adanya untuk memilih usaha yang benar-benar Anda kuasai sebab akan membawa dampak positif yang menguntungkan. Misalnya saja Anda bisa memberikan hasil kerja yang optimal sehingga pelanggan merasa puas sudah memakai jasa Anda. Pastikan Anda terus belajar supaya hasil kerja semakin meningkat dan menawarkan produk jasa inovatif yang lebih menarik. Sukses dengan usaha di bidang penyediaan jasa ini terbilang lebih mudah namun bukan berarti bebas resiko.

Supaya lebih mudah menjalankan usaha jasa maka kenali dulu jenis-jenis yang potensial dan bisa Anda coba namun perlu belajar dasarnya dulu. Adapun jenis-jenis tersebut antara lain:

  1. Membuka jasa bengkel,

Punya keahlian memperbaiki mesin misalkan dulunya mengambil SMK di jurusan mesin atau yang berkaitan dengan perbengkelan. Maka usai lulus Anda bisa memanfaatkan ilmu tersebut dengan membuka jasa bengkel. Selain bengkel bisa juga memilih membuka jasa tambal ban yang masih berkaitan dengan kendaraan, dan dijamin ramai peminat karena kini semua orang punya kendaraan pribadi.

  1. Menerima jahitan baju atau permak,

Keahlian menjahit yang didapatkan karena mengikuti pelatihan ataupun kursus, tentu bisa dijual dan hasilnya terhitung lumayan. Apalagi jika Anda sudah dikenal sebagai penjahit berkualitas dan bisa menawarkan biaya jasa jahitan lumayan mahal. Meski mahal namun tetap banyak peminat karena kini lebih banyak orang tertarik pada kualitas dibanding mengejar harga hemat. Jika membuka jasa jahitan sepi maka bisa menerima permak, baik pakaian biasa ataupun celana jeans.

  1. Menawarkan jasa guru les,

Membagikan ilmu di bangku sekolah kepada adik-adik atau keponakan dan anak-anak para tetangga termasuk usaha di bidang jasa. Sebab menjadi guru les atau guru privat berarti Anda menjual keahlian Anda dalam penguasaan beberapa mata pelajaran. Bermodalkan ilmu di mata pelajaran tertentu kemudian cukup lihai dalam membagikan nya kepada anak-anak. Maka usaha Anda akan lebih lancar dan bisa mengajar anak-anak di dekat rumah atau tetangga dulu.

  1. Membuka gerai jasa cuci kendaraan,

Kini semua orang terlihat memiliki kendaraan pribadi, minimal memiliki sepeda motor yang tentu saja perlu dirawat. Mencuci kendaraan termasuk kegiatan perawatan dan bahkan wajib dilakukan rutin untuk menjaga tampilan dan performa mesin kendaraan tersebut. Kondisi banyaknya kendaraan berlalu lalang bisa dipakai membuka usaha cuci. Anda bisa menyediakan alat cuci dan memanfaatkan halaman rumah untuk menjalankan usaha ini. perlahan usaha jasa pencucian kendaraan akan laris manis terlebih jika jasa Anda memuaskan.

Jenis Usaha Jasa yang Menjanjikan Tahun Ini

Jasa adalah pelayanan yang diberikan pada orang lain berdasarkan keahlian tertentu yang dimiliki oleh penyedia jasa. Usaha jasa berarti adalah usaha yang menjual pelayanan tertentu sesuai dengan keahlian pemilik usaha. Usaha ini menjadi salah satu bidang usaha yang bisa menghasilkan banyak keuntungan tanpa mengeluarkan modal setiap harinya. Misalnya adalah usaha jahit pakaian, yang dijual adalah keahlian dalam menjahit kan pakaian yang rusak atau membuat baru pakaian tertentu dengan tambahan modal kain. Namun pastinya berbeda dengan usaha dagang yang harus memerlukan produk untuk dijual kembali.

jenis usaha jasa

Diera serba digital ini banyak usaha mengalami penyurutan minat terutama usaha perdagangan secara offline. Namun tidak halnya bagi usaha yang menyediakan jasa. Usaha ini tetap bisa bersaing bahkan menjadi semakin tinggi peminatnya karena orang-orang banyak yang lebih memilih untuk membayar orang lain untuk mengerjakan sesuatu dibandingkan dengan dilakukan sendiri apalagi jika orang tersebut tidak memiliki kemampuan yang memadai. Berikut ini adalah beberapa usaha yang menjual jasa tertentu yang diprediksi akan tetap eksis di tahun ini bahkan hingga tahun-tahun ke depan:

  • Jasa catering.

Menjual makanan pasti tidak akan tergerus jaman hingga kapanpun apalagi jika Anda membuat sebuah usaha yang menyediakan pesan antar nya seperti catering. Catering makanan akan laku dipasarkan di area perkantoran untuk makan siang. Juga bisa dijalankan di perumahan yang kebanyakan pemiliknya enggan memasak sehingga bisa dijadikan andalan untuk makanan keluarga. Jika Anda memiliki keahlian memasak yang memadai maka membuka bisnis katering akan menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

  • Jasa servis smartphone / handphone.

Jasa servis alat komunikasi khususnya handphone atau smartphone juga menjadi salah satu usaha jasa yang akan bertahan karena semakin banyaknya para pengguna smartphone. Pastinya Anda yang bergerak dibidang usaha ini harus terus improve skill yang dimiliki karena jenis-jenis smartphone terus mengalami kemajuan seiring kemajuan teknologi. Update berita IT harus selalu dilakukan agar tanggap dengan keadaan jaman dan cara-cara menservis smartphone terbaru.

  • Jasa servis kendaraan.

Bengkel merupakan usaha di bidang jasa otomotif yang juga tak akan tergerus jaman meski banyak bengkel resmi yang didirikan. Bengkel tak harus megah dan besar namun bagi Anda yang memiliki keahliannya bisa tetap digunakan untuk membantu mereka yang mencari bengkel murah namun bisa mengatasi masalah kendaraan.

  • Jasa asisten rumah tangga atau baby sitter.

Jasa untuk membantu mengatur kebersihan rumah, menjaga anak dan sebagainya tetap akan dibutuhkan hingga kapanpun apalagi bagi orang-orang yang sibuk bekerja. Tak jarang para pemilik rumah justru membutuhkan asisten rumah tangga yang jumlahnya cukup banyak untuk mengatur segala keperluan rumah tangga mereka yang tidak sempat tertangani sendiri akibat padatnya kesibukan.

Itulah kumpulan jenis usaha jasa yang diprediksi akan tetap mampu bertahan di era kapanpun bahkan semakin dibutuhkan seiring berkembangnya jaman. Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang tertentu berarti telah memiliki modal untuk mendapatkan penghasilan. Yang harus Anda lakukan adalah mencari yang membutuhkan keahlian Anda tersebut yang bisa dilakukan dengan membuka toko, memasang iklan dan lain sebagainya. saat ini bahkan mulai muncul paradigma baru di masyarakat yaitu siapa yang memiliki keahlian yang baik di bidang tertentu bisa menjadi atasan dari pada mereka yang hanya memiliki status kelulusan namun kurang cakap dibidang yang ia pelajari.