pinjaman lunak tanpa jaminan

Pinjaman tunai cepat saat ini banyak ditawarkan oleh individu ataupun sejumlah lembaga pemberi pinjaman. Maraknya pinjaman dengan sistem ini dikarenakan banyaknya pebisnis yang membutuhkan modal usaha dalam waktu cepat. Kredit semacam ini diberikan dalam waktu yang cepat sehingga banyak calon nasabah yang tertarik untuk melakukan peminjaman.

Hal ini biasanya terjadi ketika pebisnis sangat membutuhkan dana untuk modal usaha dan ternyata ada pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman tanpa agunan dan proses cepat. Meskipun demikian, Anda perlu waspada. Jika Anda termasuk salah satunya yang tertarik, jangan gegabah. Cermati terlebih dahulu beberapa kelemahan dari sistem pinjaman tunai cepat ini. Tidak selamanya iiming-iming kemudahan itu bisa melancarkan usaha Anda. Bisa jadi, justru dengan menggunakan sistem pinjaman ini, Anda akan terjerat utang yang tidak ada hentinya. Jadi, simak beberapa kelemahan dari sistem pinjaman tunai cepat berikut ini.

Plafon Kredit Tidak Maksimal

Karena pinjaman dilakukan tanpa agunan dan proses cepat, maka biasanya plafon kredit yang diberikan tidak besar. Bahkan, bisa jadi sangat sedikit dibanding modal yang sedang Anda butuhkan. Sebagai contoh, pendanaan ini hanya bisa memberikan plafon Rp 4.000.000,00 hingga Rp 10.000.000,00 saja. Jelas ini sangat kecil dibanding modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha, terlebih usaha di bidang properti, furniture, dan sejenisnya yang membutuhkan modal besar. Sebagai alternatif, biasanya Anda akan disarankan untuk meminjam kepada bank resmi yang tentu dibutuhkan waktu lama dalam proses pencairannya.

Jangka Waktu Pembayaran Terbatas

Jika pada umumnya jangka waktu pembayaran cicilan kredit bisa sampai satu tahun, berbeda dengan pinjaman cepat dan tanpa agunan ini. Biasanya, jangka waktu pembayaran cicilan (tenor) lebih pendek, misalnya enam atau tiga bulan. Hal ini sebanding dengan nominal pinjaman yang tidak begitu besar. Tujuan dari sistem ini adalah Anda dapat mengembalikan pinjaman secepat mungkin. Dan, uniknya dari sistem pinjaman ini adalah semakin cepat tenor yang Anda inginkan, semakin cepat dana tersebut cair.

Baca juga: Pinjam Uang Tanpa Jaminan & Kartu Kredit di Lembaga Pinjaman non Bank

Tidak Jelas Sumber Dananya

Biasanya, pemberi pinjaman menawarkan pinjaman dengan proses cepat dan tanpa agunan, bahkan tanpa survey, mempunyai sumber dana yang tidak jelas, baik itu individu atau lembaga keuangan. Bagi kaum muslimin, tentu hal ini sangat mengkhawatirkan. Sebab, segala hal yang berhubungan dengan keharaman harus ditinggalkan. Tidak jelasnya sumber dana ini juga berpeluang bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan sistem pendanaan ini sebagai kedok pencucian uang.

Besaran Bunga

Sudah menjadi selayaknya jika setiap pinjaman terdapat konsekuensi pembayaran bunga, terutama jika meminjam di bank. Begitu juga dengan peminjaman dengan sistem cepat ini. Anda juga akan dikenakan bunga yang sudah ditetapkan pihak kreditur. Bahkan, bisa jadi bunga yang ditetapkan jauh lebih besar daripada bunga yang ditetapkan oleh bank atau lembaga resmi keuangan negara.

Sekarang, tinggal pilihan di tangan Anda. Ingin proses cepat tanpa agunan, namun jumlah pinjaman tidak besar, jangka waktu terbatas, dan harus menanggung beban bunga yang tinggi tiap bulannya. Pilihan lain, meminjam dengan proses lama dan sedikit berbelit, terkadang harus memberikan agunan, namun bunga yang Anda tanggung tiap bulan tidak besar. Jangka waktu peminjaman dan besarnya pinjaman pun sesuai keinginan Anda. Anda pasti sudah bisa menentukannya sendiri. Ingat! Jangan asal tertarik dengan iming-iming pinjaman tanpa agunan dan proses cepat. Bijaklah dalam menentukan tempat pinjaman tunai cepat. Daripada bingung cari pinjaman yang gak pasti, pilih UangTeman aja yang pastinya no tipu-tipu. Sudah banyak loh yang membuktikan!

Please follow and like us:
20