6-Jenis-Usaha-Paling-Menguntungkan-di-bulan-Ramadhan

Tak sedikit orang yang berdagang di bulan Ramadhan untuk memperoleh uang saku tambahan atau untuk mencukupi kebutuhan saat Idul Fitri, Keuntungan yang didapatkan bisa kadang dipakai untuk bersedekah atau dibelikan kebutuhan untuk zakat fitrah. Keberkahan yang dirasakan dari berjualan sepanjang bulan suci tak jarang membuat banyak orang mengembangkan bisnisnya dari skala kecil ke skala besar.

Lantas, apa saja jenis usaha menjanjikan yang bisa kita coba selama Ramadhan berlangsung? Berikut beberapa diantaranya:

Perlengkapan Shalat

Ramadhan adalah momen yang seringkali dimanfaatkan umat Muslim untuk melaksanakan berbagai ibadah, termasuk shalat wajib dan sunnah. Meningkatnya kesadaran untuk beribadah membuat banyak orang mencari perlengkapan shalat dan penunjangnya seperti mukena, sajadah, tasbih, hingga Alquran. Kita dapat menjadi fasilitator dengan menjual perlengkapan tersebut atau sebagai reseller dari online shop besar di media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Makanan Takjil

Makanan takjil seperti kolak, gorengan, hingga dessert menjadi dagangan paling laku dan banyak dicari oleh mereka yang tak sempat menyiapkan santapan berbuka. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini pun tidak terlalu besar, bahkan kita bisa berkreasi sesuai keinginan supaya dapat menarik lebih banyak konsumen. Satu hal yang pasti, jangan sampai kita menjualnya terlalu mahal, karena sebagian besar pembeli lebih menyukai makanan takjil murah-meriah yang bisa diborong dalam jumlah banyak.

Baca juga:

Minuman Buka Puasa

Seperti halnya makanan takjil, minuman untuk berbuka puasa pun menjadi sajian favorit yang dapat kita pilih kalau ingin berdagang di bulan Ramadhan. Ada banyak varian minuman yang bisa dipilih, dari es teh manis, jus buah, es kelapa muda, hingga sup buah. Modal yang dibutuhkan juga sangat terjangkau serta tidak memberatkan pihak penjual maupun pembeli. Tidak sedikit penjual minuman buka puasa yang bisa meraup untung sampai dua kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Baca juga: Usaha yang Menjanjikan

Busana/Pakaian Muslim

Membeli pakaian baru untuk Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang begitu melekat di Indonesia. Kita dapat memanfaatkan kesempatan menjual busana muslim untuk memperoleh penghasilan tambahan. Kita bisa menjajakan pakaian untuk anak-anak hingga dewasa atau khusus untuk satu segmen, contoh busana muslim untuk wanita dengan model terkini. Modal yang dibutuhkan memang besar dan perlu dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Buah-buahan

Buah-buahan menjadi salah satu bahan baku yang paling banyak dibeli. Selain menyegarkan, buah juga kerap dipakai untuk berbagai santapan. Apel, jeruk, timun suri, kurma, blewah, dan kolang-kaling adalah sebagian jenis buah yang kerap kali dicari. Kita bisa memanfaatkannya sebagai barang dagangan di bulan puasa. Hanya saja, kita harus mampu menjaga kesegaran dan kualitas buah-buah tersebut agar pembeli yang datang terus meningkat karena puas dengan kualitas buah yang kita jual.

Kue Kering dan Parsel

Barang terakhir yang laku keras sepanjang Ramadhan adalah kue kering dan parsel. Putri salju, nastar, dan kastengel adalah kue-kue yang bisa kita buat untuk usaha ini. Sedangkan untuk parsel, isinya bisa bervariasi sesuai modal dan target yang hendak kita capai. Parsel tak hanya berpusat pada makanan dan minuman ringan, tetapi juga pakaian hingga perlengkapan makan. Kedua barang ini biasanya sudah dipersiapkan beberapa minggu sebelum Idul Fitri.

Demikian informasi seputar usaha menguntungkan bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari berdagang di bulan Ramadhan. Semoga bisnis Anda sukses!