Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu jenis kredit yang saat ini banyak diincar. Hal ini disebabkan karena Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa menyertakan barang jaminan. KTA merupakan sebuah program dari pemerintah yang memberikan masyarakat keuntungan yang besar agar dapat meminjam uang dengan jumlah yang cukup besar. Pinjaman uang ini bisa Anda manfaatkan untuk banyak keperluan, mulai dari keperluan untuk memulai sebuah bisnis, untuk biaya pengobatan, dan hal-hal yang lainnya yang tidak terlalu penting seperti untuk biaya pernikahan dan bahkan untuk membeli barang-barang elektronik atau barang-barang tersier lainnya.

KTA merupakan program yang diperuntukkan bagi masyarakat dengan perantara bank-bank baik bank swasta maupun BUMN. Hal ini menguntungkan Anda karena bisa mendapatkan banyak pilihan untuk bank penyalur KTA. Bank-bank swasta maupun bank BUMN ini menawarkan penawaran yang berbeda-beda mulai dari kewajiban dan hak yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda merasa bingung dengan produk mana yang ingin Anda peroleh, berikut ini adalah beberapa rekomendasi bank yang dapat dipilih sebagai bank penyedia pinjaman uang tanpa jaminan. Bisakah pinjam uang di dua bank? Dimana pinjam uang tanpa jaminan? dan bisakan pinjam uang di bank tanpa jaminan? Berikut ulasannya.

MayBank

Salah satu bank yang memberikan pinjaman berupa KTA adalah MayBank. Program KTA di MayBank disebut dengan PITA. PITA adalah singkatan dari Pinjaman Tanpa Agunan. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa pinjaman tanpa agunan dari MayBank ini, Anda harus memiliki gaji minimal 2 juta perbulan bagi Anda yang berada di luar Jabodetabek dan 2,5 juta rupiah jika berada di Jabodetabek. Jumlah ini adalah jumlah minimal yang dikenakan pada masyarakat umumnya. Jika Anda adalah seorang wirausahawan dan Anda ingin meminjam PITA dari MayBank, minimal Anda harus memiliki penghasilan sebesar 4 juta rupiah agar proses yang Anda lalui untuk memperoleh KTA lebih mudah.

Standard Chartered Bank

Bank lainnya yang bisa dijadikan rekomendasi untuk memperoleh KTA adalah Standard Chatered Bank. Bank ini termasuk salah satu bank swasta yang juga memiliki program pinjaman tanpa agunan. Bank ini direkomendasikan sebagai bank pinjaman uang tanpa jaminan karena bank ini dapat memberikan pencairan dana dengan sangat cepat. Anda hanya perlu menunggu selama 3 hari saja untuk bisa mendapatkan pencairan dana.

Bank Mandiri

Jika Anda ingin mencari bank yang namanya sudah tersohor sebagai bank pemberi pinjaman uang tanpa jaminan, Anda bisa memperolehnya d Bank Mandiri. Bank Mandiri memiliki kredit tanpa angunan yang sangat menguntungkan. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah adanya perlindungan asuransi jiwa yang diberikan sekaligus dengan produk pinjaman tanpa agunan ini. Fasilitas ini digunakan untuk berjaga-jaga jika peminjam mengalami musibah yang tidak disangka-sangka. Jika Anda mengalami musibah, Anda bisa akan mendapatkan ganti rugi sehingga bisa mencukupi kredit pinjaman Anda.

Bank BRI

Selain Bank Mandiri, bank yang menyediakan jasa pinjaman uang tanpa jaminan adalah Bank BRI. Bank BRI juga mirip dengan Bank Mandiri karena memiliki keuntungan berupa perlindungan asuransi jiwa secara langsung bersama dengan pinjaman uangnya. Kredit tanpa agunan yang dimiliki oleh BRI ini diberi nama BRIGuna. Untuk bisa memperoleh pinjaman uang tanpa jaminan dari BRI ini, Anda harus memiliki gaji minimal 2 juta rupiah. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan sebagai profesional atau pengusaha, paling tidak Anda harus sudah menjalankan bisnis selama 2 tahun.
Demikianlah uraian tentang 4 bank swasta ataupun bank pemerintah yang direkomendasikan untuk memperoleh pinjaman uang tanpa jaminan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan pinjaman uang tanpa jaminan.

Pinjamanan tanpa jaminan di lembaga Non Bank? Pahami poin poin berikut ini

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari pasti ada saja masalah yang dihadapi. Mulai dari masalah yang sifatnya kebatinan seperti emosi, bahkan sampai sesuatu yang sifatnya fisik seperti finansial. Masalah finansial ini terkadang bahkan bisa mempengaruhi kondisi psikis seseorang yang menjadikannya harus menyelesaikan dua persoalan sekaligus. Kebutuhan yang mendesak saat finansial sedang tidak baik jelas akan membuat siapa saja kesusahan. Kebutuhan mendesak itu biasanya hadir  untuk pemenuhan hal seperti membayar sekolah anak, biaya rumah sakit, atau bahkan ketika kendaraan yang mengantarkan anda bekerja rusak. Kalau anda belum mempunyai barang berharga untuk dijadikan jaminan, mau tidak mau anda harus mencari pinjaman tanpa jaminan non bank  maupun bank.

Dengan adanya layanan pinjaman tanpa jaminan ini, anda pun tidak perlu membingungkan kemana harus mencari pinjaman. Program ini memfasilitasi anda dengan memberi sejumlah uang tunai tanpa harus menyediakan jaminan terlebih dahulu. Dan anda pun bisa mengajukan di berbagai lembaga keuangan baik bank maupun non bank.

Mungkin anda trauma atau ragu jika harus berurusan dengan bank. Ada baiknya, anda manfaatkan fasilitas yang diberikan bahkan oleh lembaga keuangan yang sifatnya non bank sekalipun. Dasar pemikirannya sebetulnya masih sama saja, anda bisa tetap mendapatkan pinjaman jangka pendek dengan jumlah yang relatif cukup untuk sekedar pemenuhan keperluan dadakan. Biasanya nominal yang diberikan kisaran Rp 3 juta sampai Rp 5 juta.

Meski demikian, anda tetaplah harus bisa mempersiapkan persyaratan yang diminta supaya apa yang anda ajukan dapat diterima dan anda pun bisa mendapatkan uang pinjaman itu dengan segera. Beberapa persyaratan ini meliputi dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi NPWP, serta slip gaji dan surat keterangan kerja.

Berikut ini adalah syarat dan prosedur khusus yang harus bisa dipenuhi untuk bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara online, yaitu:

  1. WNI

Ini merupakan syarat utama jika ingin mengajukan KTA, anda wajib seorang WNI yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa KTP.

  1. Batas Usia

Anda harus berumur minimal 21 tahun dengan batas maksimal 60 sampai saat pelunasan pinjaman itu terjadi. Meski begitu, mungkin ada beberapa lembaga keuangan yang masih memberikan keringanan kepada mereka yang berusia 18 tahun untuk meminjam di lembaga mereka. Alasan adanya batasan umur ini adalah untuk memastikan bahwa orang yang meminjamn sudah cukup dewasa dari segi finansial maupun pola pikir sehingga bisa memikirkan penyelesaiannya dengan baik.

  1. Batas Penghasilan

Anda juga memang harus memiliki batas penghasilan minimal untuk bisa mengajukan pinjaman KTA ini. Karena kondisi ekonomoi di daerah-daerah cukup berbeda, biasanya bank maupun non bank akan memberlakukan penghasilan minimal setara UMR (Upah Minimum Regional) di daerah masing-masing.

  1. Limit Pinjaman

Pada jenis pinjaman non bank ini khususnya KTA, jangka waktu peminjamannya relatif singkat yaitu hanya 15 sampai 30 hari saja. Dengan jumlah nominal yang sebelumnya sudah disebutkan. Bunga yang dibebankan pun cukup besar yakni 1% per hari, yang artinya anda harus membayarkan bunga sebesar 30% apabila anda meminjam dengan jangka waktu 30 hari. Anda juga harus membayarkan biaya keterlembatan pembayaran apabila terlambat sebesar Rp 50 ribu untuk hari pertama dan Rp 10 ribu untuk hari berikutnya.

Dengan adanya keempat hal tersebut, anda pasti sudah memahami bagaimana cara mendapatkan pinjaman tanpa jaminan non bank. Bisa saja menguntungkan dan mungkin juga merugikan, semua tergantung bagaimana anda menyikapinya.