atur keuangan luar negeri

Berlibur ke luar negeri mungkin menjadi sesuatu hal yang kamu idamkan. Walaupun terdengar ‘fancy’, tetapi jangan salah, kamu bisa mewujudkannya dengan mudah bila kamu menjalani beberapa trik di bawah ini. Yuk, simak!

Hidup sederhana

Agar kamu bisa memenuhi impian untuk liburan ke luar negeri, tak ada salahnya untuk menjalankan hidup sederhana. Misalnya, biasakan untuk membawa bekal makan siang supaya kamu tidak perlu membeli makanan. Gantilah camilan yang biasa kamu beli di minimarket dengan buah-buahan dan perbanyak minum air putih. Selain itu, kamu bisa juga membiasakan diri untuk bersepeda ke kampus atau ke kantor supaya uang transportasimu bisa ditabung. Selain kamu bisa berhemat, tubuhmu juga sehat, lho!

Sisihkan uang jajan atau gaji

Menyisihkan uang jajan atau gaji yang kamu terima setiap bulan adalah salah satu cara mengatur keuangan supaya bisa liburan ke luar negeri. Bukan berarti kamu tidak boleh jajan sama sekali, hanya saja jumlahnya dikurangi. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa menabung demi impianmu plesiran ke luar negeri.

Membayar cicilan tepat waktu

Kalau kamu sudah memiliki tanggungan berupa cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya, kamu harus membayarnya tepat waktu. Karena cicilan adalah dana yang wajib kamu bayar, jika telat, kamu akan terbebani dengan denda yang sebenarnya tidak perlu kamu bayarkan jika kamu membyar cicilan itu tepat waktu.

Buatlah rekening khusus

Pisahkan dana liburan dan tempatkan dalam rekening khusus agar tidak tercampur aduk dengan berbagai dana lainnya. Tentukan jumlah dana liburan yang akan ditabung setiap bulannya sesuai dengan estimasi waktu selesainya menabung. Segera lakukan transfer dana ke rekening khusus liburan setiap kali menerima gaji, ya!

Cari side job

Jika memiliki hobi yang bisa dijadikan uang, kenapa tidak mencoba untuk menjadikannya sebagai sumber dana liburan? Saat ini ada banyak cara untuk menyalurkan hobi menjadi uang. Salah satunya dengan mengandalkan layanan internet. Misalnya, jika kamu hobi nge-blog dan visitor yang melihat blog jumlahnya lumayan banyak, ini bisa jadi peluang dengan memasang iklan pada blogmu. Di samping itu, kamu juga bisa juga mendaftarkan diri sebagai penulis freelance dengan menjadikan blog yang kamu miliki sebagai portofolio.

Jual barang tak terpakai

Menjual barang-barang yang tidak terpakai demi mendapatkan dana tambahan untuk liburan adalah salah satu cara. Keberadaan situs jual beli secara online bisa membantumu dalam menjualnya barang-barang tersebut. Terlebih bila memiliki barang-barang bekas yang lumayan banyak dan masih layak, kamu bisa mendapatkan sejumlah uang yang lumayan besar nantinya.

Belanja hemat

Belanja hemat bukan berarti kamu harus mengurangi daftar belanjaanmu. Kamu bisa belanja hemat dengan cara pintar seperti mencari barang diskonan. Tetapi bukan berarti kamu bebas membeli barang diskon yang tidak kamu butuhkan, lho, ya! Kamu tetap mengacu pada daftar belanjaan yang penting dan mencari promo dimana kamu bisa membelinya dengan harga yang lebih murah.

Well, gimana? Kamu sudah berani liburan ke luar negeri?