Syarat Perpanjang Paspor

Untuk memasuki suatu negara tentunya harus mencantumkan beberapa dokumen penting dan setiap negara pun memiliki syarat yang berbeda beda. Diantara beberapa dokumen tersebut yang pasti dan harus kamu penuhi untuk memasuki kedaulatan suatu negara yaitu memiliki Paspor. Paspor ini juga sama seperti dokumen lainnya yang berlaku di Indonesia yang bisa diperpanjang nah, disini saya akan menjelaskan bagaimana sih Syarat perpanjang paspor? Sebelum kita mengetahui cara memperpanjang paspor kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai dokumen ini.

Paspor adalah dokumen wajib yang diperlukan untuk memasuki kedaulatan suatu negara. Paspor ini memiliki dua jenis yang beredar ini perbedaannya hanya di halaman 24 dan 48 halaman. Untuk masa berlaku keduanya memiliki masa berlaku yang sama yaitu 5 tahun. Dengan pembuatan jasa paspor yang terbilang sulit membuat sebagian orang lebih memilih jalan pintas untuk menggunakan pihak ketiga pembuatan jasa paspor.

Tapi semakin majunya teknologi sebenarnya semakin memudahkan dalam proses pembuatannya ini. Seperti Kantor Imigrasi juga mengeluarkan suatu sistem pembuatan paspor yang dinamakan One Day Service. Sistem ini adalah suatu sistem yang memungkinkan kamu untuk membuat paspor yang langsung jadi dalam waktu hanya 1 hari. Perpanjang paspor bisa dilakukan di kantor imigrasi manapun ingat! Manapun karena banyak yang berpatokan dengan tempat asal ataupun domisili. Memang benar dulu keimigrasian mempunyai aturan disuatu rayon ataupun daerah yang tidak berjauhan seperti apabila kamu memiliki KTP purwakarta maka untuk memperpanjang ataupun membuatnya harus di kantor imigrasi karawang. Apalagi sekarang untuk pendafatarannya pun sudah dapat dilakukan secara online, ini bertujuan untuk menghindari para calo. Dibawah akan saya jelaskan informasi bagaimana untuk memperpanjang paspor.

  • Paspor hanya bisa diperpanjang apabila waktunya kurang menyisakan kurang dari 6 bulan sebelum masa berlakunya habis.
  • Persiapkan biaya untuk paspor baru. Untuk e-paspor biayanya Rp. 655.000,- sementara untuk paspor biasa Rp. 355.000,-
  • Untuk dokumen tambahan pembuatannya adalah Akta Asli beserta fotokopinya, KTP asli beserta fotokopinya, kartu keluarga asli beserta fotokopinya, paspor lama aslinya dan fotokopi halaman depan dan belakang dan yang terakhir pulpen hitam.
  • Untuk semua fotokopi diatas harus tetap berukuran A4 tidak boleh dipotong sesuai bentuk. Apabila Akta lahir ada yang hilang ataupun sebagainya bisa digantikan ijazah baik itu SD/SMP/SMA. Ini hanya berlaku pada ijazah SD/SMP/SMA untuk ijazah kuliah tidak dapat digunakan karena tidak mencantumkan nama orang tua.

Sekarang kembali memilih membuat paspor secara online atau manual?

Perpanjang Paspor Secara Manual

Dengan memilih perpanjang paspor secara manual maka kamu akan diharuskan datang ke kantor imigrasi dalam prosesnya nanti mungkin membutuhkan kesabaran yang baik. Nah sebelum datang langsung liat dulu ya tipsnya :

Gunakan baju yang berwarna terang dan bukan warna putih ini dikarenakan background foto di kantor keimigrasian berwarna putih, gunakan sepatu bukan sandal dan tentunya gunakan celana panjang. Kantor imigrasi ini membuka layanannya mulai pukul 07.00 pagi datanglah lebih pagi dari jam buka ini akan sangat membantu kamu untuk prosesnya nanti. saat kamu sampai kantor imigrasi nanti kamu akan diberikan nomor antrian oleh petugas dengan catatan kamu harus melengkapi berkas persyaratan yang telah disebutkan diatas. Setelah kantor imigrasi membuka layanannya mereka akan mulai memanggil antrian yang dimulai dari antrian prioritas (antrian khusus lansia dan difabel). Setelah semua antrian prioritas selesai maka lanjut untuk antrian umum untuk pengecekan berkas dan kembali mendapatkan antrian untuk foto dan wawancara, biasanya juga petugas memanggil 10 orang perpanggilan.

Setelah itu, petugas akan melihat kelengkapan berkas sudah sesuai atau belum. Selanjutnya apabila sudah lengkap maka kamu akan diberikan map yang berisi formulir yang sudah ditandai dengan nomor urut kamu. Ingat! Pihak kantor imigrasi tidak menyediakan pulpen so persiapkan pulpen sendiri untuk mengisi data di formulir tersebut ya. isi selengkapnya dan berikan kepada petugas lalu, tunggu sampai dipanggil untuk sesi wawancara.

Pada saat sesi wawancara nanti petugas juga akan menanyakan kepentingan dari kunjungan ke negara yang kamu tuju sehingga sebisa mungkin kamu harus jujur. Setelah selesai petugas akan mengambil foto kamu di ruang yang sama saat wawancara tadi berlangsung dan memberikan lembar untuk biayanya sekaligus buktinya. Untuk pengambilan paspor bisa diwakilkan dengan catatan membawa surat kuasa dan ktp pemberi dan yang diberi kuasa.

Perpanjang Paspor Secara Online

Bisa dibilang perpanjang secara online jauh lebih efektif dibanding manual. Berikut beberapa penjelasannya :

  • Pendaftaran dilakukan secara online lewat website resmi dari http://www.imigrasi.go.id/  atau https://antrian.imigrasi.go.id disini kamu akan melihat hari yang tersedia untuk kamu dapat melakukan proses pengajuan paspor ini. Dalam proses pendaftaran online ini jangan lupa juga untuk memilih jenis paspor 24 halaman atau 48 halaman serta kantor imigrasi terdekat untuk perbedaan dari halaman ini tidak berbeda hanya berbeda jumlah halaman dan tentunya biayanya.
  • Mengisi Form Pembayaran adalah langkah selanjutnya dari syarat perpanjang paspor jadi setelah melakukan pendaftaran secara online maka nantinya imigrasi pusat akan mengirimkan email berupa surat informasi untuk melakukan pembayaran. Setelah itu kamu harus print out surat tersebut untuk nantinya dibawa untuk diberikan kepada teller bank BNI yang terdekat. untuk biaya sudah tertera pada form jadi kamu hanya membayarkannya sesuai dengan yang tertera pada form tersebut ditambah biaya admin sebesar Rp. 5.000,- dan untuk bukti pembayarannya harus dibawa ke kantor imigrasi.
  • Mengisi Halaman Permohonan Untuk Menentukan Jadwal Wawancara, apabila sudah melakukan pembayaran di bank kembali kamu harus melihat email masuk dari imigrasi lalu kamu klik link yang ada di email tersebut nanti akan muncul jadwal wawancara yang dapat kamu pilih hari dan tanggalnya.
  • Selanjutnya kamu harus mencetak formulir serta menyimpannya nanti imigrasi akan mengirimkan email tanda terima permohonan untuk membuat paspor. Setelah itu tanda terima yang muncul di print out lalu isi data yang diperlukan.
  • Persiapkan dokumen persyaratan yang wajib seperti akta kelahiran, kartu keluarga, KTP, ijazah terakhir, surat nikah (apabila sudah menikah) dan paspor lama. Jangan lupa membawa bukti pembayaran dan tentunya fotokopi data data tersebut.
  • Ini yang terpenting yang mungkin bagi beberapa orang belum mengetahui dan kaget setelah datang sudah cukup pagi ternyata masih mendapatkan antrian yang sudah cukup panjang. Jadi intinya datanglah sepagi mungkin untuk menghindari antrian panjang tapi nanti untuk antrian online dan antrian manual akan dibedakan. Setelah semua proses dilalui nantinya paspor baru dapat diambil dalam 3 hari kerja.

Ingat! Hindari lah mengurus syarat syarat perpanjang paspor ini melalui calo selain mahal kamu juga bisa dikenakan pidana dengan mengurus sendiri juga akan membuat kamu lebih mengetahui proses dan tahapan dari pembuatannya.

"everything will get easier when you make an effort"