blog-rencana-akhir-tahun

Akhir tahun identik dengan liburan dan perayaan pergantian tahun. Biasanya, dalam minggu terakhir sebelum pergantian tahun, karena terdapat dua tanggal merah yang berdekatan antara hari Natal dan Tahun Baru, banyak orang yang memutuskan untuk menghabiskan jatah cuti tahunan dan pergi berlibur bersama pasangan, keluarga ataupun backpacking sendirian.

Faktor tambahan lainnya adalah adanya kebiasaan bonus tahunan di banyak perusahaan, yang dibayarkan pada tanggal-tanggal ini. Otomatis, para pekerja akan menggunakan bonus dan juga THR-nya untuk berlibur ke banyak tempat.

Namun, karena banyak sekali yang melakukan hal sama di seluruh dunia, akhir tahun merupakan musim ramai alias high season dalam dunia pariwisata. Tiket perjalanan serta akomodasi akan menaikkan tarif yang cukup signifikan pada akhir tahun.

Jika kita ingin berlibur pada bulan-bulan ini, bagaimana mempersiapkan budget dan tipsnya untuk liburan akhir tahun?

  • Tabung sebagian penghasilan untuk biaya liburan. Karena biaya yang cukup besar, lebih bijaknya kita persiapkan “modal” biaya liburan sejak beberapa bulan sebelumnya. Dengan cara ini uang yang terkumpul akan lebih banyak dan kita memiliki lebih banyak “uang jajan” saat liburan.
  • Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Perencanaan yang matang akan menentukan jumlah uang yang dibutuhkan untuk liburan, lalu memperkuat tujuan tabungan yang ingin kita simpan. Kalo sudah tahu mau kemana dan butuhnya berapa banyak kan bakal lebih semangat nabungnya.
  • Setelah menentukan rencana, intip promo penginapan dan tiket. Nah, sambil browsing tujuan liburan, boleh banget kalo sambil lihat berbagai  promo tiket atau akomodasi yang ditawarkan di berbagai situs. Lumayan lho potongan dan vouchernya, sisa uangnya kan bisa buat jajan dan beli oleh-oleh.
  • Beli tiket dan booking penginapan dari jauh hari, karena meski high season, tiket perjalanan yang dibeli jauh hari memiliki kemungkinan harga yang lebih rendah daripada membeli tiket di waktu dekat dengan hari keberangkatan. Usahakan membeli tiket perjalanan 2-3 bulan sebelumnya agar harganya belum terlalu melonjak.
  • Jika ingin mencari alternatif tempat liburan yang lebih hemat, usahakan tidak jauh dari kota asal. Dengan berwisata tidak terlalu jauh dari kota asal, maka alternatif transportasi semakin banyak, dan biaya transport akan semakin murah.
  • Cobalah untuk menghindari objek wisata yang sedang populer. Memang mengikuti trend tempat wisata yang sedang happening akan sangat menaikkan status sosial kita saat diposting di medsos, tapi apakah kita bisa berlibur dengan nyaman apabila situasinya penuh sesak? Belum lagi kemungkinan antrian yang panjang di tempat wisata dan terjebak macet di perjalanan. Buang-buang energi dan juga menyia-nyiakan waktu liburan yang berharga. Liburan yang seharusnya berfungsi menghilangkan penat malah menambah kelelahan.
  • Cari alternatif tempat wisata dalam kota agar lebih ekonomis. Liburan nggak selalu harus menginap di hotel di luar kota kok. Dengan mengunjungi tempat wisata di kota yang sama, kita tidak perlu mengeluarkan biaya penginapan atau akomodasi sehingga memangkas cukup banyak kebutuhan biaya liburan kita.
  • Jangan terbiasa menggunakan kartu kredit apalagi mengambil kredit untuk membiayai liburan, karena saat liburan usai, kita akan terus mencicil uang yang telah habis terpakai.

Nah, demikian beberapa tips mengatur budget liburan akhir tahun. Semoga berkat perencanaan budget kita yang matang, liburan kita semakin menyenangkan!