4-Destinasi-Wisata-Pintar-Bersama-Anak

Mencari tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga dan anak merupakan hal yang gampang-gampang susah. Memang anak-anak biasanya akan tetap merasa senang kemanapun kita bawa, tapi alangkah lebih baiknya jika kita bisa memanfaatkan saat-saat liburan dengan berkunjung ke tempat wisata ramah anak yang juga sekaligus penuh muatan edukasi. Berikut ini ada empat destinasi wisata edukatif yang patut ditengok.

Kebun Raya Bogor

Ikon kota Bogor berupa hutan luas yang tepat berada di jantung kota memang tak mudah dilewatkan ketika kita berkunjung ke kota hujan ini. Di kebun raya seluas ini, spot apa saja yang menarik buat anak? Kalau kita masuk melalui Pintu Utama, sempatkan mampir ke Pusat Informasi. Di tempat ini kita bisa mendapatkan brosur dan peta tentang objek menarik di Kebun Raya. Dalam Kebun Raya terdapat Museum Zoologi yang lumayan dekat dengan loket pintu masuk utama dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Di museum ini anak-anak bisa melihat berbagai jenis binatang yang sudah diawetkan, mulai dari burung, mamalia, serangga, reptil, amfibi dan yang paling fantastis adalah adanya kerangka Ikan Paus Biru yang merupakan jenis ikan terbesar di dunia.

Tak jauh dari Pintu Utama kita akan menemui Kolam Gunting yang berlatar belakang bangunan Istana Kepresidenen Bogor. Kolam Gunting ini sangat indah dengan warna air kolam yang kehijauan dihiasi jembatan merah kecil yang menyeberangi kolam yang penuh teratai mekar. Kita pun dapat mengagumi keindahan serta kemegahan arsitektur Istana Kepresidenan dari jarak dekat. Tak jauh dari sana ada Kolam Teratai, Taman Bhinneka, Kafe Dedaunan tempat mengisi perut, Orchidarium tempat ratusan jenis anggrek dikoleksi, dan banyak lagi.

Tips jika ingin menikmati hari dengan berjalan-jalan di Kebun Raya Bogor adalah: usahakan datang di hari kerja atau Sabtu apabila ingin mengitari keseluruhan area dengan mobil atau motor. Di hari Minggu kendaraan bermotor dilarang masuk, jika ingin keliling bisa menggunakan sepeda. Jangan lupa membawa makanan yang cukup dan oleskan krim anti nyamuk terutama untuk anak dan balita kita, karena banyak sekali serangga terutama nyamuk di area penuh pepohonan ini. Satu lagi, jangan lupa bawa payung ya, karena Bogor adalah kota hujan.

Kampoeng Maen, Alam Sutra

Kampoeng Maen adalah sarana wisata edukatif baru yang terletak di Alam Sutra, Tangerang Selatan. Disini anak-anak selain bermain juga bisa mendapatkan latihan berbagai skill seperti memasak, menganyam, hingga menjadi presenter. Kecerdasan, fisik dan mental pun akan terasah dengan berbagai aktivitas.

Tempat ini dibagi menjadi beberapa Kampung. Kampung Permainan berisi berbagai permainan edukatif yg melatih fisik dan mental seperti ketapel raksasa, basket, hole in the wall, hingga melempar dart. Lalu, ada Kampung Petualang yang isinya permainan Flying Fox, Elvis Walk, Low Rope Course, dan lain-lain.

Untuk menambah keterampilan, ada Kampung Pengetahuan untuk belajar berbaga hal mulai dari kreasi sabun, presenter, makeup dan face painting, sablon, rancang bangun, membuat keset dari kain perca, membuat berbagai kreasi aksesoris, dan membuat kreasi layangan.

Ada juga Kampung Rasa yang berisi cara bagaimana membuat bahan makanan dan aneka masakan hingga  siap disajikan, diantaranya membuat mie, membuat kue putu, membuat serabi, membuat milkshake, membuat coklat, arum manis, martabak, dan banyak makanan lezat lainnya.

Selain itu, ada Kampung Keluarga yang bertujuan untuk menambahkan rasa keharmonisan antara orang tua dan anak. Di kampung ini teerdapat permainan yang bersifat kekeluargaan diantaranya adalah transfer bola, susun menara, pukul kentongan, sungai buaya, bakiak, dan masih banyak lagi.

Terakhir, ada Kampung Tradisional yang mengajarkan anak-anak bagaimana membuat kerajinan tradisional seperti membatik, menganyam, membuat kreasi janur, membuat anyaman piring dari lidi, membuat jumputan, dan lainnya.

Science Centre Singapore

Kompleks gedung sains dan edukasi yang terletak di daerah Jurong, Singapura ini merupakan salah satu tujuan wisata edukasi impian. Bayangkan, terdiri dari 14 galeri yang berisi ribuan wahana interaksi mengenai berbagai macam hal tentang sains dari aneka bidang ilmu pengetahuan.

Berbagai diorama interaktif dan wahana sains pun tersedia disini. Tidak hanya itu, cabang ilmu pengetahuan alam seperti botani pun menyumbangkan kawasan bernama Ecogarden, dimana berbagai jenis tumbuhan tumbuh secara natural tanpa membutuhkan perawatan khusus.

Tak hanya menarik bagi anak-anak dan para calon Newton dan Einstein masa depan, di tempat ini pun orang dewasa bisa mempelajari sesuatu yang baru dan berbeda.

Selain itu, di tempat ini pun tersedia observatori, teater IMAX berbentuk kubah setinggi 5 lantai, dan wahana salju buatan indoor.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar berada di tengah kota Yogyakarta, dekat Benteng Vredeburg atau lebih tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3.

Taman ini dibagi dalam 5 zona sesuai jenjang pendidikan, yaitu zona playground, gedung PAUD barat dan timur, gedung Oval, gedung Kotak, gedung Memorabilia, dan gedung Planetarium.

Zona playground difungsikan sebagai ruang publik sekaligus tempat penyambutan bagi pengunjung Taman Pintar. Di zona ini juga disediakan berbagai peralatan peraga bagi anak-anak yang dapat di akses secara gratis. Gedung PAUD barat dan timur berisikan peralatan peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya yang masih berusia dibawah 7 tahun.

Gedung Oval dan Kotak berisi berbagai peralatan peraga sains yang bersifat interaktif,sehingga dapat diperagakan oleh pengunjung. Gedung Memorabilia menampilkan tentang sejarah-sejarah Negara Indonesia, seperti sejarah Kesultanan Yogyakarta, tokoh-tokoh pendidikan, hingga presiden RI. Planetarium adalah zona yang biasanya paling menarik bagi pengunjung, karena berisikan peralatan hingga pemutaran film mengenai tata surya dan juga antariksa.