KRL Cikarang

Cikarang – PT. Kereta Commuter Indonesia pada tanggal 8 Oktober 2017 akhirnya resmi mulai mengoperasikan Commuter Line KRL Cikarang – Jakarta Kota dan akan melayani 32 Perjalanan sehari. Jauh sebelum Pengoperasian rute ini PT. Kereta Commuter Indonesia menggunakan nama PT. Kereta Commuter Jabodetabek nah upaya perubahan ini sekaligus juga merupakan suatu upaya dari PT. Kereta Commuter Indonesia untuk memperluas rute di luar jabodetabek selain itu juga target dari PT. KCI pada 2019 yang akan melayani 1.2 juta penumpang perhari.

Sebelum dioperasikan Kereta Commuter Line Cikarang – Jakarta Kota ini sudah membangun dua stasiun baru yakni Stasiun Cibitung dan Stasiun Bekasi Timur sedangkan untuk Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang hanya dilakukan revitalisasi Stasiun saja mengingat sebelumnya dua stasiun ini memang sudah digunakan PT. KAI untuk kereta jarak jauh. Antusiasme warga Cikarang akan adanya KRL ini sangat tinggi terbukti dari jumlah volume pengguna dari Stasiun Cikarang, Stasiun CIbitung, Stasiun Tambun dan Stasiun Bekasi Timur di hari pertama pengoperasiannya mencapai 20 ribu orang.

Dengan total 32 perjalanan perharinya KRL Cikarang – Jakarta Kota ini akan dimulai pada jam 04.40 Sementara yang terakhir ke Jakarta Kota akan berangkat pukul 19.30. Perjalanan Cikarang – Jakarta Kota sejauh 43,97 km dengan tarif Rp. 5.000,- dan waktu yang tempuh selama kurang lebih 90 menit. sedangkan, untuk anda yang ingin ke Bekasi jarak dari Cikarang hanya 16 km dan akan memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Persiapan yang dari PT. KCI sangat baik karena terlihat seperti di Stasiun Cibitung pelayanan yang disediakan sudah sangat lengkap dengan adanya petugas yang siaga di gate otomatis, petugas loket, kebersihan, tempat ibadah, CCTV serta announcer. PT. KCI juga mengingatkan para pengguna jasa KRL ini untuk menggunakan Kartu Multi Trip atau kartu e-money agar pembayaran lebih mudah tanpa masa kadaluwarsa. Dengan memiliki kartu tersebut kita tidak perlu mengantri di loket untuk membeli tiket harian berjamin yang harus kita beli dan tukar di setiap perjalanan. Selama saldo di dalam kartu tersebut cukup maka penumpang hanya tinggal tap di setiap gate stasiun masuk dan keluar.

KCI juga mengingatkan agar para pengguna kereta Commuter Line untuk tidak merokok di dalam rangkaian kereta maupun di area stasiun dan memperhatikan kententuan barang bawaan dengan dimensi yang sudah ditentukan ukurang 100 cm x 40 cm x 30 cm. Para penumpang juga tidak diperbolehkan untuk makan, minum, membuang sampah dan duduk di lantai KRL Commuter Line.

Penumpang juga selalu diminta agar selalu menunggu rangkaian kereta ditempatnya dan dibelakang garis kuning peron karena batas aman penumpang sebelum menaiki KRL adalah dibelakag garis kuning tersebut dan juga ingat untuk tidak memaksakan jika KRL sudah penuh.

Nah buat anda yang berasal dari Cikarang sebelum mencapai Bekasi anda nantinya akan melewati Stasiun Telaga Murni yang masih dalam proses, Stasiun Cibitung, Stasiun Tambun, Stasiun Bekasi Timur setelah itu anda akan sampai di Stasiun Bekasi. anda yang menggunakan transportasi massal ini untuk berangkat bekerja atau sekolah pasti sangat terbantu bukan? selain dari segi harga yang cukup terjangkau pastinya ketepatan waktu dari KRL Cikarang – Jakarta Kota juga bisa diandalkan loh.

"everything will get easier when you make an effort"