gadai laptop

Selama ini Anda mungkin sudah mengenal istilah KTA atau produk kredit tanpa agunan yang ditawarkan oleh bank bukan, dimana siapa saja bisa mendapatkan pinjaman tanpa harus menyertakan jaminan sama sekali. Nyatanya produk keuangan yang satu ini tak bisa dinikmati oleh setiap orang, melainkan mereka yang mampu memenuhi spesifikasi yang cukup tinggi. Lebih aman diantaranya yang memilih pinjaman dengan adanya jaminan, jika Anda biasa menyelesaikan masalah keuangan dengan ini tak ada salahnya melirik tempat gadai. Tapi, bisakan pinjam uang di pegadaian? Banyak masyarakat yang mengharapkan bisa pinjam uang di pegadaian. Berikut ini ulasannya.

Gadai laptop, kendaraan atau barang lainnya. jika pada bank konvensional untuk mendapatkan pinjaman tersebut nilai barang yang harus kamu agunkan cukup tinggi maka gadai tidak. Segala jenis barang bisa kamu gadaikan. Persyaratannya mudah dan dapat diikuti oleh siapa saja asalkan sudah memiliki KTP. Beberapa orang mungkin sering kali mengalami situasi yang mengharuskan mereka untuk berhutang, namun dalam jumlah yang kecil. Dibandingkan Anda bunuh diri dengan mencari pinjaman berjumlah besar namun tak tau bagaimana cara mengembalikannya akan lebih baik menggadaikan barang-barang yang ada saja.

gadai laptop

Ada beberapa jenis barang yang memang bisa digadaikan ke pegadaian, berikut ini diantaranya:

  1. Televisi, produk elektronik yang satu ini banyak yang digadaikan, namun Anda juga harus bisa membedakan jenis mana yang bisa digunakan dengan yang tidak, karena tak semua jenis akan diterima. Jika Anda ingin menjadikan televisi sebagai obyeknya maka harus tipe terbaru, jika bisa keluaran maksimal setahun terakhir, masih utuh dan bagus akan lebih baik jika surat-suratnya masih ada.
  2. Kulkas, mesin pendingin bahan makanan ini juga bisa kamu gadaikan meskipun dalam ukuran yang kecil, syaratnya adalah keluaran maksimum adalah 1 tahun terakhir, masih bagus dan belum pernah mengalami kerusakan.
  3. Laptop, umumnya mahasiswa yang kehabisan uang saku sering kali menjadikan laptop mereka sebagai barang untuk digadaikan, nantinya jika uang sudah lancar akan ditebus kembali, kriteria laptop yang diterima adalah maksimal produksi adalah 1 tahun terakhir, dalam keadaan yang utuh beserta komponen-komponen pendukungnya dan masih memiliki kwitansi pembelian. Gadai laptop ini cocok bagi yang membutuhkan uang dalam jumlah kecil namun cepat.
  4. Handphone, jika melihat sekarang ini maka ada banyak sekali jenis hp, namun tentu tak semua bisa Anda gadaikan, selektif juga dalam memilih produk seperti apa saja yang layak dan tak layak untuk dimasukkan ke pegadaian, biasanya adalah produk smartphone terbaru yang maksimal keluaran 1 tahun terakhir, masih dalam kondisi yang baik dan utuh, menyertakan dusbook dan jika bisa memiliki kwitansi pembelian resmi.
  5. Motor, produk ini juga yang paling banyak digemari, namun di pegadaian biasanya tak hanya BPKB saja yang harus Anda sertakan, melainkan juga motornya, nanti akan dilihat surat-surat resmi pembelian dan kelengkapan data. Perhitungan harga baru kemudian nilai yang bisa Anda dapatkan.
  6. Mobil, jika Anda menggadaikan mobil maka nilai yang bisa didapatkan cukup tinggi, sesuai juga dengan jenis mobil tersebut, umumnya digunakan oleh mereka yang tengah membutuhkan modal usaha, angka puluhan hingga ratusan juta bisa kamu dapatkan dari sini. Mobil yang dapat digadaikan adalah yang produksinya maksimal 10 tahun terakhir, pegadaian berupa surat atau BPKB-nya saja.
  7. Kamera, bukan jenis kamera biasa melainkan DSLS atau camdig yang mahal, merupakan produksi maksimum 1 tahun terakhir, keadaannya harus utuh, Anda menyertakan kwitansi juga.
  8. Emas, gadai emas juga cukup populer, khususnya bagi mereka yang tengah menggeluti investasi bidang tersebut namun tengah membutuhkan uang dalam jangka waktu yang cepat, saat menggadaikan produk ini Anda harus membawa barangnya secara langsung dengan menyertakan surat-surat pembelian juga data diri.
  9. Berlian, jarang memang yang mau menggadaikan perhiasan mahal ini, apalagi dengan resiko kehilangan besar, namun nilai yang ditawarkan cukup tinggi, kamu yang berminat bisa dengan ketentuan membawa barangnya secara langsung dan surat-surat pembelian, selain itu keaslian produknya juga akan diperiksa terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Memilih Kredit Perumahan Murah

Menggadaikan barang ini bukan sesuatu yang salah, nantinya jika ada uang barang tersebut bisa ditebus kembali, namun juga harus diketahui, karena sudah masuk ke tempat gadai nilainya tak akan sama dengan jumlah awal yang diberikan kepada Anda, semuanya sudah ditambah dengan biaya bunga yang dibayar per 15 hari sekali.

surat gadai

Adapun beberapa persyaratan yang biasanya sangat dibutuhkan sebelum melakukan gadai ini, diantaranya adalah:

  • KTP atau data diri ini akan menunjukkan domisili Anda, sebagai jaminan juga jika nanti nasabah berbuat curang.
  • Barang, khususnya untuk televisi, laptop, kulkas dan perangkat elektronik semacamnya memang harus ada barang secara nyata, tanpa barang tak ada yang bisa kamu gadaikan.
  • Surat resmi, untuk kendaraan BPKB merupakan hal yang paling penting dibawa, karena menunjukkan bukti kepemilikan dan pembelian, tanpa kendaraan secara langsung, karena tanpa BPKB sudah pasti Anda tak akan bisa menjual kendaraan tersebut.

Sangat mudah dengan proses yang cepat dibandingkan harus mengurus pinjaman ke bank, persyaratan banyak, ribet dan belum pasti Anda mendapatkan pinjaman tersebut, namun ada satu keuntungan disini, yaitu pembayaran dengan sistem angsuran, jangka waktu lama dan nilai suku bunga jauh lebih rendah.

Untuk tingkatan-tingkatan kebutuhan yang tak terlalu mendesak dengan nilai yang kecil gadai laptop cocok untuk kamu, tak kena biasa administrasi besar begitu juga dengan suku bunga, yang pasti kebutuhan tetap bisa dipenuhi tanpa harus menjual barang kesayangan Anda.

SEO enthusiast since 2009 | Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.