Cari Modal Usaha? Inilah Tips-tipsnya

Anda sedang cari modal usaha sebelum menjalani bisnis pribadi? Sepertinya, kegiatan ini wajib dijalani oleh setiap calon pelaku bisnis. Dalam membuat dan mengembangkan usaha, modal sangatlah dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan usaha mulai dari sewa tempat, membeli peralatan hingga mempekerjakan seorang karyawan pada usaha Anda.

Lalu, bagaimana dengan menjadi reseller? Bukankah, jenis usaha online itu hanya membutuhkan skill dan kemampuan berbisnis? Jawabannya adalah tidak! Jika Anda hendak menjadi seorang reseller sekalipun, beberapa toko telah menetapkan ‘modal’ awal yang harus dikeluarkan calon reseller. Jadi, mau jadi reseller atau berwirausaha jenis apapun membutuhkan modal yang tidak sedikit bukan? Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membantu dengan memberikan sedikit tips dalam mencari modal usaha yang tepat. Simak uraiannya di bawah ini:

Menabung

Memang benar dan harus diakui bahwa menabung tidak dapat dilakukan secara ‘instan’. Meskipun harus dikerjakan dalam kurun waktu yang tidak sedikit terutama bagi seseorang yang membutuhkan modal cukup besar, cara ini adalah cara yang paling baik dalam mencari dan mengumpulkan modal usahamu.

Mulailah menabung setidaknya 1/3 dari gaji Anda setiap bulannya. Bagi Anda yang masih duduk dibangku sekolah namun berkeinginan kuat untuk mendirikan usaha sendiri, mulailah menyisihkan sekiranya 25% uang jajan dalam sebulan.

Crowdfunding

Pada sejumlah acara maupun perhelatan, kita mengenal istilah sponsorship. Nah, crowdfunding merupakan hal yang hampir sama dengan sponsorship. Bedanya adalah, dalam melakukan crowdfunding, pelaku usaha membutuhkan koneksi internet. Dengan menyampaikan ide usaha cerdas Anda melalui sebuah situs, pengunjung situs yang tertarik melihat ide usaha Anda bisa saja berkeinginan untuk memberikan modal yang memadai untuk menjalankan usaha Anda.

Pinjaman Bank

Mungkin, kedua cara sebelumnya membutuhkan kesabaran yang ekstra dalam mencari modal usaha. Namun, bagaimana nasib orang yang hendak membutuhkan modal secepatnya? Tenang, saat ini Anda bisa meminjam uang melalu bank. Di zaman yang serba berkembang ini, sudah banyak bank yang menyediakan jasa pinjam uang untuk modal usaha mereka.

Baca Juga : Mengenal 3 Manfaat Investasi Syariah

Namun, satu hal yang perlu diketahui. Jika Anda hendak meminjam uang dari bank, pastikanlah Anda menjalani prosedur serta membuat perjanjian dengan baik. Dalam meminjam uang di bank, biasanya pihak bank hendak meminta barang-barang yang Anda miliki seperti properti sebagai jaminan bahwa Anda akan membayar pinjaman. Lalu, mereka akan meminta sejumlah biaya atau biasa disebut bunga pinjaman sebesar sekian persen tergantung jumlah uang pinjaman yang Anda minta serta meminta untuk menentukan waktu yang baik untuk Anda melunasi pinjaman tersebut. Dalam hal ini, Anda harus hati-hati sebelum mengambil keputusan meminjam uang ke bank.

Pinjam dana dari teman

Tidak ada salahnya berbicara dengan halus dalam meminta teman Anda untuk memberikan sejumlah modal untuk usaha Anda. Siapa tahu, dengan melihat tekad dan kesungguhan Anda, akhirnya hati mereka pun tergerak dalam meminjamkan modal kepada Anda.

Namun, Anda perlu mengetahui apabila usahamu sudah sukses, Anda pun tetap diwajibkan untuk membayar pinjaman kepada teman Anda. Jangan mentang-mentang sahabat sendiri, Anda jadi berpikiran untuk menunda bahkan tidak membayar pinjaman Anda. Hal tersebut pada akhirnya bisa merusak persahabatan yang sudah terjalin.

Dengan penjelasan singkat terkait tips-tips untuk memperoleh modal usaha. Mudah-mudahan artikel ini dapat menentukan jalan Anda dalam mencari modal usaha yang akan dijalani dan Anda tidak lagi bingung untuk cari modal usaha.