Cara Meningkatkan Percaya Diri

Memiliki mental dan rasa percaya diri yang kuat tentunya merupakan keinginan oleh semua orang. Tetapi untuk mendapatkan semua itu, kita terlebih dahulu membiasakan diri dalam melatih dengan segala kemampuan serta potensi yang ada dalam diri kita. Karena cara meningkatkan percaya diri itu adalah sesuatu yang sederhana karena kita hanya perlu melakukan dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Mental merupakan suatu bentuk kepribadian seseorang yang kuat dalam memperlihat semua kemampuannya. Mental yang ada di diri manusia juga mempunyai semua unsur jiwa yang meliputi pikiran, perasaan, sikap, emosi dan segala bentuk perbuatan yang dimiliki. Dan apabila seseorang mempunyai mental yang kuat dan juga baik, tentu saja ia memiliki kualitas hidup yang baik pula.

Sedangkan yang dimaksud dengan rasa percaya diri itu sendiri merupakan suatu keyakinan atas kemampuan yang dimiliki dimana tanpa ada rasa khawatir, takut maupun jenis dari tekanan perasaan yang lainnya. Sebagai pertimbangan, apabila kita memiliki mental yang kuat dan juga rasa percaya diri yang baik, tentunya kita akan mempunyai energi yang dapat menyemangati diri sendiri dalam mencapai tujuan. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mempunyai mental kuat dan kepercayaan diri yang baik. Di dunia ini, semua orang tak luput mengalami perasaan tidak percaya diri dan juga tekanan pada perasaan seperti grogi, gelisah, minder dan lainnya. Hal tersebut sangat wajar apalagi jika kita mengalami tekanan pada perasaan saat pertama kali melakukan hal tersebut.

Karena kepercayaan diri bukanlah yang dihasilkan dari gen, melainkan suatu keterampilan yang dapat dipelajari dan juga ditingkatkan. Apabila kita merasa kurang percaya diri sebaiknya kita cari apa penyebab dari munculnya perasaan tersebut dan segera mengatasinya. Dan berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara meningkatkan percaya diri :

  • Memperbaiki Penampilan

Kurang adanya rasa percaya diri terkadang disebabkan oleh penampilan. Maka agar rasa percaya diri dapat dibangun, sebaiknya kita memperbaiki penampilan kita terlebih dahulu.

  • Menghentikan Berpikir Negatif

Kurangnya rasa percaya diri juga dapat disebabkan oleh adanya pikiran yang negatif yang tiba-tiba muncul di diri kita, seperti,

  • Takut adanya penolakan
  • Takut nantinya diremehkan ataupun direndahkan oleh orang lain
  • Takut apa yang dilakukan selalu salah
  • Merasa nantinya akan ditertawakan oleh orang lain
  • Merasa tidak berharga terhadap diri sendiri
  • Merasa diri sendiri lebih rendah daripada orang lain

Oleh sebab itu, hentikanlah pemikiran yang seperti itu karena nantinya kita sendiri yang akan terpenjara dengan pemikiran tersebut sehingga membuat diri sendiri mengalami krisis kepercayaan diri. Dan lebih baik lagi kalau pemikiran negatif tersebut diubah menjadi pikiran yang positif.

  • Banyak Membaca Buku

Seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah gudang ilmu. Meskipun dijaman sekarang ini dalam mencari informasi dapat dilakukan menggunakan internet, akan tetapa manfaat dari informasi yang didapatkan di buku lebih terperinci dan belum tentu informasi tersebut ada di internet. Karena dengan banyak membaca buku khususnya buku yang bermutu, maka wawasan serta pengetahuan yang kita miliki akan semakin meningkat dan luas sehingga hal tersebut dapat menambah cara meningkatkan percaya diri kita.

  • Memiliki Keramahan

Berada diantara orang-orang baru tentunya kita pasti merasa adanya rasa ketidak nyamanan. Oleh karena itu, agar dapat mencairkan suasana maka tidak ada salahnya kalau kita menyapa mereka duluan.

  • Memiliki Rasa Bersyukur

Merasa bersyukur dengan apa yang sampai saat ini sudah dimiliki bisa membangun rasa percaya diri terhadap diri sendiri. Mengapa begitu? Karena dengan kita bersyukur, pastinya kita akan terhindar dari perasaan yang bersifat negatif yang bisa membuat stress.

  • Membiasakan Tersenyum, Bukannya Cemberut

Beberapa ahli mengatakan bahwa apabila kita tersenyum maka hormon endorphin yang ada di tubuh kita akan lepas sehingga dapat membuat jiwa kita merasa lebih baik yang dapat menumbuhkan kenyamanan di dalam diri sendiri. Maka dari itu, senyuman yang dilakukan bukan hanya semata agar enak dilihat oleh orang lain, tapi juga bisa memperbaiki kondisi kita sendiri baik secara psikologis dan juga mood yang ada. Karena tersenyum memiliki hubungan yang erat dengan perasaan yang positif dimana akan membuat dada merasa lapang dan menumbuhkan kepercayaan diri. Namun tersenyum tidak dilakukan secara sembarang, liat kondisinya terlebih dahulu dan tentunya jangan secara berlebihan karena dapat mengakibatkan ke khawatiran orang lain yang membuat kita terlihat aneh.

  • Mengenali Kelebihan dan Kemampuan yang Dimiliki

Semua orang, tidak terkecuali mempunyai bakat-bakat yang dimilikinya sejak kecil akan tetapi bakat yang dimiliki tersebut tidak akan terlihat kalau tidak dikenali dan kelebihan apa saja yang dimiliki. Hal ini sangat penting karena dapat memacu rasa percaya diri. Karena dengan mengetahui apa bakat yang dimiliki, maka kita dapat menggali serta mengembangkan bakat tersebut terus-menerus yang nanti akan menjadikannya skill khusus dimana hal tersebut tidak membuat diri kita terlihat rendah di hadapan orang lain.

  • Menggunakan Gaya Natural Saat Berbicara

Ketika kita diharuskan berbicara di depan banyak orang, maka kita jangan melakukan hal yang tidak perlu seperti menggunakan bahasa terlalu tinggi yang nantinya akan terlihat terlalu dibuat-buat dan terlihat sedang melakukan cara meningkatkan percaya diri. Cukup dengan menggunakan bahasa yang standar. Intinya, gunakan bahasa yang sesuai dengan yang diucapkan sehari-hari sehingga dapat terjadi secara natural dan hindari menggunakan bahasa yang tidak pantas untuk diucapkan di kondisi tertentu. Dan tentunya tetap menjaga wibawa dalam berbicara agar orang yang mendengarkan dapat memahami apa yang kita katakan.

  • Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Agar terlihat berwibawa dan penuh rasa percaya diri tidak harus menjadi seseorang yang sempurna. Terlebih lagi dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, sebaiknya jangan dilakukan karena hal tersebut dapat menghilangkan kepercayaan diri kita. Lebih baik kita tetap fokus dengan meningkatkan kemampuan yang ada di diri kita yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam membantu kita lebih percaya diri dalam menjalani hidup ini. Karena kepercayaan diri akan muncul dengan kita menerima apa yang sudah kita miliki, baik secara kelebihan maupun kekurangannya.

  • Menangani Emosi

Dalam menangani emosi tentu tidak mudah karena emosi dapat datang kapan saja, bahkan dengan mood jelek pun dapat menimbulkan emosi yang berakibat menurunnya rasa kepercayaan diri kita.

  • Menghadapi Adanya Rasa Takut

Kadang kita memiliki anggapan bahwa dengan adanya percaya diri maka kita tidak pernah merasa takut. Namun hal itu tidak benar, rasa takut itu muncul apabila kita berada di ujung zona nyaman kita. Apabila kita dapat menghadapi ketakutan tersebut, tentunya kita dapat langsung merasakan kepercayaan diri.

  • Lebih Bersabar Lagi dengan Diri Sendiri

Kepercayaan diri tidak hanya dapat dibentuk dalam semalam. Apabila kita pernah mencoba melakukan hal baru namun tak berhasil, maka kita harus belajar dari pengalaman tersebut. Karena tidak berhasil dalam pertama kali mencoba merupakan satu kesempatan yang lebih untuk memahami diri sendiri. Oleh karena itu, kepercayaan diri memang harus ditanam dan dikembangkan secara sedikit demi sedikit.

  • Berusaha Menemukan Keseimbangan

Kepercayaan diri sama seperti halnya hidup, membutuhkan keseimbangan. Karena apabila kita memiliki kepercayaan diri yang rendah tentunya hal tersebut dapat menghambat upaya dalam mencapai tujuan. Kita juga harus memiliki kerealistisan dan jangan menyepelekan waktu maupun usaha yang diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut.

Sebagai manusia, janganlah takut dalam mendorong diri sendiri untuk melampaui batas dari kemampuan mental atau fisik. Karena dengan adanya tekanan seperti itu dapat membantu kita untuk melihat bahwa untuk mencapai sesuatu tak sesulit yang dibayangkan begitu pula dengan mengasah keahlian yang ada di diri kita agar sekali-sekali kita perlu keluar dari zona nyaman.

Cara meningkatkan percaya diri juga dapat dilakukan dengan menghipnosis diri sendiri agar kita juga dapat merasakan bagaimana rasanya apabila kita berhasil mencapai suatu tujuan jangka panjang. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali mengukung diri sendiri pada kesalahan dan hanya memikirkan kemungkinan terburuknya saja. Karena tidak ada yang dinamakan dengan pandai melakukan sesuatu hal yang buruk.

“everything will get easier when you make an effort”