Cara Melunasi Utang yang Paling Ampuh

Hari-hari kamu saat ini mungkin terasa berat karena terus terpikirkan satu pertanyaan, “bagaimana cara melunasi utang yang saya miliki?”. Berbagai hal menjadi lebih sulit karena kamu perlu senantiasa memutar otak dan menekan pengeluaran agar terus bisa membayar cicilan. Semakin lama, situasi ini membuat kamu lelah. Namun, percayalah, kamu tidak sendirian. Banyak juga orang yang sedang berjuang melunasi utang. Ada pula yang sudah berhasil.

Melunasi utang tentunya bukan hal yang mustahil. Namun sayangnya, gak ada cara melunasi utang yang instan dan mudah. Senjata paling ampuh adalah kemauan dan usaha keras untuk mengubah kebiasaan keuangan kamu. Lalu, disertai dengan doa agar kamu senantiasa diberi kekuatan untuk terus berusaha.

Komunikasikan dengan pasangan

Kamu bisa mengajak pasangan untuk duduk bersama dan membahas cara melunasi utang. Dengan cara demikian kamu bisa mendapatkan solusi yang mungkin saja tidak terpikirkan bila kamu memikirkannya sendirian. Bersama pasangan, kamu bisa mengeksplor kelebihan dan kekurangan dari tiap solusi dari masalah utang ini.

Membuat rencana untuk melunasi utang

Rencana melunasi utang ini bisa kamu awali dengan menulis daftar utang, dan mengurutkannya mulai dari bunga tertinggi hingga terendah. Daftar ini akan menjadi panduan skala prioritas, mana utang yang harus dilunasi segera dan mana yang masih bisa menunggu. Kemudian, segera bayarkan utang yang memiliki bunga terbesar. Menyegerakan pembayaran utang dengan bunga yang besar akan mencegah bunga yang semakin membengkak.

Lunasi utang dengan aset dan tabungan

Setelah menuliskan daftar utang, sekarang waktunya kamu menuliskan daftar aset dan tabungan. Aset seperti emas, perhiasan, jam mahal adalah contoh aset yang bisa kamu jual sebagai salah satu cara melunasi utang. Aset ini merupakan barang tersier dan bukan barang yang kamu butuhkan untuk hidup sehari-hari. Selain itu, gunakan tabungan untuk melunasi utang yang kamu miliki. Namun, jangan lupa untuk menyisakan sedikit tabungan untuk dana darurat.

Bagaimana jika tidak punya tabungan atau aset? Tidak masalah. Strategi yang bisa kamu terapkan adalah berhemat agar bisa menabung untuk menutup utang.

Harus ekstra berhemat

Bagi kamu yang sedang berjuang melunasi utang, hidup hemat adalah hal wajib. Terapkan trik-trik berhemat. Salah satunya, jika kamu biasa makan siang di luar saat istirahat bekerja, mulai saat ini usahakan untuk menghindari kebiasaan ini. Kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan dengan masak menu sederhana dan membawa bekal setiap hari.

Hitung juga pengeluaran transportasi. Jika ternyata membawa kendaraan pribadi lebih boros dari naik transportasi umum, tinggalkan kendaraan pribadi, atau sebaliknya. Serta masih banyak trik berhemat lainnya.

Berhenti gunakan kartu kredit

Bunga kartu kredit terbilang sangat besar, apalagi jika kamu terlambat membayar. Tentu saja bunga yang didapatkan menjadi semakin tinggi dan juga besar yang akan menyebabkan beban utang yang semakin besar. Pastikan kamu segera menutup utang kartu kredit dan tidak menggunakannya lagi. Meski perlu disegerakan, hindari mengajukan utang baru untuk membayar utang kartu kredit, atau utang lainnya. Strategi yang lebih baik adalah berhemat dan mencari penghasilan tambahan, bukan utang tambahan.

Mencari penghasilan tambahan

Penghasilan tambahan bisa membantu kamu melunasi utang lebih cepat. Namun tentu saja pilihlah pekerjaan yang halal dan legal. Contohnya, seperti menjadi agen penjual pulsa, membuka jasa mengetik, menjadi reseller toko online, menjadi penulis lepas, menjadi pelayan toko paruh waktu, dan banyak pekerjaan sampingan lain.

Konsisten menjalani cara melunasi utang di atas tentu tidak mudah. Karena itu, kamu butuh tekad dan komitmen yang kuat sebelum memulainya. Di satu sisi, rasa frustrasi akan utang memang bisa membuatmu stres, tapi di sisi lain rasa frustrasi ini bisa menjadi dorongan agar kamu bisa segera terlepas dari utang. Selamat berjuang, Teman!

Sedang belajar mengelola keuangan sambil berbagi tentang apa yang ia pelajari.