7 Tips Makan Siang Hemat Saat Nggak Punya Uang

Pengeluaran harian yang tak terkendali bisa membuat kita lebih besar pasak daripada tiang. Tanpa sadar, kita sering menghabiskan uang saku untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tak terlalu perlu. Bolak-balik jajan ke minimarket, belanja baju diskonan, hingga nongkrong di kafe mahal. Alhasil pengeluaran pun membengkak dan kita gagal menyisihkan uang untuk ditabung. Lebih parahnya lagi, pengeluaran kita bisa begitu besar sehingga tabungan kita pun ikut ludes.

Kalau sudah begitu, kamu akan kehabisan uang sebelum waktunya gajian. Apalagi kebutuhan primer seperti makan sehari 3 kalipun kadang terabaikan. Nah, supaya makan siang kamu bisa hemat saat uang di rekening menipis, sebaiknya simak yuk tipsnya di bawah ini!

Bawa bekal

Sesekali kamu boleh menguji keterampilanmu dalam memasak. Walaupun niatnya supaya kamu bisa hemat, tetapi dengan memasak juga ternyata membuat hidupmu bisa lebih sehat. Kamu bisa menyiapkan bekal makan siang sebelum berangkat kerja dengan bahan makanan yang kamu masak sendiri di rumah. Atau jika mau lebih simpel, kamu tinggal membawa nasi dan membeli lauk-pauknya di kantin kantor. Hemat, bukan?

Manfaatkan promo LBA

Layanan promo melalui SMS yang menggunakan teknologi pelacakan lokasi dalam jaringan seluler dengan target pengiriman SMS di lokasi tertentu atau Location Based Advertising ini bisa kamu manfaatkan supaya bisa menghemat, lho! Biasanya ada beberapa merchant restoran yang membagikan promonya melalui LBA ini. Nah, kalau kebetulan promonya menarik, kamu bisa saja membeli makan siang dengan harga promo.

Patungan dengan teman

Biasanya, ada beberapa merchant restoran yang mengirimkan promonya melalui LBA seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa juga mengakalinya dengan teman sekantor. Promo menarik biasanya juga dibuat dalam bentuk makanan dalam jumlah besar. Supaya kamu bisa lebih menghemat, kamu bisa patungan dengan teman-teman sekantor.

Gunakan kupon promo

Beberapa merchant makanan atau restoran memiliki promo khusus, dalam hal ini kita bicara salah satunya adalah kupon promo. Kupon promo biasanya didapat dari hasil pembelian pertama untuk digunakan pada pembelian berikutnya. Nah, kamu bisa menfaatkan kupon promo ini untuk menghemat makan siangmu.

Budgetting

Supaya makan siangmu tetap hemat, ada baiknya kamu membatasi pengeluaran untuk makan siangmu. Misalnya kamu sudah menyediakan uang receh untuk makan siang sebesar Rp 15.000. Usahakan jangan sampai kamu melebihi anggaran tersebut, supaya kamu bisa tetap makan siang keesokan hari dan seterusnya sampai akhirnya gajian, ya.

Sedia mie instant

Saat budget makan siangmu sudah mulai menipis, belilah mie instant. Walaupun kedengarannya klise, tetapi mie instant memang tak pernah salah untuk menyelamatkan makan siang di kala bokek menerpa, bukan? Ada baiknya jika kamu tetap mengkombinasikan mie instant ini dengan banyak minum air putih, supaya kesehatanmu tetap terjaga.

Jangan tolak traktiran

Jika kamu salah satu karyawan yang cukup supel di kantor, biasanya atasanmu kadang mengajakmu makan siang bareng. Hal ini jangan disia-siakan, karena kamu bisa menghemat uang makan siang, lho! Belum lagi kalau kamu juga termasuk rekan kerja yang ramah dan baik hati, saat ada teman kerja yang berulang tahun, dan kamupun mendapat traktiran, inilah saat yang tepat bagimu untuk makan gratis.

Well, memang ada baiknya mengatur pengeluaran sejak gaji masuk ke rekening, tetapi kalau sudah terlanjur belanja, jangan lupa untuk ikuti tips-tips diatas, ya!