5 Tips Mengelola Budget Travelling

Budget travelling keluarga mungkin tidak termasuk kebutuhan utama yang perlu disiapkan oleh pasangan suami istri dalam kebutuhan rumah tangga. Namun seiring dengan perkembangan dalam rumah tangga, tentu adakalanya pasangan suami istri perlu menyiapkan budget khusus yang digunakan untuk berlibur demi menghilangkan stres dan memberi pendidikan pada anak sejak dini. Lalu, bagaimana pengelolaan budget travelling keluarga yang efisien? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatur budget travelling keluarga setiap tahunnya:

Travel Budget

Travel Budget (sumber gambar: sandierpastures.com)

Kalkulasi pengeluaran tetap tiap bulan

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mengajak seluruh keluarga Anda berlibur tiap tahun adalah kalkulasi pengeluaran tiap tahun. Untuk hal ini, Anda harus paham total penghasilan kotor dan bersih yang tersedia setiap bulan, sehingga Anda bisa mengkalkulasi jumlah uang yang bisa dialokasikan untuk liburan. Contoh, Anda dan pasangan sama-sama memiliki penghasilan 5 juta rupiah dalam satu bulan, Anda bisa menghitung potongan tetap per bulan untuk biaya kebutuhan primer (pangan, sandang, pendidikan, listrik, dan lainnya) dan sekunder (cicilan pinjaman dan asuransi). Setelah itu, Anda bisa mengalokasikan biaya liburan sesuai dengan tujuan yang direncanakan.

Gunakan penyedia jasa yang memberi varian tour lengkap

Pada saat Anda membiasakan dalam keluarga untuk selalu berlibur sekali setahun, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan penyedia jasa tour dan travel yang bisa dipercaya serta menyediakan varian paket tour lengkap. Dengan demikian, Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk merancang sendiri keperluan liburan Anda. Namun demikian, pada saat Anda memilih penyedia tour baik secara offline maupun online, pastikan penyedia jasa tersebut memiliki aturan jelas tentang apa yang bisa disiapkan penyedia jasa dan apa yang harus kita siapkan sebagai konsumen. Sehingga nantinya, pada saat ada halangan atau masalah yang membuat kita tidak dapat berlibur, masalah kompensasi bisa diselesaikan dengan cepat.

Tentukan tujuan lokasi wisata

Hal berikutnya yang perlu Anda pikirkan adalah masalah tujuan lokasi wisata dan yang perlu Anda pahami disini adalah kebutuhan tujuan, dimana wisata domestik umumnya akan memberikan harga yang relatif lebih murah dibanding wisata luar negeri. Oleh karenanya, Anda perlu menentukan lokasi wisata mana saja yang ingin Anda tuju dan jika Anda sudah memiliki putra atau putri, akan lebih baik jika pilihan lokasi wisata yang Anda lakukan juga memberi pendidikan singkat tentang lingkungan.

Kendaraan wisata

Pada saat Anda berlibur, tentu Anda membutuhkan kendaraan untuk mencapai lokasi wisata. Oleh karena itu, jangan lupa pikirkan apakah Anda akan menyewa, menggunakan kendaraan pribadi, atau memakai fasilitas umum (bis, kereta, pesawat) selama perjalanan. Dengan demikian, Anda bisa membuat perkiraan biaya tambahan yang perlu dikeluarkan pula selama perjalanan.

Alokasikan waktu wisata

Hal selanjutnya yang perlu Anda pikirkan untuk mengatur budget liburan adalah alokasi waktu wisata. Saat Anda hanya berdua dengan pasangan, mungkin yang perlu dilakukan hanya menyesuaikan waktu cuti Anda dengan pasangan. Namun perkiraan waktu liburan akan berbeda ketika Anda sudah memiliki buah hati, dimana dalam perencanaan waktu wisata, Anda juga perlu memperhatikan waktu pendidikan anak. Jangan sampai, anak harus mengejar ketertinggalan pelajaran disekolah ketika Anda sebagai orangtua lebih memilih liburan. Anda bisa mengkomunikasikan tanggal liburan dengan seluruh anggota keluarga Anda kemudian menyusun lama waktu liburan agar nantinya tidak ada urusan keluarga yang terbengkalai.

Semoga dengan adanya bahasan diatas, Anda bisa mengatur budget travelling keluarga dengan baik.