5 Cara Hemat Air untuk Selamatkan Anggaran Bulanan!

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan air. Air adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk menjaga ekosistem di bumi. Meskipun air adalah sumber daya yang terbarukan, namun untuk air bersih ternyata sumber daya ini tidak bisa diperbarui. Keberadaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya ini akhirnya harus membuat kita ekstra waspada akan stok atau persediaannya. Nah, supaya kita bisa hemat air demi masa depan, kita juga wajib hemat air supaya anggaran bulanan tidak membludak, nih. Yuk, ikuti tips hemat air untuk menghemat anggaran bulanan berikut ini!

Perbaiki pipa dan keran air

Jika kamu melihat ada keran air yang rusak atau ketika ditutup masih meneteskan air, itulah saatnya untuk memperbaikinya. Begitupun dengan pipa air yang mengalirkan air ke keran-keran air yang ada di rumahmu. Saluran air dirumahmu mungkin saja terhubung dengan pipa-pipa penyaluran. Nah, pada saluran-saluran pipa ini bisa saja terjadi kebocoran yang tidak kamu sangka. Maka dari itu untuk melakukan penghematan air, kamu perlu melakukan pengecekan pada saluran-saluran air tersebut. Apabila kamu menemukan kebocoran pada saluran pipa air tersebut segeralah memperbaikinya. Dengan segera memperbaiki kebocoran saluran pipa air ini maka kamu bisa melakukan penghematan.

Gunakan air seperlunya

Cara lain untuk menghemat air dan anggaran bulanan adalah dengan menyalakan shower atau kran air hanya jika digunakan dan seperlunya saja. Misalnya ketika mandi, kamu hanya perlu menyalakan shower saat akan membilas sabun pada tubuh, dan jangan nyalakan ketika sedang memakai sabun, ya. Karena dengan demikian kamu bisa lebih menghemat pengeluaran air dan juga anggaran bulanan. Selain itu kamu juga bisa meminimalisir kerusakan pada shower atau keran, karena tidak terbuka secara terus-menerus.

Stop gunakan air kemasan

Ada baiknya kamu mulai berhenti menggunakan air minum kemasan, dan untuk menggantinya lebih baik kamu meminum air matang yang dimasak sendiri atau menggunakan purifier. Hal ini selain bisa menghemat air untuk masa depan, kamu juga akan menghemat anggaran bulanan, dan juga membantu mengurangi limbah industri dalam bentuk plastik kemasan, lho!

Pemilihan alat yang tepat

Tak hanya manusia, tanaman juga membutuhkan air. Jika kebetulan kamu memiliki taman dan beberapa tanaman di rumah, hendaknya menghindari penggunaan selang untuk menyiram tanaman, karena selang memiliki lubang air yang lebih besar dan lebih boros. Maka jika kamu memang sedang berencana melakukan penghematan, kamu bisa melakukan teknik penggunaan mesin dan selang bertekanan pada aktivitas menyiram tanaman atau mencuci kendaraan. Dengan menggunakan mesin dan selang bertekanan (pressure washer), maka diyakini hal ini akan mampu menghemat hingga 80 persen penggunaan air. Selain menghemat air, dengan teknik ini seseorang juga dipercaya mampu menghemat banyak waktu.

Reuse Water

Selanjutnya, cara untuk melakukan penghematan air di rumah adalah dengan menggunakan air kembali (reuse water). Bukannya air yang digunakan sudah kotor dan tak bisa dipakai lagi? Belum tentu, beberapa aktivitas seperti mencuci buah dan sayuran airnya masih bisa digunakan lagi untuk menyiram tanaman. Jadi air yang digunakan untuk menyiram air dikumpulkan dulu dalam panci atau baskom lalu setelahnya bisa digunakan kembali untuk menyiram tanaman. Dengan hal ini maka kamu bisa melakukan penghematan.

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan penghematan air di rumah. Maka bila kamu memang benar-benar merencanakan atau merencanakan penghematan air serta anggaran bulanan, Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas. Dengan hemat air, kamu bukan hanya akan mampu menghemat keuangan, namun juga telah melakukan aksi penyelamatan lingkungan.