Lima tahun dari sekarang, kamu akan menjadi orang yang sama seperti saat ini, kecuali buku yang sudah kamu baca dan orang-orang yang kamu temui kemudian – Charlie “Tremendous” Jones.

Kutipan di atas memang benar adanya. Jika kamu ingin mengubah kehidupan finansialmu, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengedukasi dirimu dengan cara mengatur keuangan pribadi. Dan cara termudah untuk mencapainya adalah dengan membaca buku yang berkenaan dengan pengelolaan keuangan.

Begitu banyak buku yang tersedia untuk mempelajari pengelolaan keuangan pribadi baik terbitan nasional maupun internasional. Berikut ada 5 rekomendasi buku internasional yang wajib kamu baca untuk tahu cara mengatur keuangan pribadi yang baik demi masa depan finansial yang cemerlang.

The Money Book for the Young Fabolous and Broke – Suze Orman

Buku ini secara spesifik ditujukan kepada kaum muda. Dari buku ini, kamu bisa mengetahui segala yang kamu butuhkan untuk memulai perjalanan finansialmu. Mulai dari basis keuangan seperti cara membuat anggaran keuangan, memilah dana darurat dan trik untuk bisa membeli mobil dalam waktu yang relatif singkat. Bahasa yang digunakan dalam buku ini pun akan sangat dengan mudahnya kamu mengerti. Sehingga kamu bisa mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk pengelolaan keuangan pribadimu.

The Total Money Makeover – Dave Ramsey

Buku ini menyediakan perencanaan yang spesifik untuk keluar dari jeratan utang dan cara mengatur keuangan agar memiliki kesejahteraan finansial. Khususnya jika kamu tak tahu harus memulai dari mana untuk mengatur keuanganmu, maka buku ini adalah jenis bacaan yang tepat sekali. Apabila kamu sedang dalam lilitan utang yang tak berkesudahan, buku ini juga merupakan bacaan yang tepat untuk memikirkan kembali perencanaan keuanganmu hingga semua permasalahan terselesaikan.

I Will Teach You to Be Rich – Ramit Sethi

Buku ini memiliki semua hal yang kamu butuhkan untuk membuat ide perencanaan keuangan yang tepat. Pembahasan mengenai investasi, keluar dari lilitan utang dan meraih kesejahteraan finansial. Meskipun buku ini tidaklah ditargetkan untuk pembaca muda, namun bahasa yang digunakan akan sangat dengan mudahnya dimengerti oleh semua kalangan. Buku ini akan sangat mempengaruhi cara berpikirmu mengenai uang secara keseluruhan, bagaimana mengalokasikan uangmu dan kamu juga akan termotivasi untuk menghasilkan lebih banyak lagi pundi-pundi rupiah.

Your Money or Your Life – Joe Dominguez & Vicki Robin

Berbeda dengan ketiga buku di atas, buku ini lebih fokus terhadap isu keuangan pribadi. Mengangkat bagaimana menyesuaikan antara nilai kepribadianmu dengan pilihan finansialmu. Buku ini tidak terlalu fokus terhadap pencapaian kesejahteraan keuangan seperti buku-buku sebelumnya. Namun, buku ini akan sangat membantumu untuk menemukan apa yang sebetulnya kamu butuhkan untuk hidupmu dan bagaimana untuk mengalokasikan uangmu terhadap kebutuhanmu. Secara spesifik buku ini akan mempengaruhi cara berpikirmu mengenai alokasi harianmu.

Rich Dad Poor Dad – Robert Kiyosaki

Buku ini tak akan mengajarkanmu cara mengatur keuangan namun buku ini akan lebih memberimu pengetahuan untuk mengubah pola pikirmu tentang keuangan. Bagaimana kamu melihat uang sebagai alat tukar yang memiliki pengaruh besar bagi hidupmu di masa ini dan mendatang.

Kelima buku di atas adalah buku-buku finansial yang wajib kamu baca untuk menambah wawasan finansial yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu akan tahu bagaimana cara mengatur keuangan pribadi menuju kesejahteraan dan kemerdekaan finansial di masa depan.