Mudik

Menjelang lebaran banyak posko-posko mudik yang didirikan sebagai tempat beristirahat para pemudik jalur darat. Posko-posko mudik lebaran biasanya didirikan di pinggir jalan di beberapa lokasi misalnya di jalur-jalur antar provinsi, pom bensin, dan juga pos-pos polisi atau tempat ibadah. Pastinya saat musim mudik, tempat-tempat istirahat ini ramai sekali oleh para pemudik, para penjual makanan dan minuman, atau orang lalu lalang yang bisa jadi orang asing bagi Anda. Keramaian biasanya dijadikan peluang bagi orang-orang dengan niat buruk untuk melakukan tindakan kriminal misalnya mencuri isi mobil Anda ketika pemiliknya lengah atau hal-hal klasik seperti pencopetan, dan juga penipuan. Jadi bagaimana caranya agar saat istirahat pun Anda bisa aman dari hal-hal negatif tersebut? Ini dia 3 tips aman beristirahat di posko mudik lebaran untuk bekal perjalanan Anda:

Jangan tinggalkan kendaraan tanpa dijaga

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di rest area atau posko mudik lebaran. Anda bisa buang air di toilet yang sudah disediakan, membeli makanan dan minuman untuk bekal perjalanan, mengisi bensin, beribadah, atau sekedar duduk di tempat yang sejuk sambil meluruskan badan dan meregangkan otot yang kaku selama di perjalanan. Oleh karena itu, tips aman istirahat di posko mudik yang pertama adalah jangan meninggalkan kendaraan yang Anda bawa tanpa dijaga baik menggunakan motor ataupun mobil. Meski tidak meninggalkan barang berharga, pencuri bisa saja mengambil aksesoris atau spare part yang ada pada kendaraan Anda tanpa diperhatikan orang karena situasi yang ramai. Anda bisa bergantian dengan penumpang atau kerabat Anda untuk menjaga kendaraan.

Tidak perlu bawa tas

Jika Anda mudik dengan sepeda motor, Anda memang tidak bisa meninggalkan tas di kendaraan. Tetapi apabila mudik dengan mobil, sebaiknya tas-tas diletakkan di tempat yang tidak menarik perhatian, misalnya di bagasi atau di bawah jok mobil terutama tas yang digunakan untuk membawa gadget seperti laptop atau smartphone dan dompet. Ketika keluar dari mobil untuk membeli sesuatu atau ke toilet, bawa saja uang secukupnya yang bisa dimasukkan di kantong atau dompet kecil. Hal ini untuk menghindari Anda menjadi korban pencopet yang selalu mengincar orang-orang yang lengah. Selain itu, hal ini adalah salah satu upaya agar Anda tidak terlihat mencolok dan mengundang niat jahat.

Perhatikan kebersihan

Kebersihan posko mudik juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan, misalnya saja toilet umum yang dipakai oleh berbagai macam orang dan Anda tidak tahu apakah semuanya bersih. Ketika buang air di toilet sebaiknya pilih toilet jongkok, bawa tisu, dan gunakan air dari keran. Air yang mengalir lebih sedikit mengandung bakteri ketimbang air yang di dalam bak atau ember. Jika memang toiletnya tidak bersih lebih baik cari toilet di tempat lain daripada Anda terkena penyakit di toilet yang jorok. Kebersihan juga harus diperhatikan apabila Anda membeli makanan karena makanan yang diolah di tempat yang tidak bersih bisa menyebabkan Anda sakit perut dan pada akhirnya, mengganggu perjalanan mudik Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga keamanan Anda selama beristirahat di posko mudik lebaran. Beristirahatlah di posko-posko mudik yang sudah disediakan minimal setiap 4 jam sekali karena konsentrasi yang menurun bisa membahayakan diri Anda dan keluarga. Selamat mudik lebaran dan semoga Anda selamat sampai tujuan.