biaya pembuatan STNK hilang 2017

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah  salah satu dokumen berharga yang sangat  penting, layaknya Kartu Tanda Pengenal (KTP) ataupun Surat Izin Mengemudi (SIM). STNK merupakan tanda bukti kepemilikan dari sebuah kendaraan bermotor secara sah. Di dalam STNK, tertera identitas kepemilikan berupa nomor polisi, nama dan alamat pemilik, serta identitas kendaraan bermotor (warna, merk, tipe, model, tahun pembuatan). STNK harus selalau dibawa saat Anda berkendara agar Anda bisa membuktikan kepemilikan kendaraan Anda. Meski selalu terselip di dompet, tetap ada kemungkinan STNK tersebut hilang. Apabila STNK hilang, Anda bisa terkena tilang. Karena itulah, simpan baik-baik STNK Anda. Namun, bagaimana jika STNK sudah terlanjur hilang? Jangan khawatir, karena pada artikel ini, kita akan membahas tentang prosedur dan biaya pembuatan STNK hilang 2017.

Saat Anda menyadari bahwa STNK Anda hilang, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan beberapa hal yang perlu dibawa untuk mengurus pembuatan STNK baru di kepolisian. Beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan adalah:

  1. KTP pemilik kendaraan (asli ataupun fotokopi)
  2. Lampiran surat pengantar
  3. Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polssek atau Polres setempat)
  4. BPKB kendaraan
  5. Fotokopi STNK yang hilang

Tahap-Tahap Pembuatan STNK Hilang 2017

Pastikanlah lima dokumen di atas telah lengkap di tangan sebelum Anda mendatangi kantor SAMSAT untuk mengurus kehilangan STNK. Anda tidak perlu khawatir apabila Anda tidak memiliki fotokopi STNK yang hilang selama ada empat dokumen lainnya.

Setelah itu, sediakanlah waktu untuk mendatangi kantor SAMSAT dengan membawa semua dokumen di atas dan bawa serta juga kendaraan yang Anda hilangkan STNKnya. Hal itu diharuskan karena di SAMSAT nanti aka nada pengecekan fisik kendaraan dan juga pengecekan nomor rangka mesin. Terkadang, Anda bahkan diharuskan untuk mem-fotokopi hasil cek fisik.

Anda juga tidak boleh lupa membawa pulpen sendiri karena Anda akan mengisi formulis kehilangan STNK yang disediakan. Isilah dengan benar dan kembalikanlah ke ruang SAMSAT bagian kehilangan STNK.. Anda akan menunggu untuk sementara waktu sebelum mendapatkan surat kehilangan hilang dari SAMSAT karena pihak SAMSAT harus mengecek keabsahan dari STNK yang dihilangkan.

Setelah menerima surat kehilangan, Anda harus mendatangi loket pembuatan STNK baru di BBN II. Di sana, Anda akan diberikan slip pembayaran pajak kendataan bermotor Anda yang harus dibayarkan di kasir. Setelah Anda melunasinya, Anda harus kembali ke BBN II untuk menukarkan bukti pembayaran dengan STNK baru Anda.

Baca Juga : Biaya dan Prosedur Perpanjang STNK

Mengenai biaya yang akan dikenakan kepada Anda untuk pengurusan STNK baru ini adalah sebesar 80 ribu Rupiah. Dan apabila Anda tidak bisa mengurus sendiri, Anda bisa saja diwakilkan oleh orang lain dengan catatan orang itu memegang surat kuasa yang berisi tanda tangan Anda. Kendati demikian, KTP yang harus dibawa merupakan KTP dari sang pemilik kendaraan yakni Anda sendiri. Perkiraan waktu untuk menyelesaikan segala proses tersebut adalah satu hari. Jadi, lebih baik Anda mengurus pembuatan STNK baru dari pagi hari.

biaya pembuatan STNK hilang 2017

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada pungutan liar di setiap langkah dari proses pembuatan STNK baru tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir harus membayar lebih. Dengan langkah di atas, Anda bisa mengurus kehilangan STNK sendiri tanpa perlu mencari calo yang akan memakan biaya lebih besar. Demikan informasi tentang prosedur dan biaya pembuatan STNK hilang 2017. Semoga bermanfaat.