Yuk Hitung Untung Rugi Kerja Sampingan!

Banyak dari Kita memutuskan untuk memiliki kerja sampingan sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas hidup. Siapa saja bisa memiliki pekerjaan sampingan yang bisa ditangani selepas kuliah ataupun kerja kantoran selesai. Karyawan yang sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap ternyata ada banyak juga yang mencoba memiliki pekerjaan sampingan. Tujuan dan alasan masing-masing orang tentu berbeda dan sah saja dilakukan asalkan memiliki komitmen untuk tetap bekerja dengan hasil memuaskan di keduanya.

Beragam Manfaat Memiliki Pekerjaan Sampingan

Melihat rekan kerja atau orang lain yang menikmati hidup lebih baik dengan pekerjaan sampingan yang dimiliki. Sering memberikan rasa iri dan juga memiliki keinginan sama untuk memiliki pekerjaan sampingan agar dapat menikmati apa yang mereka dapat. Pada dasarnya memiliki pekerjaan lain di luar pekerjaan pokok menawarkan dua hal, yakni manfaat dan juga sebaliknya. Mengenali dengan baik dua hal yang saling bersebelahan ini tentu akan menjadi pertimbangan yang bijak.

Bagi yang merasa tertarik untuk memiliki atau melakukan kerja sampingan yang ideal dengan statusnya sebagai karyawan. Berikut manfaat yang bisa dirasakan saat menekuninya:

1. Menjadikan hobi dapat dilakukan kapan saja,
Salah satu jenis pekerjaan sampingan yang ideal bagi karyawan ialah menyesuaikan dengan hobi yang dimiliki sehingga hasilnya lebih memuaskan. Menjadikan hobi sebagai moda penghasil uang tentu menawarkan manfaat tersendiri.

Selain memberikan dana lebih, hobi yang memang menjadi kegiatan yang disukai bisa tersalurkan dengan baik. Kita tidak perlu terkekang oleh waktu untuk menjalankan hobi tersebut misal harus menunggu akhir pekan, libur panjang, dan lain sebagainya. Hobi yang ditekuni dengan baik dan rutin kedepannya juga bisa diandalkan sebagai jenis usaha sendiri dan berkembang bersamanya. Pada akhirnya kesempatan untuk keluar dari status karyawan dan menjadi bos pun bisa dilakukan dengan baik.

Baca juga: 6 Peluang Kerja Online yang Layak Anda Coba

2. Lebih mudah untuk meningkatkan tabungan,
Memiliki kerja sampingan yang menyenangkan dan didasari dari hobi yang dimiliki selalu menawarkan rezeki lebih. Pelakunya bisa mendapatkan sejumlah uang yang lumayan per bulannya bahkan melebihi gaji bulanan yang diterima dari pekerjaan utama. Inilah salah satu manfaatnya, yakni bisa meningkatkan saldo tabungan. Sebab dana pekerjaan sampingan bisa dialokasikan ke rekening tabungan untuk membeli aset berharga atau yang dibutuhkan. Misal membeli handphone baru dan canggih, pergi berlibur, membeli kendaraan bermotor, dan sebagainya menjadi lebih mudah.

3. Membantu mengusir rasa jenuh,
Memiliki jam kerja sekitar 8 jam, berangkat dari jam 8 pagi dan pulang di jam 4 sore. Apa yang akan Kita lakukan sepulang kerja? Tidak memiliki pekerjaan lain setelah jam kantor biasanya membawa kejenuhan sehingga sering menghamburkan uang untuk jajan atau jalan-jalan. Sebaliknya dengan memiliki pekerjaan sampingan rasa jenuh akan hilang serta menghasilkan uang lebih. Sehingga saat akhir pekan yang ditunggu-tunggu bisa memanjakan diri setelah berkutat dengan banyak aktivitas per harinya.

Kerugian Memiliki Pekerjaan Sampingan

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki pekerjaan lain di luar pekerjaan kantor juga memberikan kerugian tersendiri. Misal saja membuat konsentrasi dalam bekerja kurang optimal karena harus dibagi ke dua jenis tanggung jawab berbeda. Hasil pekerjaan pun akan kurang maksimal sehingga profesionalitas dipertanyakan oleh orang sekitar terutama orang kantor. Belum lagi dengan resiko minimnya waktu istirahat dan untuk mencari hiburan. Pertimbangkan dengan baik manfaat dan kerugian menjalankan kerja sampingan sehingga bisa dinikmati dan dijalani dengan baik.