6 Tips Membeli Mobil Bekas Murah Kualitas Tinggi

Mobil bekas murah ditawarkan sebagai solusi hemat bagi Anda yang ingin memiliki mobil. Mobil sekarang ini memang menjelma menjadi salah satu kebutuhan, baik untuk bepergian atau perjalanan bisnis. Transportasi umum di tanah air yang masih jauh dari kata nyaman pun menjadi faktor dimana masyarakat memilih untuk membeli kendaraan pribadi. Hanya saja belum semua orang mampu membeli mobil idaman. Harga tinggi menjadi salah satu kendalanya. Bila Anda merasa butuh membeli mobil, mungkin mobil bekas bisa menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan.
Namun, apakah kualitas mobil bekas bisa dijamin? Meski bekas asal Anda memilih secara teliti, Anda berkesempatan mendapat mobil murah berkualitas. Agar tidak salah pilih, berikut tips memilih mobil bekas kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau:

• Pilih Tempat Pembelian
Tips pertama adalah pilih tempat membeli mobil bekas yang sudah terbukti terpercaya. Bukan hal sulit menemukan penjual mobil bekas dengan segala penawaran menarik. Akan tetapi, tips amannya pastikan untuk membeli langsung dari orang yang memang ingin menjual secara langsung. Membeli ke showroom sah-sah saja. Apalagi biasanya pilihan yang disediakan lebih banyak tetapi membeli mobil di showroom biasanya Anda harus membayar lebih mahal dibanding membeli langsung dari tangan pertama.

• Cermati Eksterior Mobil
Setelah Anda menemukan tempat jual mobil bekas, jangan langsung deal membeli. Cek dulu kondisi mobil, mulai dari bagian eksterior. Cek kondisi body mobil, apakah ada goresan atau cacat. Apakah kondisi cat mobil masih mulus atau sudah kasar. Cek pula bagian eksterior mobil yang lain seperti kaca, lampu, ban, dan sebagainya. Pastikan semuanya dalam kondisi bagus.

Baca juga: Kredit Mobil Bekas

• Cek Kondisi Mesin
Kondisi mesin tidak kalah penting. Apa artinya Anda membeli mobil bekas murah namun tidak bisa jalan karena turun mesin? Bukannya irit, tetapi Anda malah harus bayar mahal untuk mengganti mesin. Karena itu cek performa mesin dengan menghidupkannya. Dengarkan baik-baik bunyi mesin saat dinyalakan. Apakah suara terdengar halus atau tidak? Kondisi mesin prima bisa dikenali dari mudahnya proses starter mesin. Jangan lupa pula untuk tes drive guna mengetahui nyaman tidaknya mobil melaju di jalanan.

• Perhatikan Aksesoris dan Interior
Setelah rampung memeriksa kondisi eksterior dan performa mesin, jangan lewatkan bagian aksesoris dan interior. Beberapa komponen yang perlu Anda cek diantaranya dashboard, karpet, AC, radio, dan aksesoris lainnya bila ada. Perhatikan baik-baik kondisi jok dan langit-langit. Apakah jok mobil masih mulus, empuk, dan tidak ada kerusakan? Saat memeriksa interior mobil cek juga tombol-tombol yang ada.

• Pastikan Surat-Surat Lengkap
Kelengkapan surat-surat adalah syarat wajib. Karenanya surat-surat menjadi hal krusial yang harus ada saat ingin membeli mobil bekas murah, sebut saja mulai dari BPKB hingga STNK asli. Hal ini perlu Anda pastikan guna terhindar transaksi jual-beli mobil curian. Bila surat-surat yang asli tersebut tersedia lengkap tentunya juga memudahkan urusan Anda untuk balik nama atau administrasi.

• Cek Fisik Kendaraan
Agar Anda tidak ragu lagi, tidak ada salahnya melakukan cek fisik ke kantor Samsat terdekat. Hal ini diperlukan guna memastikan informasi dan data yang tercantum dalam surat-surat kendaraan, baik BPKB atau STNK. Namun, proses ini hanya bisa Anda lakukan setelah mendapat izin dari penjual mobil. Sehingga jangan sungkan untuk meminta pengajuan cek fisik pada penjual. Bila memang tidak ada yang disembunyikan oleh penjual, pasti penjual memperbolehkan cek fisik kendaraan.
Demikianlah ualasan singkat tentang tips memilih mobil bekas murah. Membeli mobil bekas murah bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau.