Serba-serbi KTA UOB yang Perlu Kamu Tahu!

Kebutuhan hidup memang semakin banyak yang membuat sebagian masyarakat mengajukan kredit di bank untuk meringankan kebutuhan tersebut. Para karyawan biasanya lebih memilih untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA karena dirasa lebih ringan dalam membayar cicilannya. KTA sendiri merupakan salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas pinjaman dana namun tidak disertai dengan jaminan sehingga tidak akan membebani calon nasabah.

Sekarang ini juga sudah banyak bank yang memberikan penawaran produk KTA tersebut dan salah satunya adalah Bank UOB. Untuk mengajukan permohonan KTA UOB, prosedurnya juga cukup sederhana karena nasabah bisa melakukannya secara online. Lalu, apa saja keuntungan dan persyaratan pengajuan KTA UOB? Simak uraiannya di bawah ini:

Kebutuhan yang Dapat Dibiayai KTA

Ada beberapa kebutuhan yang bisa dibiayai oleh KTA yang menjadi keuntungan bagi nasabah. Dengan kata lain, Anda bisa melakukan apa saja dari hasil pencairan dana KTA tersebut. Adapun beberapa kebutuhan yang bisa dibiayai oleh KTA adalah renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan, biaya pengobatan, ataupun kebutuhan finansial lainnya.

Meskipun Anda bebas menggunakan dana KTA yang diperoleh, pastikan Anda memanfaatkannya hanya untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak. Hal ini perlu diketahui karena bisa jadi dana itu nantinya akan digunakan untuk kebutuhan konsumtif yang tidak mendesak dan belum terlalu dibutuhkan.

Baca juga: Simak 4 Hal Penting Sebelum Pinjam Tanpa Jaminan

Keuntungan Pengajuan KTA

Mengajukan KTA sendiri juga memberikan banyak keuntungan, dan bisa menjadi solusi instan bagi nasabah yang membutuhkan dana secara cepat. Secara umum, berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan dari pengajuan KTA:

  1. Persyaratan pengajuan KTA bisa dibilang cukup mudah dan juga dengan proses yang cukup cepat.
  2. Pinjaman dapat diajukan tanpa membutuhkan agunan atau jaminan. Selain itu, penggunaan

pinjaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Suku bunga KTA tetap dan periode cicilannya sendiri disesuaikan mulai dari 1 sampai dengan 5 tahun.
  2. Anda akan mendapatkan perlindungan asuransi untuk beberapa produk KTA dan juga limit pinjaman yang bisa dibilang cukup besar.

Melihat keuntungan yang ditawarkan oleh KTA di atas, tidak mengherankan bahwa saat ini banyak kalangan di masyarakat yang memanfaatkan fasilitas bank yang satu ini.

Syarat Pengajuan KTA UOB

Untuk memperoleh kredit tanpa agunan, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena syarat-syarat tersebut tidak terlalu sulit untuk dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KTA UOB:

  1. Pinjaman KTA hanya berlaku untuk nasabah bank UOB.
  2. Nasabah tersebut memiliki kewarganegaraan sebagai warga negara Indonesia.
  3. Usia dari nasabah pemijam KTA tersebut mulai dari 21 sampai dengan 55 tahun.
  4. Jumlah gaji yang dimiliki minimal 2,5 juta perbulannya.
  5. Pada saat melakukan proses penagajuan KTA status nasabah sebagai karyawan ataupun wirausaha.

Selain itu, Untuk mengajukan permohonan pinjaman KTA UOB, nasabah juga membutuhkan kelengkapan dokumen pendukung. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  1. Fotokopi kartu identitas seperti KTP atau paspor
  2. Fotokopi NPWP dan slip gaji yang yang terakhir
  3. Fotokopi cover buku tabungan, mutasi rekening tabungan dan beberapa dokumen pendukung lainnya.

Dokumen-dokumen di atas yang harus dilampirkan kiranya tidak terlalu sulit untuk dipenuhi oleh para calon nasabah.

Demikianlah uraian singkat tentang keuntungan dan persyaratan KTA UOB. Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah salah satu jalan keluar bagi mereka yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Meskipun demikian, pastikan bahwa dana tersebut digunakan secara bijak dan hanya untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak.