4 Pertimbangan Utama Saat Cari Modal Usaha

Mempunyai sebuah usaha sudah pasti menjadi impian untuk beberapa orang. Impian ini sering muncul karena tidak adanya ketertarikan untuk bekerja dalam sistem teratur seperti kerja kantoran, dengan membuka bisnis, seseorang pasti akan lebih nyaman untuk bekerja karena semua dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ia buat sendiri. di samping itu memiliki usaha sendiri merupakan hal yang sangat diperlukan oleh negara kita, karena kebanyakan dari kita lebih cenderung menginginkan hal-hal yang pasti seperti bekerja di kantor. Mungkin kendala yang dihadapi seseorang untuk membuka usaha adalah modal usaha, hai ini yang disinyalir membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk merintis sebuah usaha.

Modal untuk menjalankan usaha memang tidak sedikit, sekalipun bisnis yang akan digeluti adalah bisnis yang sederhana, namun ada modal dalam bentuk yang lain seperti modal tempat, kebutuhan awal hingga modal peralatan. Sementara untuk urusan dana, anda dapat lebih tenang karena sekarang ini ada banyak pinjaman kredit yang tujuannya untuk investasi yang telah difasilitasi beberapa bank.

Kredit sekarang menjadi bagian yang sering digunakan sebagai sebuah strategi keuangan oleh sebagian besar masyarakat, terlebih mereka yang termasuk dalam wirausaha. Sebenarnya hal yang diperlukan untuk memperoleh pinjaman modal usaha ini adalah kejelasan dan tujuan dalam mengajukan pinjaman, terlebih yang sifatnya digunakan sebagai pembukaan usaha, perbaikan modal hingga pembelian aset. Banyak dari lembaga keuangan yang sekarang ini menyediakan kredit KTA hingga multiguna yang banyak diminati masyarakat. Bahkan, pemerintah juga sedang gencar-gencarnya menggalakkan program pinjaman ke pengusaha kecil.

Kredit untuk modal bisnis ini menjadi produk yang sering ditawarkan oleh bank-bank umum. Kredit ini akan memberikan pinjaman sesuai dengan jumlah dana yang anda butuhkan. Secara umum program ini memfasilitasi wirausaha yang memerlukan pinjaman kredit yang besaran nya mulai dari 100 juta hingga milyaran. Jangka waktunya dapat disesuaikan dengan arus keuangan yang berada di dalam bisnis tersebut. kredit ini tentu akan memberi keuntungan bagi peminjam karena mereka tidak akan tertekan namun terpacu untuk memperoleh penghasilan yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Cari Modal Usaha

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, berikut pertimbangan mengajukan pinjaman modal usaha, antara lain:

• Kemampuan bayar. Sebelum Anda mengajukan kredit, lebih baik anda sebagai wirausaha benar-benar menghitung seperti apa kemampuan anda untuk mengembalikan modal pinjaman, kalkulasi kan bisnis yang nantinya akan anda kelola dan persiapkan secara matang,
• Resiko. Dibalik dibangunnya usaha, pasti akan ada resiko yang menyertai. Anda juga harus memperhatikan seperti apa resiko yang dapat terjadi pada bisnis yang anda bangun. Resiko ini dapat berasal dari mana pun karena sifatnya dapat berupa resiko jangka pendek dan jangka panjang, apakah rencana yang anda bangun sudah mencakup resiko tersebut?
• Bandingkan satu bank dengan yang lain. Pertimbangkan berbagai macam penawaran kredit dari bank. Jangan hanya memilih satu bank karena malas untuk berputar-putar mencari informasi. Selalu cari informasi sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki banyak informasi, anda dapat membandingkan kekurangan dan kelebihan program kredit dari bank tersebut,
• Dokumen pendukung. Bila sudah merasa mantap dengan rencana anda, anda dapat mengajukan pinjaman, namun jangan lupa siapkan berbagai dokumen pendukung.

Agar pengajuan pinjaman modal usaha yang anda lakukan berjalan dengan lancar, usahakan anda melengkapi administrasi dengan lengkap dan menjawab seluruh pertanyaan pihak bank dengan jujur. Jelaskan dengan rinci tentang tujuan pinjaman yang anda lakukan, walaupun programnya sudah menjelaskan jika pinjaman tersebut untuk bisnis, namun jelaskan untuk item apa saja pinjaman tersebut.