Peminjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

peminjaman modal usaha tanpa jaminan – Memiliki ide bisnis adalah hal yang sangat bagus, karena dengan berbisnis anda dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran yang ada dengan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Langkah pertama yang harus dipikirkan sebelum merintis bisnis yaitu dengan memikirkan kelayakannya. Hal ini dilihat dari perspektif ide bisnis itu sendiri, lalu dilanjutkan dengan analisa skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, tenaga kerja, hingga mencari pasokan bahan baku. Hal-hal tersebut merupakan bagian dari perencanaan dari bisnis itu sendiri. Ketika perencanaan sudah matang, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari modal. Bagi anda yang belum memiliki dana untuk memodali bisnis, maka melakukan pinjaman adalah solusi paling cepat dan mudah untuk dilakukan.

Pinjaman untuk modal di sini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, yang paling populer dilakukan oleh masyarakat adalah pinjaman tanpa jaminan ke bank maupun lembaga non-bank. Pinjaman ini biasa disebut dengan kredit tanpa agunan dan hampir dimiliki oleh semua bank. Anda dapat memilih kredit tanpa agunan melalui bank yang sudah anda percayai, serta menjadi nasabah bank tersebut. Dengan begitu, peminjaman modal usaha tanpa jaminan dapat dengan mudah anda dapatkan.

Berbagai lembaga keuangan di Indonesia telah banyak menawarkan program pemodalan tanpa jaminan tersebut. Jika anda telah memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak Bank, maka proses dari peminjaman modal usaha tanpa jaminan ini pun bisa berlangsung cukup cepat. Dan dana segar yang anda terima, dapat segera dimanfaatkan untuk dana modal dari bisnis yang sedang anda rintis.

Sumber: latinbusinesstoday.com

Sumber: latinbusinesstoday.com

Ada pun beberapa alternatif pemodalan lain yang bisa dimanfaatkan anda, meliputi:

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Program pembiayaan pemerintah yang disebut dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) memang diluncurkan untuk membantu pembiayaan pengusaha pemula melalui kredit skala mikro yang penyalurannya melalui pihak perbankan.

Target yang dijadikan sasaran oleh program ini adalah kelompok masyarakat strategis dan mahasiswa yang ingin menciptakan bisnis. Fenomena terkini memperlihatkan bahwa sudah mulai banyak orang yang jenuh menjadi karyawan dan akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Oleh karena itu, pemerintah mendukung anda untuk ikut ambil bagian menciptakan gerakah wirausaha nasional dengan memberikan solusi kepada anda yang tidak memiliki modal, namun ingin membuka usaha sendiri melalui KUR ini. Tetapi, yang perlu anda ingat adalah, pemodalan ini diberikan kepada mereka yang mau merintis usaha dari skala kecil atau lazim dikenal dengan sebutan UKM. Hal ini tentunya dilakukan, karena pihak Bank tidak ingin mengambil risiko kegagalan yang menyebabkan kerugian besar nantinya. Jadi, disarankan kepada anda untuk mengawali bisnis tersebut dari skala kecil dulu, kemudian sedikit demi sedikit dikembangkan menuju ke skala yang lebih masif.

Tabungan Usaha

Peminjaman modal usaha tanpa jaminan lainnya adalah dengan cara menabung. Lewat cara ini, anda tidak perlu mengkhawatirkan aset untuk dijaminkan ke bank mau pun lembaga non-bank. Mungkin memang terdengar biasa, namun dengan menabung, anda benar-benar bisa memperhitungkan seberapa banyak dana yang dibutuhkan dan berapa lama target tersebut akan tercapai karena semuanya berdasarkan usaha sendiri sendiri.

Kelemahan dari cara ini waktu yang tidak sebentar dan sifatnya pun tidak instan. Anda juga harus benar-benar disiplin menyisihkan uang secara rutin tiap bulannya, sehingga tabungan usaha tersebut dapat berjalan lebih efektif dan modal usaha dapat terkumpul dengan lebih cepat. Anda pun disarankan untuk membuka satu rekening bank yang khusus untuk menabung modal bisnis ini. Dengan begitu, anda akan terhindar dari godaan untuk menggunakan dana tersebut.

Baca juga: Jenis dan Daftar Pinjaman Bank BRI

Mencari Rekan Bisnis

Cara yang lain untuk mengakali pinjaman modal ini adalah dengan melakukan kerja sama dengan rekan bisnis. Melalui cara ini, anda tidak hanya mendapatkan modal, namun juga mendapatkan perspektif dan juga ilmu baru yang berkaitan dengan bisnis yang dilakukan.

Membangun hubungan dengan rekan bisnis harus lah direncanakan dengan matang. Semua perjanjian harus jelas tertulis, mulai dari pengaturan serta pembagian tanggung jawab dengan semua pihak. Selain itu, anda juga harus secara adil membagi keuntungan sesuai dengan bagian masing-masing pihak. Maka dari itu, perjanjian atau kontrak tertulis menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis bersama rekanan.

Investor atau Pemodal

Cara lain yang dapat anda pertimbangkan adalah mencari pemodal atau investor. Meski pun mereka tidak terlalu ikut campur dalam operasional usaha, tetapi investor mampu menyediakan dana segar sebagai modal dari usaha yang akan anda jalankan.

Untuk mendapatkan calon investor yang bersedia memberikan dana seperti itu, kita harus terlebih dahulu membuat yang namanya proposal bisnis. Isi proposal harus menceritakan mengenai kondisi bisnis yang akan dikembangkan secara apa adanya. Jangan sesekali mencoba untuk mengurangi ataupun menambahkan data. Jangan lupa pula untuk mencantumkan estimasi atau prediksi keuntungan usaha tersebut, dan juga kapan pihak mereka akan mendapatkan keuntungannya, sehingga penawaran proposal bisnis anda dapat diterima.

Lewat beberapa cara di atas, peminjaman modal usaha tanpa jaminan bukan lagi angan-angan. Anda dapat memulai bisnis anda mulai dari sekarang!