Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Jajal Peluang Usaha Terbaru Franchise

Bulan Agustus telah tiba, bulan ini seringkali diidentikkan dengan berbagai macam perayaan kemerdekaan Indonesia. Namun apa sih kemerdekaan bagi kalian? Jika hanya merayakan kemerdekaan dengan berpesta di sana-sini tentu substansi kemerdekaan itu sendiri lama kelamaan akan pudar. Secara umum, merdeka merupakan bebas dari berbagai jenis penjajahan dan penindasan. Apakah menurut Anda kita telah meraih kemerdekaan jika pada kenyataannya kita masih dijajah dan ditindas dari segi finansial? Menjadi budak di tanah sendiri yang konon katanya telah memerdekakan diri.

Atas dasar fenomena tersebut, banyak generasi penerus bangsa yang berlomba-lomba untuk berkarya demi kejayaan Indonesia. Kita bisa ambil contoh paling kecil dengan melihat banyak pemuda-pemudi yang memilih untuk memiliki kemerdekaan finansial dengan terjun langsung ke dunia usaha yang mereka lakoni. Jika Anda kekurangan ide akan bisnis yang cocok untuk dijalankan, Anda bisa mencoba model bisnis waralaba atau franchise yang telah menjadi salah satu peluang usaha terbaru paling diminati banyak orang.

Dengan menggunakan model bisnis franchise, Anda tak perlu merancang sistem bisnis yang sesuai dengan  industri yang kalian tekuni, Anda pun tak perlu repot mencari teknik pemasaran yang tepat karena kedua hal tersebut telah dilakukan oleh pemilik franchise. Meski terlihat mudah, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menjalankan moda bisnis seperti ini. Simak ulasannya seperti berikut:

Cek Reputasi Franchise yang Akan Dibeli

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum berencana untuk membeli sebuah franchise usaha yaitu melakukan riset akan franchise tersebut. Cek reputasi franchise tersebut, apakah feedback yang diberikan pelanggan selalu baik atau lebih banyak keluhan yang masuk. Karena sedikit banyaknya kesuksesan yang akan Anda raih kemudian tergantung reputasi yang dimiliki franchise yang akan Anda beli. Lakukan pertimbangan yang mendalam sebelum betul-betul melakukan pembelian sebuah franchise.

Lakukan Perbandingan akan Beberapa Franchise

Ketika ingin membeli sebuah franchise, lakukanlah perbandingan di antara beberapa daftar franchise yang memang telah dikenal oleh masyarakat banyak. Lakukanlah riset bisnis kecil-kecilan akan beberapa daftar franchise yang menjadi prioritasmu. Lalu analisis dengan metoda SWOT analisis, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan franchise yang menjadi pilihan Anda. Tanpa perlu membuang waktu, Anda dapat melakukan riset bisnis ini melalui internet.

Cek Potensi Pasar yang Ada

Jika telah melakukan riset kecil-kecilan akan bisnis franchise yang ingin dibeli. Anda juga perlu memeriksa potensi pasar yang Anda miliki. Apakah industri bisnis franchise tersebut sesuai dengan potensi pasar yang dimiliki atau tidak. Jika kurang sesuai, maka jangan teruskan. Teruskan hanya apabila riset bisnis yang telah dilakukan sesuai dengan potensi dan peluang pasar yang Anda miliki.

Analisa Tingkat Pengembalian Modal

Kegagalan utama yang seringkali terjadi pada bisnis franchise adalah pelaku bisnis terlalu terpaku pada jumlah omset yang dapat dihasilkan bukan malah tingkat pengembalian modal bisnis yang telah dikeluarkan.

Katakanlah sebuah bisnis franchise dapat menghasilkan omset bulanan sebesar Rp 50 juta per bulan, namun modal yang dikeluarkan baru bisa dikembalikan setelah 5 tahun bisnis berjalan. Sementara franchise yang berikutnya hanya dapat menghasilkan omset sebesar Rp 25 juta per bulan, namun franchise yang ini akan dapat mengembalikan modalmu hanya dalam jangka waktu 2 tahun saja. Hal ini membuktikan jenis franchise yang kedua akan lebih cepat membuatmu menikmati keuntungan bersih dari bisnis yang telah berjalan. Manakah yang akan kamu pilih?

Contek Manajemen Pemilik Franchise

Yang terakhir jangan lupa untuk mencontek manajemen pemilik bisnis franchise, sebab nantinya Anda secara menyeluruh akan menjalankan bisnis dengan sistem yang telah diterapkan oleh pemilik franchise. Apabila ada beberapa hal yang tidak Anda senangi, sebaiknya pertimbangkanlah kembali sebelum betul-betul mengeluarkan banyak uang untuk membeli franchise tersebut. Kesuksesan yang Anda raih dalam meraih kemerdekaan finansial juga akan menjadi bentuk perwujudan kemerdekaan bagi Indonesia tercinta.