Mendapatkan Cicilan Mobil Ringan? Tentu Saja Bisa!

Selain sebagai alat transportasi, mobil juga bisa menjadi sarana untuk berbagai hal seperti kumpul keluarga, teman, pun terkadang menjadi rumah kedua bagi sebagian orang. Maka itu, mobil bisa dibilang telah menjadi sebuah kebutuhan yang penting bagi banyak orang dan akan selalu menjadi buruan. Namun sayangnya, keinginan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atas mobil ini seringkali diurungkan atau bahkan dikubur dalam-dalam. Ya, karena mobil merupakan kendaraan yang mengharuskan kita untuk menyediakan dana yang cukup besar untuk kepemilikannya.

cicilan mobil ringan

Namun, tidak usah terlalu khawatir dengan harga yang tinggi jika kita memang benar-benar membutuhkan keberadaan mobil dalam kehidupan kita. Sebab, dengan adanya sistem pembayaran kredit dan banyaknya bank ataupun lembaga khusus yang menyediakan fasilitas kredit dengan cicilan yang murah, kita dapat memilih solusi yang pas untuk mendapatkan kendaraan yang kita inginkan ini. Dengan adanya cicilan ringan ini, kita tentu saja dapat mewujudkan apa yang kita impikan untuk memiliki mobil impian tanpa harus memberi tekanan. Nah, untuk mendapatkan cicilan yang ringan ini, kita dapat menerapkan beberapa hal berikut:

  • Memilih jenis mobil.

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mendapatkan cicilan mobil yang ringan adalah dengan memilih jenis mobil yang kita kehendaki. Tentunya, kita tidak dapat sembarangan memilih mobil untuk mendapatkan cicilan mobil yang ringan. Sebab, tidak semua jenis mobil dapat diangsur dengan cicilan yang ringan. Beberapa jenis mobil yang mewah biasanya jarang menawarkan cicilan mobil yang ringan, tetapi untuk jenis mobil yang lebih sederhana bisa kita dapatkan dengan cicilan ringan. Maka itu, pintar-pintarlah dalam memilih dan jangan sekadar mengikuti keinginan semata demi kehidupan finansial yang lebih terkendali.

  • Membayar uang muka yang lebih besar.

Dengan membayar uang muka (down payment) yang lebih besar, kita bisa mendapatkan cicilan yang lebih ringan. Begitu pula sebaliknya. Jika kita membayar uang muka yang rendah, maka cicilannya akan tinggi dan menyesakkan. Misalnya, dengan uang muka sebesar 40%, berarti kita akan mengajukan kredit sebesar 60% dari sisa uang muka tersebut. Meskipun ditambah oleh biaya lain sebagainya, angsuran mobil dengan uang muka yang besar tetap akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan angsuran mobil dengan uang muka yang rendah.

  • Memilih masa tenor atau masa cicilan.

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih waktu tenor atau masa cicilan yang akan kita tempuh di depan. Pilihkan masa tenor yang lebih lama atau lebih panjang, karena dengan hal demikian maka kita akan mendapatkan cicilan yang tidak terlampau tinggi jika dibandingkan dengan pengambilan masa tenor yang singkat. Pengambilan masa tenor yang singkat mengharuskan kita untuk membuat kondisi keuangan yang tetap stabil untuk kebutuhan-kebutuhan lain, jangan sampai terjebak kredit macet. Maka itu, lebih baik bayar sedikit-sedikit tetapi finansial keluarga tetap lancar, kan?

Baca juga : Kredit Mobil Bekas

  • Membeli mobil bekas.

Memilih untuk mencicil mobil bekas juga dapat menjadi solusi jika kita menginginkan pengeluaran yang rendah untuk cicilan setiap bulan. Mobil bekas ini biasanya cenderung lebih murah karena harga jualnya yang akan turun setiap tahunnya seiring dengan keluarnya varian terbaru dari mobil tersebut. Namun jika kita akan memilih opsi ini, kita harus benar-benar memerhatikan kondisi mobil tersebut—baik dari tampilan maupun mesinnya. Pastikan bahwa mobil tersebut masih bagus dan layak pakai supaya kita tidak terbebani dengan biaya perbaikan dan perawatan nantinya.

  • Mengambil asuransi sendiri.

Biaya cicilan mobil biasanya terdiri dari biaya angsuran ditambah dengan beban bunga asuransi dan administrasi yang pastinya membuat cicilan bulanan mobil menjadi tinggi. Untuk mendapatkan cicilan yang ringan, kita dapat menyiasatinya dengan mengambil asuransi sendri. Dengan begitu, kita dapat menghemat biaya cicilan bulanan yang harus kita bayarkan ke pihak bank atau lembaga kreditur. Dalam mengambil kredit mobil ini memang ada klausula khusus penanganan asuransi yang disebut banker’s clause atau leasing clause yang membolehkan debitur mempunyai asuransi sendiri asalkan dilekatkan klausula tersebut.

  • Melakukan negosiasi diskon.

Selayaknya membeli barang-barang lainnya, kita juga dapat melakukan negosiasi oleh pihak bank maupun lembaga tertentu selaku kreditur untuk mendapatkan cicilan yang ringan. Kita bisa mencoba untuk memulai tawar-menawar dan meminta diskon pembelian. Namun sebelum melakukan penawaran tersebut, kita sebaiknya benar-benar mengerti dan memahami fitur-fitur mobil yang akan kita beli tersebut. Dengan memiliki pemahaman yang baik terkait seluk-beluk mobil, biasanya pihak kreditur akan merasa segan jika memberikan harga yang tinggi kepada kita.

  • Lakukan survey terlebih dahulu.

Last but not least, untuk mendapatkan harga cicilan yang pas dan sesuai dengan keadaan finansial kita, kita dapat melakukan survey harga dan layanan dahulu. Membandingkan dari satu penyedia layanan kredit ke penyedia layanan kredit lainnya boleh saja kita lakukan. Namun, lakukan survey dengan benar dan tanpa rekayasa. Setelah itu, katakan dengan sejujurnya bahwa kita mendapatkan harga dan penawaran terbaik dari tempat lain. Biasanya dengan hal ini, pihak dealer akan sedikit melunak dan akhirnya mau menurunkan harganya.

Itulah dia beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan mobil impian dengan cicilan yang ringan. Kita bisa terapkan sesegera mungkin untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. Tetap sesuaikan keinginan dengan kebutuhan, ya!