Sudahkah Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas Jakarta?

Mobil bekas saat ini masih banyak diminati masyarakat karena tidak ada alasan untuk gengsi membeli mobil bekas. Jika kondisi mobil masih bagus, layak pakai, dan aman, mengapa tidak membeli mobil bekas. Hal ini tentu berlaku bagi Anda yang belum memiliki cukup tabungan untuk membeli mobil baru. Keberadaan mobil bekas sendiri terbilang banyak dan memiliki pangsa pasar sendiri. Salah satu kota besar di Indonesia yang terkenal sebagai pasar mobil bekas berkualitas adalah Jakarta. Anda berminat membeli mobil bekas? Pastikan Anda memperhatikan 5 hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas Jakarta:

Kenali Lokasi Tempat Penjualan Mobil Bekas Berada
Di Jakarta, keberadaan dealer mobil bekas tidak dapat dihitung dengan jari. Anda tidak dapat asal memilih sehingga ada baiknya sudah mengetahui lokasi tempat penjualan mobil bekas tersebut berada. Lebih baik lagi jika Anda memperoleh informasi atas rekomendasi kerabat yang sudah pernah membeli mobil bekas di tempat yang sama. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penjualan atau dealer mobil bekas tersebut benar adanya dan dapat dipercaya.

Perhatikan Eksterior Mobil Bekas yang dipilih
Pastikan Anda tidak terburu-buru dalam menjatuhkan pilihan terhadap mobil bekas yang ada. Perhatikan dahulu apakah eksterior dari mobil bekas masih layak dan bagus. Perhatikan bagian body mobil dan pastikan tidak ada cacat seperti retak, goresan, atau cat yang mengelupas. Pastikan lampu mobil bagian depan dan belakang masih menyala, begitu juga lampu tanda rem masih berfungsi dengan baik. Bagian body bawah mobil juga patut Anda perhatikan atau lebih tepatnya diperiksa. Jika kondisi mesin masih mulus dan tidak berkarat, maka mobil bekas tersebut dapat Anda pilih.

Baca juga: Raih 4 Keuntungna Ini dengan Membeli Mobil Seken Murah

Perhatikan Interior Mobil Bekas yang dipilih
Jika kondisi eksterior mobil bekas baik, bagaimana dengan interiornya? Anda juga harus memastikan kondisi interior mobil bekas tersebut juga masih baik. Perhatikan pada bagian interiornya seperti dashboard apakah masih mulus atau terdapat goresan. Kemudian periksa kenyaman setiap jok kursi mobil. Apakah bantalannya masih terasa empuk dan tebal? Periksa pula sabuk pengaman, tarikan jok belakang, apakah masih berfungsi dengan baik? Jika mobil tersebut memiliki sistem airbag, cobalah untuk memastikan airbag juga masih berfungsi. Perhatikan pada bagian pintu dan kaca mobil. Pastikan pintu dan kaca mobil tidak ada masalah ketika Anda mencoba untuk buka-tutup pintu mobil serta menaikkan maupun menurunkan kaca mobil.

Perhatikan Kondisi Mesin Mobil Bekas yang dipilih
Secara fisik, ketika Anda sudah memastikan kondisi eksterior dan interior mobil bekas terbilang baik, selanjutnya perhatikan kondisi mesin. Periksalah setiap kondisi mesin pada mobil bekas tersebut. Apakah semuanya masih dalam kondisi baik. Jika Anda kurang begitu paham dengan bagian mesin, tidak ada salahnya meminta pihak dealer untuk membantu dalam pengecekan mobil bekas.

Perhatikan Kelengkapan Surat-surat Penting Kendaraan Mobil Bekas
Jangan sampai Anda tidak menerima kelengkapan surat-surat penting dalam membeli mobil bekas. Ketika pihak dealer mobil bekas menunjukkan surat-surat tersebut, perhatikan apakah benar-benar lengkap atau masih ada yang tertinggal. BPKB harus ada, begitu juga dengan STNK. Perhatikan pula nama yang tertera di BPKB dan STNK yang harus sama dan sesuai dengan kendaraan mobil bekas yang hendak Anda beli.
5 hal di atas berlaku wajib ketika Anda hendak membeli mobil bekas Jakarta. Pastinya Anda tidak ingin membeli mobil bekas dengan kondisi yang mengecewakan, bukan? Untuk itu, jelilah sebagai konsumen mobil bekas di manapun Anda membelinya.