Ini Dia 4 Keuntungan dari Usaha Modal Kecil

Beberapa tahun belakangan ini usaha modal kecil memang cukup menarik untuk dijalani. Hal ini mendukung adanya keyakinan bahwa seharusnya kegagalan yang dihadapi bisnis dengan modal yang cenderung minim tidak sebesar bisnis lain dengan modal yang besar. Terlebih modal yang kecil nyatanya tidak membatasi besaran pendapatan atau keuntungan dari usaha tersebut.

Namun, selama ini belum banyak yang menyadari bahwa usaha dengan modal yang kecil ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Lantas, sebenarnya apa alasan yang justru menjadikan banyak pelaku bisnis pemula harus memiliki usaha dengan modal kecil guna mengumpulkan keuntungan besar dengan kemungkinan kegagalan yang kecil? Simak uraiannya di bawah ini:

Dukungan Ide dan Kemampuan yang Unik

Tidak sedikit perusahaan ternama dengan produk yang selalu meledak di pasaran sekarang ini berawal dari merintis usaha dengan modal yang cenderung kecil. Namun, meskipun jumlah dana modal yang mereka gunakan tidak besar, mereka memiliki ide bisnis sekaligus dibekali dengan dukungan kemampuan unik yang menjadikannya mampu dengan mudah menarik hati konsumen. Ide-ide bisnis baru yang cenderung unik juga sangat kecil kemungkinannya untuk berhadapan dengan kompetitor yang menjalankan ide bisnis serupa. Oleh karena itu, dengan kompetisi yang demikian rendah, peluang sukses yang tersedia juga semakin besar. Tentunya jika memang ide bisnis yang Anda usung benar-benar unik dan kreatif.

Pasar Masih Terbuka Lebar

Menjalankan sebuah usaha dengan modal kecil semestinya tidak membuat Anda kebingungan dalam mencari pasar. Pasalnya, pasar untuk usaha-usaha baru dengan ide bisnis yang berbeda pastinya masih terbuka sangat lebar. Tetapi, terlebih dahulu pastikan bahwa usaha yang ingin Anda rintis, baik itu jasa maupun barang memang memungkinkan untuk dijual ke pasar. Hal tersebut bisa Anda ketahui dengan menjalankan usaha sesuai dengan pertimbangan, rencana yang matang, sekaligus riset besarnya kompetisi yang mungkin akan Anda hadapi nantinya. Termasuk dalam hal ini adalah kemungkinan penolakan dari konsumen atau pasar. Maka dari itu Anda setidaknya dalam terlebih dahulu melakukan survei kecil-kecilan terkait opini dari masyarakat mengenai ide bisnis Anda.

Baca Juga : 8 Ide Usaha Modal Kecil di Bawah 2 Juta

Nilai Pendapatan yang Menjanjikan

Satu alasan penting mengapa akhirnya banyak pemula dalam dunia bisnis cenderung mulai memilih menjalankan usaha modal kecil adalah karena bisnis dengan tipe ini memberikan nilai keuntungan atau pendapatan yang menjanjikan. Katakanlah usaha minuman seperti yang sekarang banyak dilihat di keramaian, dengan modal yang tidak begitu besar dengan hanya menyediakan stand kecil, bahan baku seperti bubuk minuman instan dan barang-barang pendukung lain yang dibutuhkan, pendapatan yang diperoleh dalam setiap hari tidak bisa disepelekan. Meskipun dalam penjualannya umumnya hanya dipatok Rp 10.000 per gelas, namun pasar yang demikian luas dari berbagai kalangan membuat Anda dengan mudahnya mengalikan Rp 10.000 tersebut hingga mampu mengumpulkan ratusan ribu rupiah dalam satu hari saja.

Media Pemasaran yang Mudah

Kembali ke alasan nomor 2 yakni pasar yang masih terbuka lebar menjadikan usaha dengan modal kecil cenderung mudah menemukan tempat maupun media pemasaran yang memang tepat. Contohnya, meskipun Anda hanya mengandalkan stand kecil di depan sebuah kampus, usaha minuman dengan modal yang kecil dengan mudahnya akan mendapatkan pelanggan. Tentunya sebagian besar adalah mahasiswa dari kampus bersangkutan, sisanya datang dari masyarakat yang tinggal di sekitar kampus tersebut. Terlebih dapat dikatakan bahwa kampus merupakan tempat pemasaran paling tempat untuk bisnis minuman.

Demikianlah uraian singkat tentang menjalankan usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan keuntungan yang besar. Jadi, Anda masih meragukan keuntungan menjalankan usaha modal kecil?