Ketahui 5 Hal Ini untuk Keuangan di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan telah datang, salah satu tradisi yang melekat dan dinantikan oleh kebanyakan umat muslimnya adalah buka puasa bersama. Ajang yang dimanfaatkan sebagai momen kebersamaan dan berkumpul dengan kawan lama ini menjadi agenda rutin bagi sebagian orang. Akan tetapi, aktivitas ini cukup membuat kewalahan karena terkadang banyaknya undangan buka puasa bersama dari mulai buka bersama alumni sekolah, kuliah, teman kantor, teman arisan, dan masih banyak lagi.

Nah, pasti kepikiran dong berapa banyak biaya yang harus kamu persiapkan untuk acara buka puasa bersama. Kamu harus pintar mengelola keuangan nih agar dapat bersilahturahmi, makan enak dan persiapkan penampilan di hari raya. Kalau gak gitu, bisa-bisa budget untuk sebulan hanya habis untuk makan di luar aja, jangan sampai dong!

Berdasarkan laporan Nielsen tahun 2018, masyarakat muslim cenderung untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dan kebutuhan lainnya terkait pakaian dan peralatan rumah sebelum hari raya tiba. Meningkatnya kebutuhan di bulan Ramadan membuat kamu perlu antisipasi dari sekarang, caranya gimana sih?

Menabung sebelum bulan Ramadan

Menabung merupakan salah satu cara untuk memiliki dana simpanan baik untuk kebutuhan darurat maupun persiapan di masa yang akan datang. Termasuk bulan Ramadan, berbagai keperluan membutuhkan biaya yang lebih banyak dari bulan lainnya. Misalnya biaya mudik yang hanya ada di bulan Ramadan, perlu anda estimasi dari sebulan sebelumnya dan  dipisahkan dengan keuangan lainnya. Nah, kamu punya tabungan gak sebelum bulan Ramadan?

Membuat anggaran belanja khusus di bulan Ramadan

Sudah memasuki bulan Ramadan, ada baiknya untuk kamu mengetahui rincian pengeluaran dan pemasukan pada bulan tersebut. Hal ini membantu untuk fokus terhadap kebutuhan dan keinginan kamu nantinya. Dengan membuat:

  1. Pengelompokan pengeluaran belanja
    Kamu bisa membedakan pengeluaran untuk konsumsi (buka puasa-sahur), meskipun pada dasarnya sama dengan bulan lainnya. Namun, terkadang kamu harus memperhatikan adanya agenda buka puasa bersama dan keinginan untuk membeli camilan sebelum makan berat, yang berarti akan lebih besar biayanya. Kedua biaya mudik yang hanya ada di bulan Ramadan, untuk tiket transportasi kamu perlu menyiapkan biaya lebih atau membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Ketiga, biaya idulfitri termasuk di dalamnya membeli kue lebaran, merawat penampilan (membeli pakaian atau perabotan rumah), menyiapkan bingkisan dan  angpao untuk sanak saudara. Terakhir, jangan lupa kalau biaya hidup bulanan akan tetap berjalan seperti biasanya ya, seperti biaya listrik, telepon dan transportasi.
  2. Mengelola pemasukan
    Bagi kamu yang bekerja, gaji bulanan akan diberikan bersamaan dengan tunjangan hari raya. Hal ini menjadikan pilihan bagi kamu untuk mengeluarkan uang darimana dan untuk apa. Kamu dapat menggunakannya dengan sebijak mungkin, misalnya sebisa mungkin biaya hidup dan konsumsi dari pemasukan bulanan. Kemudian biaya mudik dan keperluan idul fitri dapat memanfaatkan tunjangan hari raya. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan dana simpanan kamu.

Persiapkan bahan dan kebutuhan makanan

Salah satu upaya untuk menghemat di bulan Ramadan yaitu dengan membeli perlengkapan makanan seperti dikutip dari Nielsen, produk seperti pencuci mulut, camilan yang mengandung susu, teh kopi dan mie instan adalah kategori utama dalam shopping list di bulan Ramadan. Bahan makanan dasar dan bertahan lama seperti tepung, gula, beras sebaiknya di stok saat bulan Ramadan.

Persiapkan budget sedekah, bingkisan dan angpao lebaran

Bulan Ramadan identik dengan bulan yang penuh berkah karena umatnya sedang menjalankan ibadah, diantaranya seperti meluangkan rezeki untuk sedekah. Tidak hanya itu, persiapan bingkisan yang biasa dibawa saat berkunjung silahturahmi ke rumah saudara menjadi opsi bagi kamu selain angpao lebaran yang menjadi tradisi untuk diberikan ke anak-anak. Nah, kamu bisa memilih atau melaksanakan beberapa diantaranya tergantung budget yang kamu sediakan ya.

Persiapkan budget berbelanja untuk penampilan

Sudah berbagi, tidak lupa juga dengan diri sendiri. Kamu bisa mempercantik penampilan kamu di hari idul fitri, dengan membeli pakaian baru. Nah, tapi kamu harus tahan diri ya, jangan sampai terlalu banyak berbelanja untuk penampilan. Karena bukan hanya pribadi, tetapi juga merawat lingkungan tempat kamu tinggal agar tamu dan saudara kamu nyaman.

Dari 5 cara tersebut, kunci utamanya  adalah niat. Dengan sepenuh hati menyambut bulan Ramadan ini niat untuk mendapatkan berkah dan menjadikan kepribadian yang lebih baik lagi. Tidak harus menentu soal penampilan tetapi jiwa yang dibersihkan dengan ibadah. Selamat berpuasa, Teman!