Kartu Kredit sebagai Modal Usaha, Amankah?

Seberapa Aman Kartu Kredit untuk Modal Usaha?

Seberapa Aman Kartu Kredit untuk Modal Usaha?

Orang bilang, kartu kredit seharusnya tidak menjadi perkara yang harus kita takuti. Dibalik “bencana” yang mungkin timbul, ternyata ada cara untuk memanfaatkannya secara maksimal. Salah satunya dengan menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha.

Benarkah aman menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha awal?

Tidak ada yang salah jika Anda ingin menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha. Hanya saja perlu diingat, tujuan kartu kredit sesungguhnya merupakan fasilitas pembayaran tunda. Kartu ini dibuat untuk alasan keamanan, agar Anda mudah melakukan transaksi tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Jadi, kartu kredit sebaiknya digunakan bila memang Anda yakin dapat membayar tagihannya di bulan depan.

Untuk itu, akan lebih baik jika kita tidak mengandalkan kartu kredit sebagai modal usaha. Mempertaruhkan hutang dengan mengandalkan pengeluaran yang tidak pasti, bukanlah sebuah hal yang bijak.

Dalam buku “7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula”, Dewa Eka Prayoga, seorang Bussiness Counselor, Trainer, dan Entreprenuer mengatakan, adalah tidak masuk akal jika kita harus membayar sesuatu yang pasti dengan sesuatu yang tidak pasti.

Masih ada banyak cara untuk memulai usaha dengan modal yang tidak terlalu besar. Misalkan dengan mencoba usaha dropship, reseller, atau distributor langsung.

Bila harus menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha

Dan jika harus atau sangat terpaksa menggunakan kartu kredit sebagai bagian dari modal awal, maka cermatlah berhitung. Ingatlah, bunga yang harus Anda bayar dengan modal gesek tunai bisa mencapai 2.95%.

Hitung bunga yang mungkin Anda bayarkan sebagai biaya produksi yang menjadi dasar untuk menentukan harga jual produk. Akan lebih baik jika produk tersebut Anda jual dengansistem tunai. Sehingga nantinya Anda akan sedikit terbebas dari”rasa tidak aman”.

Agar lebih hemat, cobalaj pertimbangkan untuk membayar tagihan kredit atau hutang modal awal tersebut dalam jangka waktu 25 hari (satu siklus hitungan kredit). Dengan begitu, Anda akan terbebas dari sistem bunga bertumpuk yang biasa dikenakan pada kartu kredit.

Cara lain, Anda dapat memanfaatkan tawaran kredit elektronik dengan bunga 0% dari merchant-merchant tertentu. Hanya saja, usahakan untuk tidak menggunakan seluruh limit kredit Anda. Tujuh puluh persen dari limit adalah batas aman untuk Anda.