Ingin Kredit Toyota Avanza Bekas? Ikuti Tips dibawah Ini!

Kredit Toyota Avanza Bekas

Pembelian mobil dapat dilakukan dengan cara tunai atau kredit

Di zaman yang semakin maju dan semakin canggih, sebagian masyarakat membutuhkan alat transportasi yang dapat mengantarkan mereka kemana saja yang diinginkan. Alat transportasi yang dibutuhkan biasanya adalah motor dan mobil. Mobil biasanya lebih diperlukan ketika berpergian jauh dengan sanak keluarga dalam jumlah yang banyak dan harus membawa barang yang tidak sedikit.

Kredit mobil

Kebutuhan seseorang akan mobil yang dapat digunakan secara pribadi atau untuk kepentingan tertentu, membuat sebagian orang memutuskan untuk membeli alat transportasi tersebut. pembelian mobil dapat dilakukan dengan cara tunai atau kredit. Beberapa keuntungan membeli dengan cara kredit antara lain:

– Mendapatkan barang walaupun belum menuntaskan pembayaran secara tunai.
– Menghemat pengeluaran karena jumlah yang dikeluarkan tidak langsung dalam jumlah yang besar.
– Dapat menjaga kondisi keuangan bulanan.
– Membantu mendapatkan barang dalam waktu yang mendesak tanpa harus melunasinya terlebih dahulu.

Namun, pembelian suatu barang termasuk mobil dengan menggunakan cara kredit, memiliki kerugian tersendiri. Diantaranya yaitu:

– Tanggungan bunga dan cicilan selanjutnya hingga lunas.
– Jika dihitung dengan cermat, harga barang yang dibeli menggunakan kredit lebih mahal jika membelinya dengan cara tunai.
– Jika tidak sanggup membayar cicilan atau hutang untuk barang yang dibeli, maka barang tersebut akan diambil kembali atau disita bahkan mungkin dapat dilelang jika tidak segera dilunasi.
– Pengeluaran yang membesar tiap bulannya karena tambahan cicilan bunga yang sebelumnya telah disepakati.

Toyota avanza

Toyota avanza merupakan sebuah mobil tipe mini MVP yang didesain oleh Daihatsu. Nama Avanza berasal dari bahasa Italia yaitu anvanzato yang berarti memajukan. Mobil yang diluncurkan pada tahun 2003 di Gaikindo Auto Expo ini sukses dengan terjualnya mobil dengan jumlah total sekitar 100.000 unit pada tahun itu. Mobil ini mirip seperti Kijang yang cocok untuk melaju di jalanan pedesaan dengan design body on frame dan rear-wheel drive. Pada tahun 2011, sebanyak 1 juta mode Avanza-Xenia berhasil terjual.

Avanza merupakan mobil MVP dengan 5 pintu dengan 1.3 L K3-VE gasoline inline-four dengan kekuatan output maksimum mencapai 92 PS pada 6.000 rpm dan motor bensin tipe 1.5 L SZ-VE yang mampu menghasilkan sekitar 109 PS pada 6.000. Mobil ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

– Avanza generasi pertama pada tahun 2003-2011 dengan dua model yaitu 1.3 E dan 1.3 G.
– Avanza generasi kedua pada tahun 2011 hingga sekarang yang diluncurkan pertama kali pada 7 November dengan tipe E, G dan Veloz.

Sebelum membeli dan langkah

Jika Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu terutama jika yang ingin dibeli adalah mobil second dengan cara kredit. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah tujuan membeli mobil apakah untuk digunakan secara pribadi atau untuk memulai suatu bisnis misalnya bisnis rental mobil atau travel. Ketika telah memilih mobil yang hendak dibeli, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai mobil tersebut. Termasuk harga, spesifikasi dan kemudian membandingkan dengan tempat yang menjual mobil itu.

Untuk dapat membeli mobil dengan cara kredit, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

– Menyiapkan uang untuk membeli mobil, minimal uang untuk dp.
– Pergi ke leasing atau meminta bantuan bank untuk mencarikan mobil second yang diinginkan atau pergi ke tempat lain misalnya ke kenalan atau teman yang menawarkan mobil tersebut.
– Menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pembelian mobil dengan cara kredit. Persyaratan dari satu tempat dan tempat lain berbeda, tergantung pihak masing-masing penjual.
– Menandatangani dan berkas dan surat kesepakatan yang disepakati oleh kedua belah pihak.
– Jika menggunakan leasing, pihak leasing akan melakukan survey ke tempat Anda untuk meyakinkan keberadaan mobil tersebut setelah dibeli.
– Sistem kesepakatan memerlukan waktu biasanya sekitar 2 hari kerja.

Tips

Sebelum memutuskan untuk membeli barang di tempat penjualan, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang tempat tersebut. Perhatikan juga mengenai kondisi mobil second yang akan dibeli. Apakah masih bagus atau kurang performanya. Untuk mengantisipasi adanya kecurangan karena mungkin saja, Anda tidak pandai dalam hal otomotif atau mengenai harga, sebaiknya mengajak salah satu teman atau saudara yang mengerti mengenai otomotif biak mengenai mesin, spesifikasi, keadaan mobil, daya atau kemampuan mobil serta harga yang sesuai. Karena tidak jarang, pembeli yang tidak tahu menahu mengenai otomotif dimanfaatkan keadaannya oleh penjual dengan menaikkan harga yang sebelumnya telah ditetapkan.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan yaitu:

– Kelengkapan dokumen yang diberikan oleh pihak penjual mobil. Perhatikan baik-baik dokumen tersebut untuk menghindari adanya dokumen palsu yang menyatakan kepemilikan akan mobil tersebut.
– Jangan lupa menanyakan asal usul mobil tersebut. Hal tersebut untuk menghindari masalah dibelakangnya karena bisa saja jika mobil tersebut merupakan mobil curian yang dijual oleh pengepul barang curian.
– Memperhatikan cara pembayaran. Apakah dapat ditransfer atau harus melakukan pembayaran langsung di tempatnya.
– Memperhatikan besaran bunga cicilan yang harus dibayarkan pada cicilan selanjutnya. Hal tersebut untuk membantu Anda dalam mengatur pengeluaran kedepannya dengan menyisihkan uang untuk angsuran selanjutnya.

Test drive

Mengajak orang yang mengerti akan mobil dan otomotif memberikan keuntungan tersendiri. Selain dapat membantu dalam menentukan harga yang sesuai dengan kualitas mobil, orang tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan kualitas mobil. Penentuan kualitas mobil dapat dilihat dari mesin, spesifikasi, keadaan fisik baik luar maupun interior mobil serta kemampuan mobil tersebut. Caranya dengan melakukan test drive. Tidak hanya menyalakan mesin untuk mengetes kemampuan mesin, namun test drive dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan mesin yang sebenarnya.

Tidak jarang, walaupun suara mesin saat dinyalakan terdengar bagus, namun ketika dilakukan test drive ternyata mobil tersebut tidak terlalu bagus. Tes ini juga dapat membantu untuk mengetahui bagian yang salah yang terdapat pada mobil, misalnya pada bagian ring velg, ban spooring, atau balancing mobil. Test drive dapat memantau pembeli untuk merasakan kenyamanan ketika berkendara sehingga dapat membantu untuk menjadi salah satu faktor kenapa harus membeli mobil tersebut.

Baca juga: Persyaratan Kredit Mobil Bekas

Menawar

Jika memungkinkan, tawar harga yang di berikan oleh penjual. Ajak seseorang yang mampu menawar karena tidak menutup kemungkinan harga mobil yang diterapkan dapat berubah karena penawaran tersebut. Faktor yang mempengaruhi penawaran antara lain yaitu keadaan fisik mobil apakah bekas tabrakan atau tidak, spesifikasi mobil.

Hal yang harus diperhatikan dalam menawar adalah, jangan melakukan penawaran dengan memberikan atau melakukan cicilan kurang dari 10% persen. Penawaran yang kurang 10% dapat menimbulkan kecurigaan dari pihak penjual karena kemampuan finansial Anda. Jika Anda dapat membayar cicilan awal namun tidak pada angsuran selanjutnya, mobil tersebut dapat ditarik kembali.