Dapatkan Pinjaman Modal Usaha di 8 Tempat Ini!

Pinjaman modal usaha sangat dibutuhkan para pebisnis dalam menjalankan usahanya, terutama di masa-masa awal. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Selain tidak mudah mencari orang yang mempercayakan uangnya kepada Anda, keterbatasan jaringan juga menjadi kendala seseorang untuk mendapatkan pinjaman modal. Namun, kini Anda tidak perlu risau. Ada beberapa tempat yang mungkin akan memberikan modal kepada Anda dengan mudah. Mau tahu tempat mana saja itu? Simak uraian berikut ini.

Meminjam pada Bank

Bank bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mendapatkan modal usaha. Ada dua jenis pinjaman yang dikeluarkan bank, yaitu dengan jaminan dan tanpa jaminan. Untuk jenis pinjaman dengan jaminan, tentu hal penting yang harus Anda punyai adalah barang yang bisa dijaminkan, seperti BPKB, sertifikat, dan sebagainya. Sedangkan, untuk pinjaman tanpa agunan, Anda bisa memanfaatkan KTA. Meskipun demikian, bunga yang ditawarkan KTA lebih tinggi daripada pinjaman yang menggunakan agunan.

Menggunakan Tabungan Pribadi

Meskipun menggunakan tabungan pribadi, hal ini tetap harus diperhitungkan sebagai utang bisnis. Cara ini lebih aman karena tidak menanggung risiko berutang, yaitu bunga. Jangka waktu pinjaman pun tak terbatas hingga bisnis bisa berjalan lancar dan mengembalikan modal tersebut. Tabungan ini bisa Anda peroleh dari hasil menyisihkan sebagian pendapatan Anda saat bekerja setiap bulannya.

Menjual atau Menggadaikan Aset

Anda tidak ingin berutang dan tidak mempunyai tabungan? Menjual atau menggadaikan aset menjadi alternatif lainnya. Jika Anda mempunyai aset yang bisa dijual, seperti televisi, sepeda, lemari es, dan sebagainya, yang sudah tidak terpakai, Anda bisa jual atau gadaikan sebagai tambahan modal usaha. Jangan biarkan peralatan tersebut teronggok di gudang tanpa bisa dimanfaatkan.

Meminjam Teman atau Saudara

Alternatif selanjutnya adalah meminjam teman dekat atau saudara. Dengan cara ini, bunga yang Anda tanggung tidak terlalu besar, bahkan bisa jadi tanpa bunga. Namun, yang perlu Anda pegang teguh adalah menepati janji waktu pengembalian. Jangan sampai molor karena akan mengurangi rasa kepercayaannya kepada Anda.

Baca juga: Kembangkan Usaha yang Menjanjikan Anda ke Luar Negeri dengan Cara Ini!

Mengikuti Seminar atau Pelatihan

Biasanya, saat ada seminar atau pelatihan tentang kewirausahaan, peserta akan mendapatkan modal untuk memulai usaha. Tentu saja, Anda harus memilih seminar yang diselenggarakan oleh lembaga pemberdayaan ekonomi. Biasanya, lembaga ini sering melakukan training dan pelatihan, kemudian memberikan info mengenai akses mendapatkan modal.

Bekerja Sama dengan Teman atau Saudara

Kekurangan modal bisa Anda atasi dengan mengadakan kerja sama dengan teman atau saudara. Dengan sama-sama bekerja mengembangkan sebuah usaha, modal yang dibutuhkan pun dapat dibagi sama. Begitu juga dengan pembagian keuntungan atau kerugian yang akan diperoleh dalam sebuah usaha.

Modal dari Konsumen

Konsumen juga dapat memberikan modal bagi Anda dalam bentuk uang muka. Akan lebih aman jika Anda meminta uang muka sebesar 30%. Dari uang muka ini, Anda putar untuk mengerjakan job hingga selesai. Sisa pembayaran merupakan keuntungan dan mungkin pembayaran sedikit utang yang Anda tanggung selama pengerjaan.

Sponsor dari Website

Cara ini juga bisa Anda coba untuk mendapatkan modal usaha. Dengan menawarkan jenis usaha yang Anda jalankan di salah satu situs crowdfunding, pengunjung yang berminat akan memberikan modal uang kepada Anda. Konsekuensinya, Anda harus memberi reward sesuai ketentuan dalam website tersebut.

Itulah beberapa tempat yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Semoga uraian singkat di atas bermanfaat untuk Anda.