Cari Modal Usaha or Freelance? Solusi Saat Kamu Kehilangan Pekerjaan

Pemutusan hubungan kerja merupakan salah satu hal yang paling tidak disenangi oleh siapapun. Bukan hanya karena kamu tak lagi mendapatkan penghasilan bulanan, namun juga kamu akan kehilangan rutinitas harianmu. Bagi mereka yang telah terbiasa bekerja di kantor, menganggur di rumah serupa neraka terlebih bagi mereka yang tak memiliki kesibukan lain.

Beda halnya mereka yang memiliki usaha sampingan di luar pekerjaan rutinnya. Langkah yang tepat jika kamu bisa cari modal usaha untuk memulai usahamu untuk mengantisipasi situasi seperti ini.

Meski demikian jangan bersedih, dipecat bukanlah akhir dunia. Sebab masih ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi situasi mengerikan ini. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Buat Daftar Pengeluaran Rutin

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hal buruk ini terjadi padamu adalah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan rutin yang tak dapat diubah seperti cicilan rumah, cicilan mobil, asuransi, tagihan kartu kredit dan lain sebagainya. Kesemua hal tersebut tak mungkin angkanya berubah, sehingga kamu harus menuliskannya menjadi daftar pengeluaran yang harus kamu bayar setiap bulannya.

Prioritas Tagihan

Setelah mengetahui pengeluaran rutin yang harus segera dibayarkan, kamu dapat membuat daftar prioritas tagihan. Mulailah dari yang bunganya paling tinggi, sehingga jika mengalami keterlambatan kamu tak akan terjerat dengan utang yang lebih besar lagi. Selain itu, jika ada di antara tagihan-tagihan tersebut yang memiliki fitur pembayaran minimum seperti kartu kredit maka bayarlah tagihan minimumnya.

Di samping itu, komunikasikanlah situasi berat yang sedang kamu alami saat ini kepada pihak pemberi kredit. Negosiasikan apakah kamu bisa mendapatkan keringanan sementara hingga kondisinya membaik setelah mendapatkan pekerjaan baru kelak. Jangan biarkan mereka menerka-nerka jika kamu tak mampu membayar tagihan sehingga akan berdampak buruk pada riwayat kreditmu di masa depan.

Baca juga: Jenis Bank dengan Kredit Bunga Rendah

Poin ini sudah pasti, tapi tetap harus dituliskan. Saat kamu kehilangan pekerjaan, kamu tak lagi bisa menghambur-hamburkan uang untuk keinginan sementara. Pilah-pilih kebutuhan yang benar-benar kamu butuhkan dan tahan keinginanmu untuk membeli kebutuhan yang tak begitu penting. Selain itu kamu juga tak perlu membuang-buang uangmu untuk bepergian ke luar rumah. Jika ada temanmu yang mengundangmu ke sebuah pesta, lebih baik katakan bahwa kamu berhalangan untuk hadir dan berjanji untuk datang lain kali ketika mereka mengundangmu. Pun jangan pula pergi berkencan hingga kamu mendapatkan pekerjaan lagi.

Usaha Sampingan

Terdesak oleh situasi di mana kamu sangat membutuhkan uang, usaha sampingan bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghasilkan uang. Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan modal minim. Apabila kamu memiliki pesangon dari perusahaan lamamu, maka inilah saatnya memanfaatkan uang tersebut menjadi modal usaha sampinganmu hingga kamu mendapatkan pekerjaan impianmu kembali.

Jika tidak ada pesangon, kamu bisa cari modal usaha dengan meminjamnya ke saudara atau pinjaman uang online yang kini tersedia di jagat raya internet seperti UangTeman contohnya.

Ambil Pekerjaan Lepas

Pekerjaan lepas atau freelance merupakan salah satu solusi yang bisa kamu ambil saat kehilangan pekerjaanmu. Sampai pada saatnya kamu mendapatkan pekerjaan baru sesuai keinginanmu, pekerjaan lepas bisa menjadi penopang finansialmu sementara waktu. Anggaplah pekerjaan lepas ini kamu ambil sebagai batu loncatan sembari membangun jejaring dengan orang lain untuk mendapatkan pekerjaan yang telah kamu idam-idamkan.

Demikian 5 hal yang bisa kamu lakukan ketika kehilangan pekerjaanmu. Semoga artikel ini membantu bagi kamu yang sedang kehilangan pekerjaan.