Cara Mendapatkan Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam di Bandung?

Pasti Anda sudah sering mendengar koperasi simpan pinjam bukan? Bahkan untuk Anda yang berada di Bandung, pasti Anda sudah mengetahui koperasi simpan pinjam di BandungSebenarnya, koperasi ini berada di banyak wilayah. Lantas, dari mana modal koperasi ini? modal koperasi berasal dari modal pinjaman serta modal sendiri. Modal pinjaman merupakan modal yang dihimpun dari anggota, koperasi yang lain atau dari anggota tersebut. Sedangkan untuk modal sendiri ialah modal yang berasal dari anggota, modal sendiri seperti simpanan wajib, simpanan pokok serta simpanan bebas sukarela.

Modal yang telah dikumpulkan tersebut kemudian disalurkan atau dipinjamkan pada anggotanya, dengan dana pinjaman tersebut, anggota bisa mengembangkan serta memperluas usaha yang ia miliki seperti petani bisa membeli pupuk, benih yang unggul hingga alat-alat pertanian yang lain untuk meningkatkan produksi dari pertanian. Seorang pedagang bisa meningkatkan pengembangan usahanya sehingga bisa memperoleh tambahan keuntungan. Selain itu anggota bisa menggunakan dana tersebut untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Ada beberapa jenis simpanan pada koperasi simpan pinjam yang umum. Jenis simpanan ini seperti simpanan pokok yang wajib diberikan oleh anggota koperasi ketika pertama kali bergabung menjadi seorang anggota. Ada pula simpanan wajib, simpanan ini diberikan setiap anggota selama periode waktu tertentu, terakhir ialah bebas dan sukarela, simpanan ini dapat diambil siapa saja.

Secara umum modal usaha dari koperasi simpan pinjam di Bandung seperti pengumpulan dana semaksimal mungkin seperti simpanan maupun tabungan anggota, selain itu penyaluran atau memberikan bantuan pinjaman untuk keperluan yang cukup mendesak, bahkan tambahan modal usaha hingga biaya perluasan usaha untuk anggotanya. Terdapat peran serta fungsi simpanan. Uang simpanan tabungan akan lebih aman, selain itu pengumpulan uang simpanan serta tabungan akan semakin meningkat jumlahnya, bahkan menjadi investasi ketika hari tua, simpanan serta tabungan akan diterima secara keseluruhan jika berhenti menjadi anggota.

Lantas, seperti apa peran serta fungsi pinjaman. melalui penyaluran dana tersebut akan bisa meningkatkan pendapatan anggota dan mengentaskan kemiskinan, pelayanan pemberi kredit begitu cerah serta mudah tanpa agunan maupun jaminan kredit, ada pula pemberian kredit dengan perhitungan bunga yang rendah.

Kebanyakan dari anggota koperasi terkadang bingung bagaimana cara mengajukan pinjaman, berikut cara yang harus Anda ikuti saat ingin mengajukan pinjaman, antara lain:

  • Menjadi anggota koperasi. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman yang berasal dari koperasi, Anda harus menjadi anggota dari koperasi tersebut, setelah sudah berhasil menjadi anggota, Anda harus memiliki simpanan,
  • Sampaikan niat Anda pada marketing koperasi atau bagian peminjaman di koperasi. Jika Anda baru pertama kali meminjam, biasanya Anda hanya akan diberikan pencairan pinjaman Rp 1 jutaan,
  • Data administrasi. Lengkapi seluruh data administrasi yang dibutuhkan seperti KTP serta KK,
  • Pencairan data. Ketika pencairan dana, Anda hanya akan mendapatkan 90% dari besaran pinjaman dan sisa 10% akan masuk dalam tabungan, potongan tersebut dapat diambil ketika melakukan pelunasan,
  • Proses mengangsur. Saat pencairan selesai, tahap yang paling melelahkan ialah mengangsur.

Ketika Anda mengajukan pinjaman di koperasi simpan pinjam di Bandung, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik. Anda harus mengetahui dengan benar seperti apa kemampuan bayar yang Anda miliki, selain kemampuan bayar yang Anda miliki, Anda juga harus memperhitungkan bunga yang harus dibayar ketika Anda meminjam dana tersebut, dengan demikian akan bisa mengambil keputusan yang paling tepat.

kegiatan koperasi simpan pinjam