Bisnis Gas Elpiji 3Kg Mulai Banyak dilirik

bisnis gas elpiji 3kg

bisnis gas elpiji 3kg

Bisnis gas elpiji 3Kg kian hari kian menggelegar, masih segar dalam ingatan kita saat di mana kita masih sering menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar untuk memasak. Kala itu, perpaduan minyak tanah dan kompor sebagai alat memasak cukup populer. Bahan bakar untuk memasak lainnya seperti gas elpiji bahkan belum terlalu familiar. Wajar saja, sebab dulu gas elpiji harganya kurang bersahabat sehingga hanya digunakan oleh kalangan menengah ke atas saja.

Lain dulu lain sekarang, kini yang terjadi justru sebaliknya. Semenjak pemerintah memberlakukan konversi minyak tanah ke gas elpiji, perlahan lahan dominasi minyak tanah mulai meluntur. Bahkan kini keberadaanya mulai sulit diditeksi. Kalaupun ada, harga gas elpiji 3 kg akan jauh lebih mahal ketimbang gas elpiji. Tak ayal, masyarakat perlahan lahan mulai beralih menggunakan gas elpiji 3kg dan 12kg. Kini, pengguna gas elpiji bukan hanya masyarakat menengah ke atas tapi lebih menyasar semua kalangan.

Seiring dengan meningkatnya permintaan gas elpiji beberapa kalangan mulai melirik potensi bisnis gas elpiji 3kg dan 12 kg. Para agen gas elpiji pun begitu mudah kita jumpai di berbagai daerah. Bahkan, hingga ke pelosok-pelosok. Kondisi ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai potensi bisnis bagi para pelaku usaha. Caranya pun terbilang cukup mudah, bahkan anda dapat memulai bisnis tersebut dari bisnis dengan kartu kredit. Sebagai agen anda cukup memasok gas elpiji ke warung-warung, rumah, pedagang atau pun kalangan lainnya. Kebutuhan masyarakat akan gas elpiji bersifat dinamis. Oleh karena itu, jika anda melakukanya dengan benar, permintaan akan gas elpiji akan terus menerus ada.

Namun perlu diketahui, sebelum anda memutuskan untuk turut meramaikan bisnis yang cocok untuk anak muda ini, sebaiknya ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Lantas, apa saja hal tersebut? Pertama, lakukan lah research pasar terlebih dahulu, pastikan daerah yang nantinya akan anda jadikan tempat usaha merupakan lokasi yang potensial dan memiliki akses keluar masuk yang mudah. Jangan sekali kali memilih lokasi usaha yang sepi atau jauh dari keramaian, karena hal tersebut nantinya akan menyulitkan anda untuk mendistribusikan gas elpiji 3kg.

Untuk kelancaran usaha gas elpiji anda, pastikan anda sudah memiliki badan usaha seperti CV atau PT. Ada juga dokumen perizinan lain yang harus anda lengkapi seperti kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Usaha Perdagangan) SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dan izin gangguan (HO). Lalu bagaimana jika belum memiliki surat-surat tersebut? jangan khawatir, anda masih bisa memulai bisnis tersebut dengan meminta surat izin usaha sementara dari ketua RT setempat. Selanjutnya, siapkan juga kendaraan yang mampu mengakomodir pengangkutan gas elpiji 3kg atau pun 12 kg ke tempat tempat tertentu. Idealnya, anda harus memiliki sebuah mobil pick up atau dapat memanfaatkan bisnis rental mobil sebagai alat untuk bisnis elpiji tersebut.

Nah, setelah semua unsur perizinan dan infrastruktur terpenuhi, lakulanlah beberapa strategi marketing dan networking. Promosi bisnis atau pun marketing sangatlah dibutuhkan untuk mempromosikan bisnis anda agar diketahui oleh orang banyak. Ada beragam metode marketing, mulai dari yang gratis seperti door to door hingga versi berbayar seperti iklan. Sementara networking perlu anda lakukan untuk memperlebar jaringan sesama agen gas elpiji. Tujuannya, yakni untuk mengekstrak informasi seputar gas elpiji. Bisa jadi, networking yang anda miliki dapat memperlebar pasar gas elpiji anda.

Baca juga Bisnis Rumahan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Jalanilah bisnis tersebut dengan ulet dan konsisten, karena tanpa konistensi yang baik anda akan mudah berpaling dan bisnis tidak akan berlangsung lama. Tidak mudah menyerah merupakan sebuah prinsip fundamental yang harus dipegang teguh oleh para pebisnis start up.