Alternatif Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Amerika

Amerika Serikat (AS) memang dikenal dunia memiliki segudang universitas terbaik di dunia. Tak heran jika banyak education-hunger yang rela mencari beasiswa untuk berkuliah di negara paman Sam tersebut. Namun mencari beasiswa bukanlah perkara yang mudah, terlebih lagi kalian harus berkompetisi dengan jutaan pemburu beasiswa yang ada di seluruh dunia. Salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah di AS adalah dengan memiliki tekad yang kuat untuk masuk dalam persaingan edukasi yang sehat. Belum lagi biaya kuliah dan hidup yang cukup mahal di AS membuat banyak pemburu beasiswa takut untuk merantau ke sana. Pada tahun ajaran 2014/2015 saja, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk berkuliah di AS per tahunnya bisa mencapai Rp 563 juta.

Hal tersebut membuat para mahasiswa terpaksa harus mencari strategi untuk bertahan hidup di sana yang di antaranya adalah dengan mencari pekerjaan tambahan dan mengikuti program “Community College”.

Community College

Terlebih jika kalian tidak berasal dari keluarga konglomerat, kalian harus betul-betul memiliki perencanaan yang matang untuk berkuliah di AS. Namun jangan bersedih jika dana yang dimiliki terbatas, sebab ada community college yang memungkinkan kalian untuk menempuh beberapa mata kuliah pengantar atau umum sebelum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi idamanmu.

Hampir sama seperti di Indonesia, Amerika Serikat juga menerapkan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) yang bisa dicicil dengan menempuh pendidikan di Community College. Sebagai contoh, umumnya untuk program Bachelor Degree kalian harus menempuh sebanyak 120 – 128 SKS. Nah, Community College akan membantumu untuk mencicil sebanyak kurang lebih 60 SKS agar beban SKS di perguruan tinggi nanti berkurang.

Bayangkan saja, jika kamu pergi langsung menempuh perguruan tinggi California untuk mengambil sebanyak 24 SKS kamu membutuhkan biaya sebesar US$ 16.500, sementara jika kamu menempuh pendidikan di Community College kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar US$ 6.000 saja.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah dengan mencari dana bantuan

Kalian pasti pernah mendengar nama-nama Universitas seperti Universitas Harvard, Universitas Yale atau Institut Teknologi Massachusetts (MTI). Universitas-universitas tersebut memang dikenal sebagai salah satu universitas yang mematok harga tinggi untuk pendidikan, namun di sisi lain universitas-universitas tersebut juga memiliki program bantuan untuk mereka yang mengalami kesulitan finansial.

Baca juga: Biaya Kuliah Beberapa Negara Paling Favorit di Dunia

Program bantuan ini ada yang berupa bantuan bagi mahasiswa berprestasi dan dana bantuan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Di MTI misalnya, sekitar 90% mahasiswa S-1 dan 86% mahasiswa S-2 mendapatkan program bantuan ini. Selain program bantuan dari perguruan tinggi terkait, kalian juga bisa mencari dana bantuan ke yayasan-yayasan pendidikan tertentu.

Cari Pekerjaan Tambahan

Beruntung jika kalian merupakan mahasiswa internasional di salah satu perguruan tinggi di AS, sebab umumnya mahasiswa internasional diizinkan untuk mengambil pekerjaan tambahan di kampus hingga 20 jam per minggu. Kalian dapat mencari informasi terkait lowongan pekerjaan yang tersedia melalui website resmi perguruan tinggi tempat kalian berkuliah di AS.

Banyak pilihan pekerjaan yang bisa kalian tempuh untuk mendapatkan uang tambahan sebagai penunjang biaya hidup di AS. Salah satunya adalah bekerja di perpustakaan, menjadi pusat informasi atau staff laboratorium. Bahkan di tahun kedua, kalian juga memiliki kesempatan untuk menjadi panitia masa orientasi mahasiswa baru.

Dengan memiliki pekerjaan tambahan, kalian tidak hanya mendapatkan uang tambahan namun juga dapat menambah wawasan dan pertemanan. Jika cara mendapatkan beasiswa kuliah di AS tidak berhasil untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan hidup kalian di sana, maka cara-cara di atas patut untuk dicoba. Semoga berhasil!