5 Hal yang Wajib Kamu Tahu dari Pendaftaran Universitas Terbuka

Universitas Terbuka adalah salah satu alternatif bagi para lulusan SMA dan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saat hendak melakukan pendaftaran Universitas Terbuka mungkin banyak para calon mahasiswa yang agak sedikit bingung. Hal ini mungkin disebabkan karena keitdaktahuan mereka atau kurangnya informasi mengenai Universitas Terbuka Lalu, apa sebenarnya Universitas Terbuka dan bagaimana proses pendaftaran Universitas Terbuka? Simak uraiannya di bawah ini:

Fakultas dan program studi di Universitas Terbuka
Universitas Terbuka atau UT setidaknya memiliki empat fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Selain itu ada juga satu program Pascasarjana. Di tahun 2016 ini UT mengadakan setidaknya 35 program studi yang mana terdiri dari 27 program sarjana, 3 untuk program diploma dan 5 untuk program magister.

UT juga memiliki sistem SIPAS. Ini adalah sistem paket untuk mata kuliah yang mana dirancang sebagai cara untuk membantu mahasiswanya dalam menentukan mata kuliah saat mereka melakukan proses registrasi dan sudah terintegrasi dengan bahan untuk pembelajaran. Selain itu, ada juga program non-SIPAS yang merupakan sistem dalam pengambilan mata kuliah secara satuan tanpa harus mengikuti aturan dan juga pemaketan mata kuliah dan juga tidak terintegrasi dalam melakukan proses belajar. Untuk memperoleh sistem belajar dengan program non SIPAS, biasanya akan dilakukan proses mandiri dengan membelinya secara online.

Proses registrasi pendaftaran Universitas Terbuka
Universitas Terbuka setidaknya memberlakukan dua jenis atau dua cara untuk melakukan registrasi:
• Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Terbuka pertama merupakan proses pencatatan untuk data pribadi calon dari mahasiswa serta beberapa program mata kuliah yang diambil untuk semester pertama. Proses pencatatan data pribadi ini hanya bisa dilakukan satu kali selama Anda menjadi mahasiswa Universitas Terbuka.
• Selanjutnya mahasiswa harus melakukan registrasi mata kuliah yang akan mereka ambil pada setiap semester.

Waktu registrasi pendaftaran Universitas Terbuka
Pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi mata kuliah bisa dilakukan setiap semester yang disesuaikan dengan kalender akademik yang sudah ditentukan. Kalender ini bisa Anda lihat melalui website resmi UT atau bisa juga diperoleh dari kantor- kantor tata usaha Universitas Terbuka. Mahasiswa juga dianjurkan untuk melakukan registrasi dan memiliki bahan ajaran selama masa kuliah dan registrasi sehingga Anda memiliki waktu cukup untuk belajar. Selain itu, mahasiswa juga bisa melakukan registrasi beberapa mata kuliah dan membayar mata kuliah. Batas pembayaran kuliah juga sudah tercantum dalam kalender akademik yang sudah ditetapkan. Sangat disarankan bahwa mahasiswa melakukan registrasi pada awal pembukaan atau jauh sebelum batas waktu registrasi untuk menghindari kelas yang penuh.

Baca juga: Tips Sukses Pendaftaran Jalur Mandiri di PTN Idamanmu!

Tempat pendaftaran Universitas Terbuka
Untuk melakukan pendaftaran dan registrasi Anda bisa langsung datang ke Universitas Terbuka atau bisa juga melakukannya secara online. Anda bisa mengisi formulir yang sudah di sediakan dari pihak kantor penerimaan mahasiswa baru Universitas Terbuka atau bisa juga mengisi dari halaman website Universitas Terbuka. Mahasiswa yang berasal dari luar negeri bisa melakukan pendaftaran melakukan layanan luar negeri. Untuk mereka yang berasal dari Singapura dan Malaysia, mereka bisa melakukannya di Kantor Universitas Terbuka yang ada di Batam.

Layanan dari pendaftaran Universitas Terbuka
• Registrasi Langsung: Anda bisa datang langsung ke Universitas Terbuka setempat dan membawa semua berkas dan persyaratannya
• Registrasi Online: Anda bisa melakukan pendaftaran secara online. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, Anda bisa melihatnya dihalaman website Universitas Terbuka.
• Registrasi Keliling: Anda bisa melakukan pendaftaran Universitas Terbuka di beberapa tempat yang sudah tersedia.

Itulah informasi seputar Universitas Terbuka dan proses pendaftaran Universitas Terbuka. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang berminat melanjutkan pendidikan ke Universitas Terbuka.