4 Jenis Usaha Rumahan yang Menjanjikan di Desa

Desa merupakan unit terkecil dari sebuah kumpulan masyarakat sehingga banyak orang yang berangapan bahwa tinggal di desa itu kuno jauh dari kata modern seperti di kota. Ungkapan tersebut tidak sepenuhnya salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Tinggal di desa sekalipun masih bisa maju dan berkembang dengan menjalankan jenis usaha rumahan yang menguntungkan.

Usaha rumahan merupakan bisnis dengan skala rumah tangga yang proses produksinya tidak jauh dari lingkungan tempat tinggal dengan skala produksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan pabrik. Usaha rumahan memiliki keunggulan tersendiri seperti tidak perlu modal yang besar, bisa dijadikan sebagai pekerjaan tambahan dan bisa dilakukan orang para ibu rumah tangga setelah selesai mengurus rumah. Lalu, apa saja jenis usaha rumahan yang bisa berkembang di desa? Berikut uraiannya untuk Anda:

Makanan atau kuliner

Usaha rumahan selalu menghadirkan inovasi baru dalam dunia kuliner atau makanan, contohnya keripik kulit pisang, cup cake sayur, asinnan cabai, jelly lidah buaya dan masih banyak lagi. Semua produk tersebut hasil dari usaha rumahan yang telah diberi bumbu kreativitas. Untuk memajukan usaha kuliner, terdapat program pemerintah yang memberikan bantuan operasional dalam pengadaan Usaha Kecil Menengah atau UKM dan telah banyak membantu masyarakat khususnya masyarakat desa dalam mengembangkan potensi daerah yang dimiliki. Dengan adanya UKM, ibu-ibu rumah tangga memiliki keahlian untuk memulai sebuah usaha.

Kerajinan

Kerajinan tangan selalu jadi incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang tengah berlibur untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Membuat kerajinan tangan umumnya dilakukan oleh masyarakat desa karena jarang ada masyarakat kota yang mau membuat kerajinan tangan lalu dijual. Hal tersebut juga didukung oleh kebijakan pemerintah yang terkadang menjadikan sebuah daerah menjadi penghasil kerajinan seperti desa wisata penghasil kerajinan dari bambu, desa wisata batik, desa wisata kerajinan tenun dll. Produk dari kerajinan masyarakat desa ini sudah terkenal sampai ke luar negeri.

Fashion

Anak muda juga tidak boleh kalah. Kebanyakan anak muda lebih memilih jenis usaha rumahan di bidang fashion yang sesuai dengan minatnya. Memang dunia fashion sangat erat kaitannya dengan anak muda sehingga tidak salah bila kita melihat trend fashion saat ini lebih di tujukan untuk anak muda. Di desa pun anak mudanya tidak mau kalah, ada usaha konveksi rumahan yang menyediakan jasa pembuatan baju handmade hasil cipta karya dan karsa dari tangan desainernya. Banyak tempat pelatihan kerja atau tempat kursus yang bisa diikuti untuk mengasah kemampuan. Bnayak anak lulusan sekolah pertama dan sekolah atas yang setelah lulus beralih profesi menjadi penjahit.

Budidaya

Di desa lahannya masih sangat luas dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat usaha. Ada banyak jenis usaha rumahan di bidang budidaya yang bisa dikembangkan di desa seperti budidaya ikan lele, ikan nila, gurame dan ternak hewan. Bila ingin usaha yang terkait dengan alam, Anda bisa mendirikan usaha budidaya tanaman atau bertani. Kecenderungan anak muda yang menginginkan kemudahan membuat mereka tidak ingin menjadi petani padahal petani adalah salah satu pekerjaan produktif yang menjanjikan. Kita Negara degan makanan pokok nasi tapi malah mengimpor beras dari luar negeri padahal ada banyak lahan yang bisa dimanfaatkan di desa.

Jenis usaha rumahan yang menjanjikan di desa tidak kalah dengan jenis usaha lain yang dilakukan di kota,. Dimana pun tempatnya ketika sebuah usaha dilakukan dengan kerja keras akan mendatangkan hasil yang baik. Usaha rumahan yang ada di desa perlu didukung dengan terbukanya pasar untuk menyalurkan hasil produksinya. Jangan takut untuk memulai sebuah usaha di desa karena prospek usaha di desa tidak kalah dengan di kota.