Simak 4 Hal Penting Sebelum Pinjam Dana Tanpa Jaminan

Pinjam tanpa jaminan bisa jadi solusi yang tepat bagi Anda yang sedang bergelut dengan permasalahan finansial. Ada beberapa lembaga kredit yang menyediakan dana instan untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya mulai dari keperluan sekolah anak, biaya renovasi rumah sampai modal usaha. Salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

KTA menawarkan beberapa kelebihan yang memungkinkan nasabah dapat memperoleh dana tunai tanpa harus memberikan sertifikat rumah, BPKB atau benda berharga lainnya sebagai jaminan. Itulah sebabnya kenapa sistem ini dikenal dengan pinjam tanpa jaminan. Prosesnya pun relatif mudah dan cepat tentunya.

Kredit tanpa agunan sangat membantu sekali terutama saat dana didalam tabungan sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Meskipun demikian, bukan berarti hal ini membuat Anda dengan mudahnya mengajukan kredit tanpa agunan setiap kali sedang membutuhkan dana. Hal ini mengingat sistem pinjam ini juga tidak luput dari beberapa kekurangan. Oleh karena itu sangat penting untuk memikirkannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil KTA. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengajukan pinjaman tanpa jaminan:

• Pilih lembaga pemberi kredit paling terpercaya
Bank menjadi tempat yang paling sering dikunjungi untuk melakukan pinjam tanpa jaminan. Hal ini tidak terlepas dari tingginya tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga tersebut ditengah semakin banyaknya pihak-pihak yang juga menyediakan layanan pinjaman tanpa agunan. Secara umum bank memiliki dasar hukum jelas yang mengatur mengenai tata cara peminjaman termasuk kaitannya dengan besaanr bunga dan prosedur cicilan, yang berbeda dengan rentenir.

• Pilihlah bank yang memiliki fasilitas terbaik
Seperti yang diketahui bahwa hampir setiap bank memiliki produk perbankan yang satu ini, dimana masing-masing memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu disarankan untuk lebih selektif dalam memilih lembaga kredit tersebut. Bandingkan fasilitas yang terdapat pada satu bank dengan bank lainnya dan pilihlah bank yang memiliki fasilitas terbaik.

• Pelajari ketentuan dan persyaratan yang harus Anda penuhi
Secara umum bank akan menyediakan beberapa persyarakat tertentu yang harus dipenuhi oleh calon nasabah agar permohonan kredit dapat dikabulkan. Berbeda dengan pinjaman yang menggunakan agunan, pinjam tanpa jaminan relatif lebih mudah dan cepat untuk dicairkan jika pihak debitur telah mengisi data-datanya yang diperlukan secara benar dalam formulir dan menyerahkan dokumen persyaratan lengkap. Oleh karena itu pastikan nomor kontak Anda selalu aktif. Pasalnya petugas bank akan menghubungi Anda sewaktu-waktu untuk mengkomunikasikan mengenai perkembangan permohonan kredit yang Anda ajukan.

Baca juga: KTA Bunga Rendah; Solusi Tepat Modal Usahamu

Selain tata cara peminjaman, pihak bank juga menyediakan berbagai aturan dalam pelunasan kredit. Untuk menghindari munculnya masalah atau kerugian dikemudian hari, maka disarankan untuk lebih teliti dan pelajari berbagai ketentuan yang biasanya tertulis dalam kontrak. Jika ada beberapa poin yang tidak Anda mengerti atau belum jelas, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bank.

• Tidak memiliki riwayat kredit yang bermasalah
Jika Anda memiliki riwayat kredit yang bermasalah maka hal ini bisa menjadi batu sandungan dalam mengajukan pinjam tanpa jaminan. Pada saat ini bank dapat dengan mudah mendapatkan data-data kredit calon nasabah di bank dan apabila diketahui bahwa orang tersebut memilki masalah dalam melunasi cicilannya maka permohonan kredit mungkin akan sulit dikabulkan. Pasalnya pihak Bank akan menganggap bahwa pinjaman tersebut kemungkinan juga akan menimbulkan masalah.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan kredit tanpa agunan. Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa Anda meminjam sejumlah dana sesuai dengan pendapatan Anda karena hal tersebut juga bisa menjadi pertimbangan pihak bank untuk mengabulkan pinjaman Anda.