3 Cara Jitu Mencari Modal Tanpa Jaminan

Hidup di era modern seperti saat ini, kita harus cerdas dalam segala hal termasuk dalam mencari modal tanpa jaminan. Dana pinjaman yang bisa kita peroleh nantinya dapat digunakan sebagai tambahan modal dalam menjalankan usaha tertentu, membantu kita dalam menghadapi kondisi krisis keuangan, dan lain sebagainya.Ada banyak cara bisa kita tempuh untuk dapat mendirikan usaha sesuai dengan kemampuan keuangan kita masing-masing, namun akan terdapat nilai plus apabila kita dapat menjalankan bisnis dengan modal yang optimal, bukan? Lalu, bagaimana cara memperoleh modal usaha dengan aman? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan modal usaha:

Sistem Bagi Modal dengan Mitra Usaha

Anda bisa memulai suatu usaha dengan menjalin kerjasama dengan mitra usaha. Dengan cara ini usaha yang Anda bangun bisa lebih berkembang dengan optimal. Adapun keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan cara ini yaitu Anda bisa mendapatkan bantuan maupun sokongan dana dari mitra sehingga beban modal dalam mengawali serta menjalankan usaha menjadi lebih mudah dan juga ringan. Namun yang perlu Anda lakukan tentu saja haruslah mencari mitra yang sekiranya terpercaya, dan memiliki visi misi yang sesuai dengan visi misi Anda. Jika tidak, maka modal untuk usaha Anda bisa berakhir dengan sia-sia karena adanya perbedaan tujuan. Lagipula, sekarang sudah banyak bisnis yang berkembang dengan sistem bagi hasil yang tentunya harus membagi modal sama rata pula. Jangan lupa untuk terus menjalin kerjasama secara baik dengan partner/mitra usaha Anda agar aliran dana tetap dapat Anda dapatkan dengan lancar.

Melakukan Penjualan Aset

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjual aset-aset berharga yang Anda miliki. Tentu sadar atau tidak sadar, pasti Anda memiliki hal yang satu ini. Barang berharga seperti perhiasan hingga barang-barang branded maupun aset seperti kendaraan yang Anda miliki bisa Anda uangkan untuk mendapatkan modal yang sekiranya diperlukan untuk mencukupi keuangan Anda dalam menjalankan suatu usaha. Kendaraan yang bisa Anda jadikan aset ini seperti mobil, motor, kendaraan versi lama, serta lainnya. Bahkan jika Anda merasa semua itu masih kurang, Anda bisa mejual aset yang lebih mahal seperti tanah hingga rumah, maupun menyewakan tempat tinggal Anda, semua tergantung dari pilihan Anda sendiri.

Baca juga: 3 Cara Super Cepat Dapatkan Dana Pinjaman Usaha

Meminjam dari Keluarga Terdekat

Cara ini bisa Anda lakukan dengan meminjam secara langsung kepada keluarga Anda dengan menjelaskan secara langsung rencana Anda yang menginginkan untuk membuka suatu usaha dan katakanlah pula kebutuhan modal yang Anda perkirakan. Dengan cara ini keluarga tentu akan mendukung dan berupaya memberikan bantuan berupa dana kepada Anda. Meskipun begitu, Anda tidak boleh memaksakan keinginan Anda untuk meminjam modal senilai sekian rupiah kepada mereka, karena saat meminjam kepada angota keluarga yang menjadi dasar utamanya adalah kepercayaan antara sang peminjam dengan yang memberi pinjaman. Namun setidaknya Anda tidak perlu khawatir tentang pembayaran bunga karena pihak keluarga tentu tidak akan menuntut adanya bunga dari Anda. Hal ini dianggap cukup menghemat pengeluaran Anda dibandingkan saat harus meminjam di bank atau lembaga keuangan lainnya.

Itulah 3 cara mencari modal tanpa jaminan dengan aman. Dengan menerapkan salah satu dari 3 cara tersebut diharapkan usaha yang Anda rintis dapat berkembang dengan optimal tanpa kendala masalah permodalan. Mudah-mudahan Anda dapat mengambil manfaat dari uraian di atas.