pinjaman uang makassar

Uang merupakan hal yang sangat krusial dalam kehidupan semua orang. Tanpa uang, sulit untuk kita mendapatkan berbagai kebutuhan kita, bahkan kebutuhan dasar sekalipun, seperti sandang dan pangan membutuhkan uang untuk membelinya. Baik di ibu kota seperti Jakarta, maupun di Makassar, semua orang membutuhkan uang. Apabila kebutuhan semakin banyak sementara penghasilan tidak meningkat, maka yang bisa dilakukan adalah dengan meminjam uang.

Lembaga pinjaman uang Makassar ada banyak. Namun sebenrnanya tidak harus di lembaga pinjaman uang, kita bisa juga meminjam pinjaman uang ke selain lembaga. Banyak ditemukan keyword pencarian pinjaman uang Makassar. Untuk itu, pada artikel ini akan di bahas mengenai beberapa tempat yang bisa dipinjami uang.

Tempat Pinjaman Uang di Makassar

1. Teman

pinjaman uang makassar diteman

Teman menjadi salah satu pilihan alternatif, apabila kita ingin meminjam uang. Biasanya teman akan lebih fleksibel saat meminjamkan uang. Umumnya tidak mematok kapan uang yang kita pinjami harus dikembalikan. Selain itu, mereka juga akan lebih memhami kondisi dan posisi kita, sehingga lebih nyaman. Selain itu, mereka juga dapat menjaga rahasia misalnya terkait kenapa kita meminjam uang dll. Sehingga lebih nyaman meminjam kepada teman ataupun saudara. Baca juga: Pinjaman Uang Magelang

2. Bank

pinjaman uang makassar dibank

Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki kewenangan dalam meminjamkan uang, menerima simpanan dan menerbitkan promes. Saat ini, bank merupakan tempat yang cukup aman, baik untuk melakukan penyimpanan uang, maupun untuk meminjam uang dll. Memiliki bunga yang rendah: Peraturan bank sudah diatur oleh undang-undang sehingga lebih legal dan konsisten. Selain itu, bunga yang ditentukan biasanya tidak akan terlalu tinggi.

Namun, anda perlu memerhatikan hal-hal berikut ini, jika ingin meminjam di Bank.

  • Pinjam sesuai kebutuhan: Artinya, jangan meminjam diluar dari yang kita butuhkan. Jangan mudah tergiur untuk meminjam uang dalam jumlah besar. Nantinya kita yang akan kewalahan untuk mengembalikan uang pinjaman kita, dan akhirnya menyesal. Justru nantinya, bisa jadi kebutuhan yang bisa terbeli, malah tak terbeli karena untuk melunasi hutang. Dan kahirnya anda terlilit hutang lain.
  • Bunga Rasional: Saat memilih suatu bank, jangan sampai lupa untuk mengecek besaran bunga yang nantinya harus dibayar. Tentunya anda tidak ingin nantinya bunganya bertambah besar dan tidak sesuai perhitungan sebelumnya.
  • Pikir matang-matang terlebih dahulu: Pikirkan terlebih dahulu sebelum meminjam uang, terutama jaminan yang akan diserahkan kepada bank. Pikirkan akibatnya apabila anda tidak sanggup membayar.

Beberapa persyaratan yang harus diajukan, jika akan meminjam di Bank:

  • Fotokopi KTP/SIM/Pasport. Jika tempat tinggal kita saat ini tidak sesuai dengan apa yang tertulis di dalam kartu identitas, maka kita harus membawa surat keterangan dari kelurahan. Hal ini berlaku juga jika kita sudah memiliki pasangan, maka kita harus membawa fotokopi kartu identitas dari pasangan kita.
  • Fotokopi kartu keluarga (KK). Hal ini untuk mengetahui seberapa banyak jumlah tanggungan yang kita miliki, berapa jumlah orang yang perlu kita hidupi.
  • Fotokopi surat nikah. Hal ini diperlukan untuk mengetahui harta bersama kita. Apabila harta sudah menjadi milik bersama, dibutuhkan persetujuan pasangan. Sementara jika harta milik terpisah, harus dibuktikan dengan surat perjanjian pisah harta.
  • Fotokopi slip gaji, jika bekerja pada perusahaan atau lembaga. Hal ini sangat  diperlukan untuk mengetahui bahwa kita memang memiliki penghasilan yang dapat digunakan untuk membayar hutang, seperti jaminan juga bahwa kita mampu membayar hutang.
  • Fotokopi buku tabungan. Hal ini memastikan ada saluran dana lain yang dapat digunakan untuk membayar hutang, apabila tiba-tiba anda kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki uang untuk membayar hutang. Kita bisa memakai tabungan untuk membayar. Fotokopian tabungan yang diminta biasanya fotokpoian tabungan tiga bulan terakhir.

Sebaiknya berhati-hati sebelum meminjam dan pikirkan baik-baik. Sekian artikel mengenai tempat pinjaman uang di makassar yang bisa anda datangi.

Please follow and like us:
20