Pinjam Uang 5 Juta

Mencari pinjaman untuk menutupi berbagai kebutuhan adalah pilihan yang paling diminati masyarakat di tengah kondisi perekonomian yang tidak stabil ini. Tetapi kemudian menjadi persoalan karena tidak punya kartu kredit ataupun jaminan untuk mengajukan ke bank. Lalu, bagaimana pinjam uang 5 juta untuk kebutuhan bisa diperoleh? Tapi jangan khawatir. Tentu saja Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa harus menyertakan jaminan dan kartu kredit. Saat ini sudah banyak bank yang memberikan opsi pinjaman sesuai kemampuan nasabah. Selain dengan bank, masih ada pula lembaga keuangan non-bank yang memberi penawaran serupa. Biasanya penawaran tersebut adalah pinjaman jangka pendek dengan jumlah pinjaman antara 3 juta sampai 5 juta rupiah.

Biar bagaimanapun, yang namanya pinjam uang 5 juta itu bukan jumlah yang sedikit. Maka tetap ada syarat-syarat yang harus Anda penuhi sebagai pemohon. Syarat tersebut tentunya bukan untuk mempersulit calon nasabah, melainkan untuk memastikan bahwa Anda akan melakukan kewajiban Anda untuk membayar angsuran hingga lunas, sehingga tak kan ada masalah finansial akibat pembayaran yang macet.

Slip gaji dan kartu identitas Anda di sini diperlukan untuk kelengkapan administrasi. Keputusan akan diterima atau ditolaknya permohonan Anda akan diberikan setelah pihak keuangan melakukan verifikasi data, maksimal 30 hari. Beberapa prosedur dan kelengkapan syarat di sini harus Anda penuhi, agar permohonan pinjam uang 5 juta dapat disetujui. Yaitu:

syarat pinjam uang 5 juta

Mendapatkan Pinjam Uang 5 Juta Tetap Harus Melalui Syarat dan Prosedur

  • Anda harus termasuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Tentu saja, syarat untuk mengajukan pinjaman pada bank pemerintah maupun swasta Indonesia, Anda harus WNI dan menetap di Indonesia.

  • Batas usia 21 tahun sampai 60 tahun.

Meskipun beberapa lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman ada yang memberi kelonggaran hingga batas minimal 18 tahun, sebaiknya Anda tidak terburu-buru mengajukan pinjaman. Kenapa harus menunggu 21 tahun dulu? Tentunya hal ini berkaitan erat dengan pola pikir seseorang yang lebih matang dan bijaksana menanggapi tanggungjawabnya perihal hutang. Selain itu, Anda akan lebih memahami prosedur dan persyaratan dalam hal pengajuan pinjaman.

Batas penghasilan per bulan. Apabila penghasilan perbulan Anda di atas Upah Minimum Regional (UMR), kemungkinan besar pengajuan Anda akan disetujui. Sebaliknya, jika di bawah UMR, biasanya akan sulit disetujui. Dengan pertimbangan, untuk sehari-hari saja kurang, bagaimana untuk melunasi pinjaman?

Pahami Prosedur yang Berlaku

Pinjaman berupa KTA dan tanpa kartu kredit, di mana Anda dimungkinkan untuk pinjam uang 5 juta ini bermanfaat bagi Anda untuk menutupi kekurangan biaya kebutuhan. Tapi itu tentunya harus Anda gunakan dengan bijaksana. Pinjaman dengan syarat semudah itu, ditambah syarat slip gaji yang biasanya menuntut incom di atas UMR, biasanya menunjukkan konsekuensi bunga yang tidak kecil.

Misalnya saja peminjaman Rp 5 juta, berlaku untuk jangka waktu 30 hari. Bunga yang dikenakan adala 1% per hari. Maka perhitungan bunganya saja adalah sebagai berikut:

5 juta x 1% x 30 = 1 juta 500 ribu rupiah! Jadi, lebih baik pergunakan dana untuk keperluan yang benar-benar urgent atau untuk usaha yang benar-benar menghasilkan. Bukan untuk keperluan bersenang-senang.

Cara Mengajukan Pinjaman

Biasanya, jika meminjam uang di bank maka kita akan datang ke kantor bank tersebut. Tapi sekarang sudah banyak juga lembaga keuangan non-bank yang melayani peminjaman uang. Untuk peminjaman via online, berikut ini caranya:

  • Kunjungi website keuangan tersebut.
  • Pilih jumlah pinjaman yang Anda inginkan, lalu klik “ajukan pinjaman”.
  • Sesudah di-approve, Anda akan dihubungi per telepon atau email untuk kelengkapan dokumen
  • Anda akan dikirimi contoh surat perjanjian melalui email untuk dipelajari. Lalu Anda akan dikirimi surat perjanjian yang asli via pos untuk Anda tandatangani
  • Sesudah pihak keuangan memeriksa data Anda dan menerima surat yang telah Anda tandatangani, uang akan ditransfer ke rekening Anda.
  • Pihak keuangan penyedia pinjaman online akhirnya akan mengirimkan jadwal jatuh tempo angsuran peminjam.