pinjaman uang magelang

Seiring berjalannya kehidupan, kadang ada saja kebutuhan uang. Kadang kala, kebutuhan tersebut mendesak, bahkan di saat kita tidak memiliki uang. Sehingga, akhirnya kita mencari jalan pintas dengan meminjam uang. Baik di kota besar, maupun di kota kecil, lembaga peminjaman uang selalu ada. Termasuk juga pinjaman uang Magelang. Pada kota yang dekat dengan Jogja tersebut juga terdapat beberapa lembaga pinjaman uang. Pinjaman uang Magelang juga menjadi kata kunci yang banyak di cari, oleh karena itu, pada artikel ini akan diberitahukan beberapa lembaga yang dapat menjadi tempat menghutang, termasuk di Magelang.

Tempat Pinjaman Uang Magelang

1. Bank

bank sumber pinjaman uang magelang

Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki kewenangan dalam meminjamkan uang, menerima simpanan dan menerbitkan promes. Saat ini, bank merupakan tempat yang cukup aman, baik untuk melakukan penyimpanan uang, maupun untuk meminjam uang dll. Bank memiliki peraaturan yang sesuai dan sudah disepakati di awal peminjaman, sehingga tidak akan merugikan peminjam. Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya, jika meminjam di bank. Baca juga: Pinjaman Uang Depok

  • Memiliki bunga yang rendah: Peraturan bank sudah diatur oleh undang-undang sehingga lebih legal dan konsisten. Selain itu, bunga yang ditentukan biasanya tidak akan terlalu tinggi.
  • Aman: Jika kita meminjam pada rentenir atau perseorangan dikhawatirkan akan terjadi penyelewengan oleh pihak yang kita pinjami, misalnya dengan bunga yang tidak sesuai kesepakatan awal. Namun, jika di bank hal itu tidak akan terjadi. Selain itu, data-data yang sudah kita berikan, misalnya sertifikat tanah dll, juga tidak akan disalahgunakan.
  • Banyak pillihan: Terdapat banyak pilihan angsuran yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita.

Ada beberapa persyaratan yang harus diajukan, jika akan meminjam di Bank:

  • Fotokopi KTP/SIM/Pasport. Apabila keterangan tempat tinggal kita saat ini tidak sesuai dengan yang tertulis di dalam kartu identitas, maka kita harus membawa surat keterangan dari kelurahan. Hal ini juga berlaku jika kita sudah memiliki pasangan, maka kita harus membawa fotokopi kartu identitas dari pasangan kita.
  • Fotokopi kartu keluarga. Hal ini untuk mengetahui seberapa banyak jumalh tanggungan anda.
  • Fotokopi akte nikah. Hal ini diperlukan untuk mengetahui harta bersama. Apabila harta sudah menjadi milik bersama, maka dibutuhkan persetujuan pasangan. Sementara jika terpisah, harus dibuktikan dengan surat perjanjian pisah harta.
  • Fotokopi slip gaji. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bahwa kita memang memiliki penghasilan yang dapat digunakan untuk mengangsur.
  • Fotokopi buku tabungan. Hal ini untuk memastikan ada saluran dana lain yang dapat digunakan, apabila tiba-tiba anda kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki uang untuk membayar hutang. Fotokopian tabungan yang diminta biasanya fotokpoian tabungan tiga bulan terkahir.

2. Koperasi

koperasi sumber pinjaman uang magelang

Koperasi adalah badan usaha yang memiliki anggota, yang memiliki kegiatan ekonomi berdasarkan prinsip kekeluargaan, dan asas saling gotong royong. Koperasi merupakan badan hukum yang memiliki landasan sebagai tulang punggung perekonomian rakyat. Landasan koperas juga berdasarkan dengan pancasila. Sehingga sangat sesuai dengan rakyat Indonesia.

Berikut ini syarat meminjam di koperasi:

  • Warga Negara Indonesia
  • Bergabug dan menjadi anggota aktif pada koperasi tersebut
  • Membayar simpanan pokok dan simpanan wajib yang sudah ditentukan oleh koperasi
  • Menaati peraturan di koperasi
  • Menyetujui anggaran rumah tangga, anggaran dasar pada koperasi
  • Mengisi formulir pinjaman
  • Fotokopi KTP/SIM/passport, termasuk juga fotokopi kartu identitas pasangan, apabila telah menikah
  • Fotokopi Kartu Keluarga, slip gaji dan agunan.

Kedua lembaga di atas merupakan lembaga yang paling aman dan sah untuk meminjam uang. Berhati-hatilah jika ingin meminjam uang. Jangan sampai terjerembab di lubang hutang. Semoga artikel tempat pinjaman uang magelang ini dapat membantu anda yang ingin meminjam uang.