Universitas Terbaik Indonesia

Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam berkembangnya atau majunya suatu negara karena pendidikan dapat membuat seseorang yang tidak mengerti apa-apa menjadi seseorang yang memiliki wawasan. Oleh sebab itu, Indonesia mulai gencar untuk membangun universitas dan pada akhirnya banyak Universitas Terbaik Indonesia yang mulai dikenal luas oleh masyarakat indonesia sendiri bahkan orang luar yang mulai menuntut ilmu di Indonesia karena banyaknya universitas yang memiliki predikat baik.

Banyak platform dalam maupun luar negeri yang memiliki pengukuran peringkat universitas di dunia dan tentunya di dalam itu Indonesia mengirimkan beberapa universitasnya dalam peringkat di dunia seperti dibawah ini.

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung atau yang biasa dikenal dengan nama ITB terletak di Kota Bandung. Institut yang satu ini selalu membuat alumninya memiliki daya saing yang cukup baik di dunia kerja. Karena, hal inilah membuat ITB menjadi salah satu Universitas yang paling banyak diinginkan oleh para lulusan SMA. seperti yang sudah diketahui untuk ujian saringan masuk Institut Teknologi Bandung ini cukup sulit dan bukan hal yang mudah tetapi peminatnya pun tetap sangat tinggi. Ya, salah satunya karena reputasi baik yang sudah tertanam di Institut satu ini membuat peminatnya tetap tinggi. Kepopuleran ITB pun sangat tinggi bahkan masuk dalam salah satu yang terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara.

  • Universitas Indonesia (UI)

Dari namanya mungkin sudah tak asing lagi. Dokter-Djawa School Batavia ini awalnya didirikan pada tahun 1849 yang akhirnya berubah nama pada tahun 1954 Menjadi Universitas Indonesia. Berlokasi di dua tempat yaitu Depok dan Salemba memiliki reputasi yang baik di segala program studi terutama program studi kedokteran. Para lulusannya pun selalu menjadi pilihan utama yang dicari oleh perusahaan di indonesia. Sama seperti ITB seleksi masuk Universitas Indonesia ini sangat ketat dan tentunya pun tidak murah. Walaupun disamping itu UI memiliki program beasiswa bagi kamu yang memiliki keahlian atau nilai yang bisa dipertanggung jawabkan pada saat kuliah nanti.

  • Universitas Gajah Mada (UGM)

Di beberapa website ranking universitas dunia, UGM ini menjadi universitas yang memiliki ranking paling baik dan paling tinggi di 2017. Universitas Gajah Mada memiliki kurang lebih 250 program studi yang dapat kamu pilih dan tentukan sesuai dengan minat kamu. UGM juga sekarang sudah memiliki total kurang lebih 56.000 mahasiswa baik itu dari jenjang Diploma, Sarjana ataupun Pasca Sarjana.

Sebagai salah satu universitas yang sudah dipandang dunia Universitas Gajah Mada juga memiliki banyak kelebihan salah satunya yaitu memiliki penelitian dalam berbagai macam studi yang membuat para mahasiswa bisa lebih mengetahui jelas mengenai prodinya. Dilain sisi, untuk sistem pembayaran uang kuliah di universitas ini juga bisa menggunakan UKT yaitu uang kuliah tunggal yang berfungsi pembayaran semesternya menyesuaikan dengan penghasilan dari orang tua.

  • Universitas Padjajaran (Unpad)

Didirikan pada 11 September 1957. Saat ini, Universitas Padjajaran memiliki status sebagai Perguruang Tinggi Negeri yang berbadan hukum. Untuk seleksi penerimaannya pada tahun 2017 ini pendaftarnya mencapai kurang lebih 95.000 orang. Bisa dikatakan sangat banyak bukan? Sementara universitas ini hanya dapat menerima 4020 calon mahasiswa baru. Jadi, dari segi pendaftaran mahasiswa baru ini yang sangat banyak menunjukan kualitas dan reputasi dari universitas padjajaran ini sudah cukup dikenal dan dipercaya para lulusan SMA sebagai salah satu Universitas Terbaik Indonesia.

Sebagai salah satu Universitas yang memiliki reputasi baik dari segi biaya pun Unpad memiliki program yang sama seperti 3 universitas sebelumnya yaitu program UKT atau uang kuliah tunggal yang mengandalkan penghasilan orang tua.

Itulah 4 Universitas Terbaik Indonesia yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memulai status baru sebagai mahasiswa. Tapi ingat, dimanapun kamu melanjutkan pendidikannya yang terpenting untuk tetap serius dalam menuntut ilmu dan malah kamu yang dapat membuat Universitas itu menjadi yang terbaik.

“everything will get easier when you make an effort”