Macam Macam Jurusan Kuliah

Siapapun yang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya harus memiliki tujuan, baik itu tujuan hidup ataupun tujuan pendidikan kedepannya. oleh sebab itu, agar mendapatkan hasil yang sesuai kamu harus menentukan pendidikan yang terbaik untuk kamu terutama dalam jenjang perguruan tinggi karena pada jenjang tersebut banyak mahasiswa yang merasa salah mengambil jurusan, nah mungkin macam-macam jurusan kuliah dibawah ini dapat menjadi referensi kamu agar dapat mencapai hasil yang maksimal dalam pendidikan kamu.

  • Teknik Industri

Jurusan ini merupakan suatu ilmu yang mempelajari proses dalam suatu industri, baik itu dari sisi teknik maupun sisi manajemen perindustriannya. Ilmu didalam teknik industri ini sebenarnya adalah tidak jauh berbeda seperti teknik mesin. Namun demikian, para mahasiswa juga tetap harus mempelajari ilmu lainnya seperti Fisika, Matematika, Fisiologi bahkan manajemen. Dari fokus yang ditujukan Teknik Industri ini lebih ke arah peningkatan, perancangan dan pemasangan sistem yang dapat terintegrasi dan tentunya membutuhkan peran manusia, peralatan, material dan energi. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang baik seperti Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Manufaktur dan Sales Engineer.

  • Teknik Informatika

Mungkin salah satu jurusan yang paling banyak diminati dan tentunya sangat banyak juga tersedia di setiap kampus. Jurusan yang mempelajari ilmu komputer, jaringan komputer, perangkat lunak dan tentunya implementasi di bidang bisnis usaha lainnya ini juga tidak hanya mempelajari teori, Teknik Informatika mewajibkan mahasiswanya juga mempraktekkan apa yang sudah dipahami. Dan salah satu yang terpenting dari jurusan ini adalah pemahaman logika dan matematikanya. Karena, mahasiswa jurusan ini lebih banyak menghabiskan waktunya dengan pemrograman yang berupa algoritma (logika dan matematika). Prospek dari jurusan ini diantaranya juga seperti, analis riset operasional, programmer komputer dan web developer.

  • Ilmu Kedokteran

Jurusan yang banyak diimpikan semua orang terutama kalian yang mungkin masa kecilnya memiliki cita-cita sebagai dokter. Jurusan kedokteran ini biasanya mempelajari segalanya yang berbau medis terutama mengenai penyakit dan tentunya cara penyembuhannya. Dua hal yang paling penting dalam ilmu kedokteran adalah bagaimana mempelajari cara mengobati dan mempertahankan kesehatan apabila seseorang sedang cedera, sakit ataupun sehat. Para mahasiswa jurusan ini juga harus menguasai ilmu biologi untuk dapat mengerti mengenai sistem tubuh manusia. Tidak hanya itu kamu juga harus bisa dan memiliki keberanian untuk jurusan ini agar dapat mempraktekan langsung pada pasiennya. Dengan jurusan ini kamu memiliki prospek kerja menjadi seorang dokter ataupun sejenisnya.

  • Ilmu Ekonomi

Jurusan ini salah satu yang paling penting tentunya disetiap perusahaan atau badan usaha memiliki seorang yang mengerti mengenai ilmu ini. Jurusan ini sangat banyak diminati selain macam macam jurusan kuliah diatas karena dari segi banyaknya kebutuhan yang diinginkan perusahaan membuat jurusan ini cukup banyak diminati oleh para lulusan untuk ditekuni. Jurusan ini cukup menjanjikan karena banyak pekerjaan yang membutuhkan ilmu ini dan tentunya lulusan ini seperti pekerjaan menjadi seorang akuntan, pengamat ekonomi dan sebagainya.

  • Teknik Sipil

Salah satu jurusan yang cukup banyak diminati dan tentunya pun banyak pesaingnya. Karena, untuk lulusan teknik sipil ini sangat banyak dan dari segi prospeknya pun sangat banyak tetapi kendalanya itu kembali kepada tingginya persaingan di jurusan ini. Untuk jurusan kuliah ini kamu juga memiliki prospek bekerja sebagai kontraktor.

  • Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan suatu ilmu yang mempelajari listrik atau kelistrikan yang memiliki sifat elektron didalamnya. Setiap harinya mahasiswa jurusan teknik elektro ini membuat dan mempelajari suatu aplikasi dengan pemanfaatan listrik serta teknologi yang saling berhubungan. Teknik elektro ini dari segi cakupannya sangat luas mulai dari sistem jaringan distribusi listrik dan sebagainya. Jenis dari teknik elektro ini juga sangat banyak seperti teknik listrik, teknik instrumentasi sampai teknik elektronika. Untuk prospek dari jurusan kuliah ini pun kamu bisa menjadi seorang yang ahli mekatronika, robotik ataupun sejenisnya.

Itulah macam-macam jurusan kuliah yang dapat kamu pilih dan tentukan agar mendapatkan jurusan yang sesuai dengan keinginan dan passion kamu ya. Ingat apapun jurusan kuliah yang kamu ambil harus semangat dan maksimal ya untuk kuliahnya.

"everything will get easier when you make an effort"