Pemutihan Pajak Kendaraan 2017

Pajak merupakan suatu kewajiban serta tanggung jawab kita sebagai warga negara yang baik dalam membantu kemajuan suatu negara, dengan membayar pajak artinya kamu sudah membantu agar tempat yang kamu tinggali bisa lebih berkembang dan lebih baik. Di tahun ini pemerintah kembali membuat Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 yang sudah mulai dilaksanakan di berbagai daerah, Jawa Timur menjadi pelopor daerah yang memulai pelaksanaan pajak kendaraan bermotor ini. Mereka sudah mulai melaksanakan pemutihan ini mulai dari 23 Oktober sampai dengan tanggal 28 Desember 2017. Nah, banyak pertanyaan mengenai apa sih Pemutih Pajak Kendaraan? Buat apa sih Pemutihan tersebut? Persyaratannya apa saja sih supaya bisa mengikuti pemutihan pajak kendaraan ini?

Informasi yang dihimpun langsung dari samsat surabaya untuk persyaratannya sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan persyaratan dalam membayar pajak kendaraan seperti biasanya yaitu, datang ke kantor samsat untuk perpanjangan STNK/ganti pelat. Apabila ingin mengganti nomor pelat kendaraan kamu harus membawa beberapa kelengkapan berupa dokumen asli dan juga fotokopi.

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)

  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

Sementara untuk pergantian nama atau yang biasa disebut balik nama kamu harus menyiapkan dokumen asli dan juga fotokopi dari dokumen yang sama persis dengan pergantian pelat kendaraan hanya untuk menambahkan kwitansi jual beli yang sudah ditempel materai Rp. 6.000,-.  

Sebelum memberikan berkas dan melakukan pembayaran, setiap kendaraan akan di cek terlebih dahulu dan dipastikan kondisinya bahwa kendaraan tersebut dalam kondisi baik. Sedangkan untuk proses pembayaran pajak ini juga dapat dilakukan dimana saja baik itu di samsat utama ataupun samsat cornet yang ada di mal-mal.

Dinas pendapatan jawa timur memastikan bahwa pemutihan pajak kendaraan 2017 ini akan dilaksanakan sesuai dengan rencana awal yaitu 23 Oktober sampai 28 Desember 2017 dan program yang digagas langsung dinas pendapatan jawa timur ini juga membuat program biaya balik nama gratis.

Perlu diingat pemutih pajak kendaraan ini sebelumnya sudah dilakukan di ibu kota jakarta pada pertengahan tahun 2017 yang membuat sejumlah kantor samsat di jakarta penuh sesak dipenuhi warga yang mencoba mengikuti program ini. Karena, banyaknya masyarakat yang mengikuti program ini membuat kantor samsat overload dan menyebabkan antrian panjang sehingga banyak masyarakat yang menunda nunda proses pemutihan ini dan membuat antrian yang lebih parah di hari terakhir pemutihan tersebut.

Nah disarankan bagi masyarakat jawa timur khususnya untuk melakukan program ini secepat mungkin untuk menghindari antrian di hari terakhir seperti yang sudah terjadi di jakarta.

Pada program pemutihan pajak kendaraan pemerintah provinsi jawa timur ini pembayaran wajib pajak tidak akan dikenakan denda 2 persen dari biaya pajak pokok kendaraan miliknya pada setiap bulan selama belum melakukan pembayaran pajak. Baiknya lagi pemilik kendaraan bisa menikmati program gratis biaya balik nama kendaraan seperti yang sudah disebutkan diatas sebelumnya.

Dengan konsistensi pemerintah memberikan program pemutihan pajak kendaraan 2017 ini akan membuat beberapa orang lebih peka dan mengerti pentingnya membayar pajak secara tepat waktu.

"everything will get easier when you make an effort"