#CeritaTeman Tetap Bugar meskipun Super Sibuk

Memiliki pengalaman yang matang pada bidang collection, Agus Sugianto adalah seorang pria yang handal membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan kebugaran. Dengan kesibukannya yang luar biasa, ia selalu menyempatkan diri menghabiskan waktu untuk berolahraga agar badannya tetap sehat dan bugar. Melalui wawancara eksklusifnya dengan redaksi Newsletter UangTeman, Agus berbagi tips agar tetap bugar meski sibuk bekerja.

Apa yang membuat Agus menyempatkan berolahraga meski sedang sibuk?

Saya terlahir dengan bakat kurus, susah bagi saya untuk menaikkan berat badan meskipun saya sudah makan banyak. Dulu berat saya hanya 45 kg, lalu saya rutin berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat hingga berat saya mencapai 62 kg dalam waktu kurang dari 3 tahun. Oleh karena itu sampai saat ini saya terus menyempatkan berolahraga meskipun saya sangat sibuk.

Pola hidup sehat seperti apa yang Agus jalankan?

Saya berolahraga rutin setidaknya 5 kali dalam seminggu. Selain itu saya juga mengatur makanan serta waktu istirahat saya. Saya selalu berusaha agar tidur cukup setidaknya 6 jam dalam sehari.

Bisa diberikan contoh makanan sehat yang Agus konsumsi sehari-hari?

Karbohidrat 30%    : Nasi putih hanya 1x sehari, Roti gandum

Protein                      : Putih telur direbus 4- 6 butir, Lauk pauk yang direbus/dibakar

Sayur                         : Sayur bening seperti bayam

Buah                          : Jus buah

Suplemen                 : Untuk mempertahankan stamina

Saya menghindari gorengan dan jenis makanan yang digoreng.

Pernah merasa bosan dan sekali-kali ingin makan gorengan?

Tentunya pernah, untuk menghindari hal itu saya menyediakan waktu untuk “cheating” 1 kali dalam seminggu. Pada waktu itu saya akan makan apapun yang saya inginkan tanpa memperdulikan itu sehat atau bukan. Namun karena sudah terbiasa menjalankan diet sehat, saya hanya makan gorengan/makanan berlemak sekedarnya.

Olahraga seperti apa yang Agus jalankan?

Saya menyempatkan  pergi ke gym untuk berolahraga. Biasanya saya melakukan pemanasan dengan alat  treadmill sekitar 15 menit, lalu sisanya angkat beban 1- 2 jam dengan jeda 1-2 menit disetiap sesi. Jika tidak sempat ngegym, saya melakukan olahraga sendiri dirumah seperti pemanasan, push up 200x, sit up menggunakan bantuan kursi, pull up disela-sela pintu, dan main barbel untuk bisep dan trisep.

Pernahkah pola hidup sehat Agus terganggu dan bagaimana Agus menyiasatinya?

Tentu saja pernah, ada saat-saat dimana saya harus bekerja sampai tengah malam sehingga waktu tidur saya tidak cukup dan tidak sempat berolahraga. Untuk menyiasatinya saya mengkonsumsi suplemen agar tetap berstamina dan mengkonsumsi air putih 2-3 liter per hari.

Menjalankan pola hidup sehat tentunya akan membuat kita sehat, selain itu apa keuntungan ekstra yang Agus dapatkan?

Penampilan akan semakin oke, dan tentunya untuk yang masih single akan lebih pede PDKT dengan cewe, hehe

Apa pesan Agus untuk teman yang sibuk bekerja?

Sempatkan untuk berolahraga meski sesibuk apapun setidaknya 20 menit per hari. Olahraga tidak harus datang ke tempat gym, cukup melakukan kegiatan-kegiatan fisik yang mengeluarkan keringat. Bisa dimulai dengan jalan kaki, naik tangga, lari-lari kecil, dll. Intinya adalah BERGERAK!