Ramadhan 2017 merupakan momen yang sangat spesial dan membahagiakan bagi seorang Rista Rachel. Bagaimana tidak, sebagai seorang muslim, tahun ini merupakan momen pertama bagi Rista dapat menunaikan ibadah puasa bersama suami.

Di sela-sela kesibukannya sebagai Loan Operations di UangTeman.com, Ristapun berbagi pengalaman menariknya dengan tim newsletter UangTeman. Raut kebahagian sangat terlihat dari mata Rista selama berbagi cerita, ditambah lagi senyum yang tak pernah hilang dari wajahnya, sesekali diselingi tawa bahagia.

Hai Rista, bagaimana rasanya menjalankan puasa pertama bareng suami?

Saya merasa sangat beruntung karena Tuhan mempercayakan saya untuk merasakan hal-hal baru. Terlebih lagi, Ramadhan tahun ini adalah pertama kalinya saya menjalani ibadah puasa bersama suami karena kami baru saja menikah pada bulan Februari 2017. Saya rasa ini adalah momen yang sangat spesial di hidup saya.

Apa yang paling kamu senangi dalam menjalankan puasa bareng suami?

Ada banyak tentunya. Ramadhan ini saya berpuasa dengan status baru yaitu sebagai istri dari orang yang saya cintai. Lalu kami menantikan momen berbuka bersama setelah seharian berpuasa. Saya dan suami saling mengingatkan untuk menjaga diri selama berpuasa, suami juga sering mengingatkan saya untuk shalat. Tentunya kami juga saling membangunkan untuk sahur bersama.

Karena ini puasa pertamamu bersama suami, apakah sulit menjalaninya?

Saya tidak mau menyebutnya sulit, mungkin lebih ke berjuang. Pekerjaan saya sebagai Loan Operations mengharuskan saya untuk berinteraksi dengan nasabah. Terkadang ada momen yang butuh kesabaran ekstra dalam menghadapi nasabah, di situ saya banyak menahan diri untuk lebih sabar. Bangun untuk makan sahur juga butuh perjuangan, mungkin karena saya belum terbiasa jadi masih ngantuk-ngantuk di saat makan sahur. Saya bersyukur dapat melalui semua proses ini bersama suami.

Biasanya buka puasa makan apa?

Gorengan dan lontong dong. Saya heran padahal tiap hari selama puasa saya makan gorengan dan lontong, tetapi tidak pernah merasa bosan. Di hari biasa gorengan terlihat biasa saja, entah kenapa di bulan puasa gorengan sangat menggugah selera. Saya juga senang karena banyak makanan yang susah dicari pada hari biasa namun hadir saat bulan puasa dan banyak yang jualan.

Pernah sakit karena puasa?

Sebenarnya saya punya penyakit maag tapi dokter sudah membekali obat agar maag saya nggak kambuh selama berpuasa. Alhamdulillah selama berpuasa maag saya nggak pernah kambuh, penyakit lainpun sampai saat ini belum ada.

Apa harapanmu untuk Ramadhan tahun depan?

Pertama saya ingin di Ramadhan tahun depan sudah lancar bacaan shalatnya, karena saat ini saya masih belajar dan belum menguasai bacaan shalat. Lebih baik lagi jika saya sudah lancar membaca Al-quran. Saya juga berdoa semoga selalu diberi kesehatan sehingga Tuhan mempercayakan saya untuk mempunyai anak. Alangkah bahagianya jika tahun depan keluarga kecil saya bertambah dengan bayi yang lucu saat berpuasa. Jika tahun ini pertama kalinya saya berpuasa bareng suami, tahun depan saya bermimpi pertama kalinya berpuasa dengan momongan. Amin.